Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa Beli Mobil Bekas Jadi Pilihan

Beli mobil bekas adalah salah satu solusi bagi seseorang untuk untuk mendapatkan kendaraan impian. Namun ada juga faktor lain misalnya saja keuangan yang belum mencukupi tapi tetap ingin punya sebuah mobil. Hal tersebut merupakan alasan beli mobil bekas yang paling umum. Namun Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa alasan lainnya orang lebih memilih mobil bekas daripada mobil baru.

beli mobil bekas

Mengapa Lebih Memilih Mobil Bekas?

Nah kira-kira apa saja alasan yang paling sering Anda temukan ketika orang memilih mobil bekas? Simak berikut ini!

1. Harganya Lebih Murah

Bagi Anda yang punya masalah keuangan tentu akan memilih mobil bekas. Sebab sudah lumrah kalau mobil bekas jadi mobil murah. Hal ini terjadi karena adanya faktor penyusutan nilai barang sesudah digunakan, sehingga harga mobil baru tadi lebih anjlok ketika akan dijual kembali. Sehingga bisa dipastikan harga mobil bekas yang ingin Anda beli juga mengalami penyusutan nilai yang jauh lebih rendah daripada harga mobil baru.

2. Biaya Bulanan Murah

Selain karena harganya murah, alasan beli mobil bekas karena biaya bulanannya juga lebih murah. Mobil baru tentu membutuhkan yang namanya premi asuransi yang akan menelan biaya lebih mahal. Apalagi mobil keluaran terbaru biasanya juga tidak menggunakan bahan bakar non subsidi pemerintah yang berarti Anda harus mengeluarkan biaya lebih mahal lagi. Selain itu pajak kendaraan baru harganya lebih tinggi dibanding pajak kendaraan bekas.

3. Depresiasi Harga

Tentu yang juga banyak menjadi alasan orang-orang memilih mobil bekas adalah depresiasi harga. Pertama kali beli mobil bekas Anda harus tahu bahwa sebuah mobil baru mengalami penurunan harga sekitar 15 hingga 25% setiap tahun selama 5 tahun pertama dari awal membeli. Guna menyiasatinya Anda bisa memilih mobil bekas yang punya umur lebih dari 5 tahun. Hal ini karena penurunan harga mobil tersebut tidak terlalu signifikan lagi ketika berada di pasaran.

4. Punya Fitur yang Tak Kalah Bagus

Meski membeli mobil bekas tentu Anda tetap bisa mendapatkan kendaraan dengan fitur yang tidak kalah bagus. Anda bisa memilih spesifikasi mobil yang sesuai dengan yang Anda inginkan dengan harga yang jauh lebih murah. Apalagi setiap tahun, brand otomotif meluncurkan mobil tipe terbaru dengan spesifikasi yang tentu jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Keuntungannya adalah ketika Anda ingin membeli mobil bekas maka terdapat banyak pilihan di pasaran. Nanti dapat dengan mudah memilih mobil bekas di showroom dengan fitur dan juga merek mobil yang diinginkan.

5. Surat-Surat Sudah Lengkap

Saat Anda memilih mobil bekas pertimbangan selanjutnya adalah karena surat-surat dan kelengkapan sudah tersedia. Jadi Anda tidak perlu menunggu lagi untuk mobil bisa dipakai secepatnya. Hal ini tentu berbeda dengan keadaan mobil yang baru di mana Anda harus menunggu surat kelengkapan seperti STNK yang harus diproses terlebih dahulu. Dengan pilihan mobil bekas maka Anda bisa langsung menggunakan mobil saat itu juga. Tips membeli mobil bekas yang paling utama yaitu perhatikan kelengkapan surat-suratnya.

6. Kualitas Sama

Mobil bekas yang Anda pilih punya kualitas yang hampir sama dengan mobil baru. Bahkan jika Anda cerdik bisa memilih mobil dengan tampilan luar yang hampir sama dengan mobil baru. Anda harus memiliki trik di mana mencari mobil dengan umur yang masih muda dengan jarak tempuh. Dengan tips membeli mobil bekas ini, Anda akan mendapatkan barang atau mobil bekas dengan kualitas yang masih sangat bagus.

Demikian beberapa alasan beli mobil bekas yang paling sering ditemukan. Anda juga harus tahu bahwa kini pembelian mobil bekas juga bisa dilakukan secara kredit. Sudah cukup banyak showroom yang memberikan kredit mobil bekas, tinggal pilih saja sesuai dengan budget yang dimiliki. Nah, kira-kira Anda beli mobil bekas dengan alasan yang mana?

2 komentar untuk "6 Alasan Mengapa Beli Mobil Bekas Jadi Pilihan"

  1. Suamiku banget nih, pgn mobil jadul, kalau beli mobil jadul kan udah pasti second hahaha, selain harganya yg lebih murah, katanya mesinnya lebih bagus,

    BalasHapus