Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Cara Mudah Mengirim Barang Lewat JNE

Saat ini fenomena jual beli secara online sudah semakin marak dan juga semakin populer. Dimana hampir semua barang sudah bisa kita beli secara online dengan mudah. Hal ini karena kecanggihan dan juga perkembangan teknologi yang semakin memudahkan segala urusan kita.

Nah oleh sebab itu kita harus bisa mengetahui bagaimana sih cara mengirim barang via JNE? Apakah ribet untuk mengirim barang via JNE?

Untuk menerima barang atau paket tentu saja anda sudah terlalu sering. Yang belum pernah atau mungkin jarang anda lakukan adalah mengirim barang via JNE.

cara mengirim barang lewat jne

Cara Mengirim Barang Via JNE Dengan Mudah

Untuk anda yang ingin memulai bisnis jual beli online tentu saja mengirim barang via JNE adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Karena jika sampai anda tidak mengetahui bagaimana cara mengirim barang lewat JNE, tentu saja proses jual beli anda akan tidak bisa terlaksana dengan baik.

Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan bagaimana cara mengirim barang via JNE dengan mudah dan aman sebagai panduan untuk anda.

1. Kemas Dulu Barang Yang Akan Dikirim

Untuk mengirim barang dengan menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE tentu saja kita harus mengemas barang yang akan kita kirim terlebih dahulu. Istilah ini juga sering dikenal dengan nama Packing barang.

Jadi kita harus membungkus barang yang akan kita kirim dengan rapi, sertakan juga alamat tujuan pengiriman barang tersebut agar kurir tidak kebingungan ketika akan mengirim barang ke tujuan tersebut.

Yang perlu anda perhatikan adalah ketika akan mengirimkan barang yang rawan pecah atau rawan rusak seperti alat elektronik, handphone, atau laptop. Untuk anda yang ingin mengirimkan laptop, lebih baik anda packing dengan kayu agar aman.

Kemudian selain menggunakan packing kayu, anda juga bisa mengemas barang dengan menggunakan bubble wrap atau gelembung pengaman agar barang yang akan anda kirim tersebut aman ketika terkena goncangan atau tekanan.

2. Cek Ongkos Kirim Terlebih Dahulu

Berikutnya tentu saja kita harus mengetahui ongkos kirim dari paket yang akan kita kirimkan tersebut. Dengan begitu kita tidak akan kekurangan uang karena sudah menyiapkan uang yang akan kita bawa untuk membayar ongkos kirim di kantor JNE terdekat.

Untuk anda yang sudah berjualan di beberapa Marketplace mungkin sudah sedikit terbantu, karena biasanya marketplace tersebut menyediakan fitur cek ongkos kirim. Jadi anda hanya tinggal menyiapkan uang yang cukup untuk membayar biaya ongkos kirim paket yang akan anda kirimkan tersebut.

3. Datang Ke Kantor JNE Terdekat

Berikutnya anda harus mendatangi kantor JNE terdekat. Saat ini kita juga bisa sedikit terbantu dengan adanya perkembangan teknologi dan juga Google Maps. Dengan menggunakan bantuan Google Maps, kita sudah bisa mengetahui dimana lokasi kantor JNE terdekat dari rumah kita.

Anda hanya perlu mengetikkan saja “Kantor JNE terdekat” Dengan begitu, Google Maps akan merekomendasikan beberapa kantor cabang JNE terdekat dengan lokasi anda. Selanjutnya anda hanya tinggal mendatangi kantor JNE tersebut.

4. Ungkapkan Jika Anda Ingin Mengirim Paket

Selanjutnya setelah anda sampai di lokasi kantor JNE terdekat tersebut, anda hanya perlu bilang dan mengungkapkan kepada penjaga kantor tersebut bahwa anda ingin mengirim paket via JNE. Dengan begitu anda akan diarahkan dan dipersilahkan untuk menunggu antrian jika memang sedang ada orang lain yang juga mengirimkan paket.

Setelah itu anda tunggu saja sampai antrian habis dan selanjutnya anda serahkan paket yang akan anda kirimkan tersebut ke penjaga kantor JNE tadi. Petugas akan mengkonfirmasi bahwa apakah anda benar akan mengirimkan paket ke alamat tujuan tersebut.

5. Bayar Ongkos Kirim

Setelah anda mengkonfirmasi pengiriman paket tersebut, anda akan mendapatkan invoice berupa nota ongkos kirim yang harus anda bayarkan. Nah karena sebelumnya anda sudah mengecek ongkos kirim tentu saja anda juga sudah menyiapkan uang yang cukup untuk membayar ongkos kirim tersebut.

Bayar saja ongkos kirim pengiriman paket lewat JNE tersebut dengan uang yang pas. Setelah itu anda akan mendapatkan resi pengiriman. Dimana resi pengiriman ini akan berguna untuk melacak atau melakukan tracking sudah sampai mana paket anda terkirim.

6. Tunggu Paket Datang

Terakhir anda hanya harus menunggu paket yang anda kirimkan tersebut sampai ke tujuan. Untuk memantau sudah sampai mana paket tersebut anda bisa melakukan tracking atau pelacakan menggunakan nomor resi yang anda dapatkan tersebut.

Jika anda sebagai penjual, tentu saja anda harus memberitahu nomor resi tersebut kepada pembeli yang membeli barang dagangan anda. Dengan begitu pembeli juga bisa mengetahui lokasi paket tersebut jadi tidak was-was saat menunggu paket.

Posting Komentar untuk "6 Langkah Cara Mudah Mengirim Barang Lewat JNE"