Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEVA Mobil Bekas, Marketplace Para Petrolhead

Seva mobil bekas merupakan platform jual-beli mobil bekas yang cukup direkomendasikan. Pasalnya selain memiliki jaringan besar, dua fitur utamanya menjadi alasan tunggal mengapa Anda wajib membeli mobil bekas disini. Makanya sebutan Seva mobil bekas cukup beralasan.

seva mobil bekas

Seva mobil bekas merupakan frase yang tergabung secara simultan. Frase tersebut hadir karena Seva memang menjual mobil bekas dengan harga dan kualitas yang cukup kompetitif. Sehingga sebutan Seva Mobil Bekas mirip sebutan Bandung Kota Kembang atau Indramayu Kota Mangga.

Karena banyaknya mobil bekas yang dijual disini, maka buat para petrolhead dimanapun, Seva layak dikunjungi. Tawarannya juga sangat menarik dan menggiurkan.

Saya kenal Seva pertama kali ketika petrolhead Indonesia yang YouTuber, Fitra Eri, melakukan review situs ini. Dia mencoba salah satu layanan Seva dengan membeli sebuah Toyota Alphard bekas.

Pengin tahu lebih lanjut tentang Seva? Yuk, langsung saja. 

Seva dari Astra

Seva adalah situs jual-beli mobil bekas yang dimiliki oleh jaringan usaha Astra International. Seperti diketahui, grup usaha ini memiliki 190 entitas bisnis yang saling berkaitan. Salah satunya adalah Astra Digital yang mengembangkan platform web-based Seva yang berlamatkan di https://www.seva.id ini.

Seva menjadi salah satu dari tiga platform digital yang dikembangkan oleh Astra Digital. Dua lainnya yakni CariParkir dan Sejalan yang merupakan aplikasi ponsel Android. Ketiga aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mencari sesuatu di ranah otomotif. CariParkir memberikan kemudahan dalam mencari parkir, Sejalan memberikan tumpangan alias ride sharing, dan Seva merupakan platform jual-beli mobil.

Saat Seva dirilis, dunia otomotif sempat dibuat kaget. Pasalnya Seva mengadakan program flash sale pada tahun 2018 dimana seseorang bisa membeli mobil Toyota New Yaris, Toyota All New Fortuner, BMW X1, Toyota Innova, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, dan Daihatsu Sigra dengan harga Rp50 juta saja.

Sebelum flash sale yang berlangsung dari September hingga Desember 2018 itu, pada ajang GIIAS 2018 pun ada undian dengan hadiah total Rp500 juta untuk lima orang pemenang. Gebrakan-gebrakan itu membuat Seva secara instan dikenal oleh para pelaku dan konsumen di dunia otomotif.

Core-business Seva memang jual-beli mobil, namun ada layanan lain yang mampu memanjakan para pemilik mobil. Salah satunya adalah layanan booking service yang memudahkan pemilik mobil untuk merawat dan memperbaiki mobil kesayangan mereka. Ada juga suku cadang yang bisa dibeli di situs ini.

Menu lain dari Seva adalah properti. Saya pikir menu ini merupakan menu tambahan saja ketika Astra Digital belum membuat platform lain sebagai wadah jual-beli properti. Namun memang tidak ada salahnya ketika menyandingkan mobil dan properti dalam satu wadah.

Satu hal yang menurut saya penting adalah adanya ketersediaan pembiayaan ketika Anda memilih untuk membeli mobil di Seva. Hal ini sangat wajar mengingat Seva adalah bagian dari Astra, dimana grup ini memiliki layanan keuangan yang sudah mapan.

Seva Mobil Bekas

Seva mobil bekas merupakan sebutan yang disematkan karena hubungan dua kata tersebut. Seva sebagai entitas bisnis yang melakukan objektivikasi mobil bekas sebagai core-business-nya. Mengapa bisa begitu?

Seva memiliki dua fitur unggulan pada situsnya. Fitur yang pertama adalah Pilihan Expert dan kedua adalah Stock Clearance. Dua fitur ini yang cukup mengindikasikan kalau Seva memiliki jaringan yang luas dan punya kapasitas dalam dunia permobilan terutama mobil bekas. Yuk kita simak mengapa dua fitur ini penting.

Pilihan Expert

seva mobil bekas

Pernahkan Anda berniat membeli mobil bekas namun tiba-tiba mengurungkannya karena merasa tidak paham?

Bagi sebagian orang, membeli mobil bekas adalah pertaruhan. Kalau mobil bekas yang dibeli cukup bagus, tentu cuan yang didapat karena mendapat kendaraan bagus dengan harga terjangkau. Namun kalau mobil bekas tersebut kondisinya tidak bagus, ya jelas rugi.

Seva memberikan jalan keluarnya dengan membuat fitur Pilihan Expert. Pada fitur ini Anda bisa membeli mobil bekas tanpa harus khawatir kondisinya tidak bagus. Bahkan ketika Anda betul-betul tidak memahami mobil bekas sedikitpun, Seva memberikan garansi anti-kecewa kalau memakai fitur ini.

Dalam fitur Pilihan Expert, setiap mobil bekas akan dikurasi oleh para profesional yang memahami mobil. Mereka bakal menilai mobil itu secara menyeluruh sebelum memasukkannya kedalam listing.

Ada enam faktor penilaian yang apabila seluruhnya lolos, maka mobil tersebut berhak ditampilkan di situ Seva dalam fitur Pilihan Expert. Enam faktor itu antara lain kondisi eksterior dan interior, bodi dan rangka, orisinalitas warna, kondisi mesin, dokumen, dan kunci cadangan.

Saran saya sih kalau mau membeli mobil bekas, dan Anda tidak begitu memahami mobil, selayaknya menggunakan fitur Pilihan Expert ini. Bahkan jika beruntung, Anda bakal mendapatkan mobil bekas rasa baru yang harganya tentu jauh lebih murah dibandingkan membeli mobil baru.

Saat saya mengunjungi Pilihan Expert, ada beberapa mobil bekas yang masuk listing dengan jarak tempuh nol. Agak tidak masuk akal sebetulnya kalau menyebut mobil-mobil tersebut sebagai mobil bekas. Namun kalau masuk ke fitur ini berarti ya dimasukkan kedalam mobil bekas. Mungkin karena vehicle identification number (VIN) mobil tersebut menunjukkan tahun yang lawas, 2017.

Harga Mobil di Pilihan Expert

Ada tiga mobil yang saya perlihatkan disini, yakni Toyota Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T dengan harga Rp449.750.000,00, tahun 2017 yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kemudian Toyota Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T, dengan banderol Rp449.750.000,00, tahun 2017, dengan lokasi di Jakarta Selatan juga. Terakhir adalah Toyota Alphard 3.5 Q A/T, dengan banderol Rp1.455.950.000,00 berlokasi di Jakarta Selatan.

Kalau dibandingkan dengan harga baru ketiga mobil tersebut, bedanya bisa mencapai Rp200 juta hingga Rp500 juta. Di Seva Pilihan Expert tadi, Anda mendapatkan mobil bekas, namun dengan rasa yang baru sebab kilometernya nyaris perawan.

Stock Clearance

seva mobil bekas

Fitur selanjutnya yang menjadikan Seva layak disebut Seva mobil bekas adalah keberadaan mobil cuci gudang yang disebut Stock Clearance. Di menu ini Seva menjual mobil baru dengan Vehicle Identification Number (VIN) di tahun 2018 dan 2019. Jadi disini Anda juga boleh menyebut Seva dengan sebutan Seva mobil baru.

Sebab mobil-mobil disini memang mobil baru, namun dengan harga mobl bekas. Rasanya tak perlu dijabarkan soal definisi mobil baru, karena yang jelas Anda bakal menjadi pemilik pertama dari mobil tersebut.

Untuk harganya sendiri, saya mengambil contoh Toyota Grand New Avanza 1.3 G M/T yang dibanderol Rp191.000.000,00. Di pasaran, mobil tersebut masih dibanderol dengan harga Rp220-an juta. Silakan untuk melakukan perbandingan antara mobil dalam listing Stock Clearance dengan harga pasar yang saat ini berlaku. Saya pastikan harga mobil di Seva lebih murah.

Aturan Stock Clearance

Yang perlu diperhatikan adalah pembelian di Stock Clearance ini tidak sembarangan. Maksudnya ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan sebelum asal tunjuk dan melakukan penawaran. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  1. Program stock clearance berlangsung selama persediaan masih ada.
  2. Diskon khusus hanya berlaku untuk mobil-mobil yang terdapat tanda Stock Clearance dan harga yang tertera di website adalah harga setelah diskon.
  3. Harga khusus tersebut berlaku untuk mobil VIN (tahun pembuatan) 2019.
  4. Pembelian produk Stock Clearance hanya berlaku bagi konsumen yang beralamat KTP di wilayah yang terdapat jaringan Auto2000. Daftar jaringan Auto2000 bisa dilihat di situs https://auto2000.co.id/jaringan/.
  5. Unit untuk program stock clearance tersebar di beberapa cabang Auto2000 yang akan dikonfirmasi oleh salesman yang akan menghubungi setelah customer melakukan pemesanan melalui Seva.id.

Ulasan Situs Seva.id

seva mobil bekas

Seva memang sebuah platform web-based. Ya, belum ada aplikasi Android untuk situs ini. Saya pikir ada beberapa pertimbangan mengapa Seva masih memilih platformnya hanya di website saja.

Pengunjung Seva saya perkirakan adalah orang-orang yang serius mencari atau mau menjual mobil. Keseriusan itu akan tampak manakala mereka menyiapkan segala sesuatunya termasuk perlengkapan untuk mengakses situs dengan lebih paripurna.

Orang-orang atau entitas manapun bakal merasa gagah ketika memiliki web-app yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store. Padahal ketika diunggah di aplikasi, ada kekurangan dimana resolusi gambar-gambar mobil yang ditampilkan cenderung menurun. Hal ini tentu mengurangi mereka yang sedang mencari mobil.

Untungnya meskipun web-based, situs Seva.id sangat responsif. Ia bisa diakses dimanapun baik lewat komputer, tablet, dan ponsel pintar. Namun Anda harap maklum, kadang-kadang situsnya lambat ketika memuat listing. Sebab gambar-gambar mobil itu memiliki resolusi yang lumayan besar.

Bagi saya gambar resolusi yang besar itu tak harus diturunkan. Hal ini demi kepuasan calon konsumen yang perlu meneliti mobil tersebut tanpa harus datang ke lokasi.

Apabila diperlukan, Seva mesti menyediakan fasilitas foto 360° agar konsumen bisa leluasa melihat gambaran besar dari mobil yang bakal dibelinya. Hal ini tentu membuat user interface situs menjadi lebih baik.

Harga-harga terutama harga mobil bekas di Seva ditampilkan secara transparan. Bahkan disini, Anda bisa menyamakannya dengan membeli langsung di dealer. Sebab di Seva tersedia juga fitur tawar-menawar ketika Anda berminat dengan salah satu mobil yang ada di listing.

Seva merupakan tempat yang seharusnya menjadi pilihan pertama dan terakhir bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas. Situs ini selain komplit, juga terhubung dengan berbagai jaringan purna jual mobl bekas Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang Seva mobil bekas. Dengan berbagai fitur yang ada membuat jual maupun beli mobil bekas dan baru di Seva semakin nyaman.

Untuk melakukan kunjungan langsung ke situs Seva.id, silakan merujuk ke alamat situs yang sudah dituliskan diatas. Terima kasih. Sampai jumpa.

Post a Comment for "SEVA Mobil Bekas, Marketplace Para Petrolhead"