Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, Legendaris, dan Paling Dipercaya

Buat Anda yang kerap kesulitan belajar Bahasa Inggris sendirian, kenapa tidak kursus saja? Kalau malu di tempat kursus hanya diisi anak usia sekolah, silakan ke EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, kursus Bahasa Inggris untuk orang dewasa.

ef adults

EF mungkin nama yang sering Anda dengar jika berbicara kursus Bahasa Inggris. Tempat belajar informal untuk belajar Bahasa Inggris ini memang legendaris. Anda bisa menemukannya di berbagai kota di Indonesia. Logonya juga simpel dan unik. Sehingga EF menjadi top of mind buat mereka yang pengin belajar Bahasa Inggris.

Kali ini, saya akan mengulas EF. Mulai dari apa itu EF, pentingnya belajar Bahasa Inggris baik akademik maupun profesional, mudahnya belajar di EF Adults, mudahnya metode pembayaran di EF Adults, cara menjadi student atau siswa di EF Adults, dan terakhir mengenai center location dari EF Adults ini dimana.

Apa Itu EF

EF merupakan lembaga pendidikan yang dikelola swasta dengan fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. Lembaga ini didirikan oleh pengusaha muda asal Swedia yang bernama Bertil Hult pada tahun 1965.

Hult mengawali EF setelah perjalanannya ke Inggris. Ia yang merupakan seorang disleksia, tertarik dengan kemudahan pembelajaran Bahasa Inggris di negara asalnya. Ia menemukan bahwa pembelajaran di kelas secara tradisional selama ini menyulitkan proses belajar.

Sepulangnya dari Inggris, Hult pun mendirikan Europeiska Ferieskolan (EF) yang berarti Sekolah Liburan Eropa. Ia mengombinasikan pembelajaran Bahasa Inggris dengan tamasya keluar negeri. Inilah tonggak pertama pembelajaran bahasa diluar kelas.

Banyak yang ragu. Bukan hanya karena Hult yang seorang disleksia. Namun metode pembelajaran bahasa Inggris dengan bepergian keluar negeri saat itu sangat tidak biasa. Namun 407 murid pertama Hult telah membuktikan efektivitas pembelajaran tersebut.

Dari tahun ke tahun, EF pun berkembang. Metodenya dikenal luas dan lembaga ini menjadi lembaga yang terpercaya untuk belajar bahasa terutama Bahasa Inggris. Program Hult yang disebut Sprakresor itu semakin hari semakin mendapat dukungan dari perkembangan zaman yang semakin modern.

EF yang kita kenal sekarang dengan logo khasnya adalah singkatan dari Education First. Logo EF dan singkatannya ini dibuat pada tahun 1990. EF pun seolah selalu seirama dengan zaman. Setiap tahunnya, perkembangan demi perkembangan selalu dicapai. Sehingga EF bisa tersebar di 51 negara termasuk Indonesia.

EF di Indonesia

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Hadirnya EF di Indonesia memang tidak terlepas dari persoalan kebutuhan. Bahasa Inggris bukanlah bahasa kedua bagi kebanyakan orang Indonesia. Bahkan Bahasa Indonesia sendiri bukanlah bahasa yang pertama alias bahasa ibu bagi mayoritas orang Indonesia.

Bahasa ibu sebagian besar orang Indonesia adalah bahasa daerah masing-masing. Bahasa daerah di Indonesia yang berjumlah 718 tersebut dituturkan sebagai bahasa sehari-hari. Baru kemudian mereka menjadi penutur Bahasa Indonesia ketika di sekolah dan bekerja.

Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa yang mudah ditemui sehari-hari. Di ruang-ruang kelas di sekolah, kalau bukan kelas internasional maupun sekolah internasional, maka Bahasa Inggris merupakan suatu kemewahan, atau malah anggapan tidak cinta tanah air jika terlalu sering cas-cis-cus.

Sehingga banyak orang Indonesia lemah dalam menuturkan Bahasa Inggris. Padahal dalam era global seperti saat ini, dimana seluruh penjuru dunia terkoneksi secara digital, kemampuan Bahasa Inggris mutlak diperlukan.

Rendahnya Indeks Penguasaan Bahasa Inggris Orang Indonesia

Menurut data English Proficiency Index (EPI) yang dirilis oleh Education First pada Desember 2019, Indonesia berada di urutan ke-61. Kalah dari Filipina yang berada di urutan ke-20, dan Malaysia yang berada di urutan ke-26. Bahkan sangat jauh dari Singapura yang berada di urutan ke-5.

Data EPI itu ternyata mengindikasikan banyak hal. Misalnya masyarakat dari negara yang skor EPI-nya tinggi ternyata pendapatan per-kapitanya tinggi juga. Sejalan dengan itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari negara dengan EPI tinggi, ternyata tinggi juga. Dan itupun berlaku sebaliknya.

Maka sebetulnya bukan soal gengsi ataupun menambah keren saja, tapi Bahasa Inggris terbukti mengindikasikan banyak hal. Oleh karenanya penguasaan bahasa satu ini mutlak diperlukan baik untuk keperluan akademik maupun profesional.

Buat Anda yang terlanjur lulus dari sekolah formal, namun pengin tetap belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan, EF solusinya. Sebab di lembaga pendidikan ini ada program bernama EF Adults, kursus Bahasa Inggris profesional. Lewat kursus Bahasa Inggris inilah, EF banyak dikenal sebagai English First bukan Education First.

Orang-orang, termasuk saya, kerap keliru dalam menyebut EF selaku lembaga pendidikan sebagai English First. Padahal itu adalah nama salah satu program. Maka gampangnya begini saja, "Saya belajar bahasa inggris di English First yang diadakan oleh Education First". Paham ya? He-he-he.

Seperti apakah kursus Bahasa Inggris yang profesional ini? Yuk, kita simak sama-sama.

EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

EF memiliki kelas pembelajaran yang diisi oleh siswa dari berbagai usia. Selain diisi oleh anak usia sekolah, EF juga punya EF Adults untuk mereka yang sudah tidak lagi tergolong usia sekolah namun memiliki semangat belajar Bahasa Inggris.

EF Adults

EF Adults memiliki sistem belajar EF Smart English yang memungkinkan para siswanya untuk belajar bahasa inggris yang digunakan dalam kehidupan keseharian. Pembelajaran ini juga didukung oleh perangkat aplikasi belajar bahasa inggris online.

Sistem Smart English dalam EF ini berisikan siklus Learn, Try, dan Apply. Dimana siswa akan diberikan pembelajaran bahasa inggris sampai mahir, kemudian diujicobakan dengan pengajar masing-masing, dan terakhir hasilnya diaplikasikan di lingkungan komunitas global yang sudah dimiliki EF.

Tingkat Pembelajaran di EF Adults

EF memeringkat pembelajaran tersebut dengan tingkat yang lumayan banyak. Hal ini tentu disesuaikan dengan spesifikasi kemampuan Bahasa Inggris dari siswa yang sedang belajar. Semakin spesifik tingkatannya, tentu pembelajarannya bisa lebih tepat sasaran.

Ada enam tingkat pembelajaran yang dibagi oleh EF berdasarkan kemampuan siswanya pada saat assessment awal. Berikut pembagian tingkat tersebut dan penjelasannya.

Beginner (Level 1-3)

Pada tingkatan ini EF menargetkan pembelajaran Bahasa Inggris agar siswanya mampu membaca, menulis, berbicara, dan memahami ujaran secara akurat. Target lebih jauh adalah siswa pada tahap ini mampu menulis laporan pendek, email, maupun karangan singkat dengan Bahasa Inggris yang tepat dan logis.

Elementary (Level 4-6)

Orang-orang yang sudah memahami dasar-dasar struktur bahasa dalam Bahasa Inggris masuk dalam tingkatan ini. Pada tingkatan ini para siswa akan belajar tentang situas-situasi sosial dimana Bahasa Inggris dipergunakan.

Intermediate (Level 7-9)

Pada pembelajaran di tahap ini, para siswa akan diajak untuk mampu berdiskusi dan berbicara sedikit panjang sebuah topik tanpa persiapan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Upper Intermediate (Level 10-12)

Bagi yang tak biasa, mengungkapkan ide dalam Bahasa Inggris tentu bisa saja, namun kerap disertai struktur bahasa yang berantakan. Nah, pada tingkat ini, EF akan mengajak siswanya untuk belajar mengemukakan gagasan dengan struktur bahasa yang lebih teratur.

Advanced (Level 13-15)

Pada tingkatan ini para siswanya merupakan mereka yang akan diajak untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris setara dengan para akademisi native. Mereka ditargetkan untuk mampu berbicara, menulis, dan memahami situasi sosial yang lebih kompleks dalam berbahasa.

Upper Advanced (Level 16)

Disinilah tingkat paling tinggi dari pembelajaran dalam EF. Para siswa disini akan diajak untuk menjadi pembicara di mimbar-mimbar akademik global.

Mudahnya Belajar di EF Adults

Selain memeringkat para siswa berdasarkan kemampuannya dalam Bahasa Inggris, yang mana akan memudahkan siswa tersebut dalam memahami pembelajaran, sistem belajar di EF Adults juga mudah.

Kemudahan pertama tentu datang dari tenaga pengajar. EF hanya memberikan tenaga pengajar lokal maupun penutur asli yang sudah bersertifikat. Mereka sudah diseleksi dan dilatih untuk bisa menerapkan metode belajar di EF.

Salah satu keunggulan EF adalah penyediaan metode belajar Bahasa Inggris secara online. Namun tetap pada pembelajaran tersebut, para siswa selalu bisa berinteraksi dengan pengajar serta siswa lainnya. Di EF juga telah dikembangkan metode komunikasi modern yang akan membuat siswanya lebih komunikatif.

Satu hal yang menarik lagi dari EF adalah keberadaan kurikulum individu. Lewat kurikulum ini, kemampuan Bahasa Inggris siswa ditingkatkan secara pribadi dengan kelas-kelas yang menarik.

Kemudahan belajar lainnya adalah Anda bebas memilih kelas kapanpun di salah satu dari 7 sekolah EF yang ada di Jakarta maupun di Surabaya. Tempat les bahasa inggris Jakarta dan Surabaya milik EF ini bisa Anda lihat di bab akhir artikel ini.

Untuk memudahkan siswanya dalam belajar Bahasa Inggris, dan menjadi keunggulan yang paripurna dari EF menurut saya adalah keberadaan komunitas internasional. Sebab sebagai siswa yang belajar bahasa internasional, Anda wajib memiliki komunitas semacam ini untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris.

Mudahnya Membayar Biaya Pendidikan di EF Adults

Masih ingat ketika Anda harus mengantre di jendela Tata Usaha di sekolah sembari membawa kartu iuran bulanan? Maaf Anda tidak bisa mengalami nostalgia itu di EF Adults. Sebab EF menerima berbagai macam sistem pembayaran seperti tunai, transfer antar bank, kartu kredit dan cicilan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara Menjadi Siswa EF Adults

Ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik tombol "daftar" yang berwarna merah muda di situs EF Adults. Kemudian ada pop-up yang berisikan nama, nomor telepon, email, umur, dan kota dimana ada cabang EF. Silakan isi selengkap mungkin, kemudian klik tombol kirim.

Center Location EF Adults

Center location merupakan tempat yang didesain khusus sebagai sentra pembelajaran Bahasa Inggris yang dibuat EF. Di tempat ini tersedia sangat lengkap sarana pembelajaran, tenaga pengajar, dan komunitas pendukungnya.

Saat ini baru ada tujuh center location di dua kota yang dimiliki oleh EF. Ketujuhnya adalah fX Sudirman, Kuningan City, Mall Taman Anggrek, The Plaza Office Tower, Mall of Indonesia, Lippo Mall Puri, dan Tunjungan Plaza, Surabaya.

Penutup

Demikianlah artikel tentang EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional. Jika Anda tertarik meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, silakan langsung bergabung ke EF Adults. Anda bisa langsung menelepon ke 1500-003 atau langsung berkunjung ke situs EF Adults. Demikian, semoga bermanfaat.

28 komentar untuk "EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional, Legendaris, dan Paling Dipercaya"

  1. Andai EF ini ada di setiap kota besar Indonesia ya pengen belajar lagi rasanya bahasa inggris gini biar kalau ngebolang ke LN nggak kesesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertimbangannya mungkin buat jaga kualitas. Kalo di setiap kota ada, SDMnya berat.

      Hapus
  2. Indonesia mungkin masih rendah EPI-nya. Tapi, orang Indonesia itu terkenal banget pronunciation-nya paling bagus kalo berbahasa Inggris. Beda lidah kita sama lidah orang Jepang, Korea, Cina, atau India. Lebih bagus kita malah pengucapannya. Hihihi.

    Belajar bahasa inggris di EF mah udah gak diragukan lagi ya bang. Mungkin memang harus mengalokasikan biaya khusus, tapi manfaat setelah itu jauh lebih besar. Yang bisa belajar di EF juga gak anak-anak atau siswa doang. Orang dewasa pun boleh bangettttt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, orang Indonesia yang tak mengenal dialek itu kalo belajar bahasa apapun memang cepat mahir dan pronunciation-nya bagus.

      Hapus
  3. tempat privat belajar bahasa inggris yang terpercaya memang EF ya, ka. Soalnya banyak teman juga yang kursus disana dan memang jadi lancar dan jelas saat bicara inggrisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren kak, EF memang teruji hasilnya ya

      Hapus
  4. EF Adults Kursus Bahasa Inggris yang memang tidak diragukan lagi ya kak doel,, siapapun bisa belajar bahasa inggris di kursus ini. Dan memang kemampuan bahasa inggris itu sangat penting terutama untuk go internasional. Jadi penting untuk dipelajari.

    BalasHapus
  5. Wah keren yaa ... tapi yang penting dapat berbahasa Inggris itu komunikatif dan sering menambah kosakata baru, nah ini kelemahanku, wkwkwk, pas conversation suka kagok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering nonton film berbahasa inggris aja kak biar vocabnya nambah.

      Hapus
  6. Wow baru tahu pendiri EF itu disleksia, keren dong bisa membesarkan nama EF hingga seperti ini. Jaman belum ada kursus bahasa inggris yang menjamur seperti sekarang, EF sudah terdengar gaungnyaM
    Semoga emak2 macam sy bisa gabung ya untuk yang adults. Rasanya semua pelajaran bahasa inggris ambyar kalo ga kepake.

    BalasHapus
  7. Kalau mau kursus di ef berapa mas biayanya? Atau yg khusus untuk toefl kira2 brp ya budgetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung kontak ke EF aja kak. Di blog ini saya diminta off the record hehe maaf.

      Hapus
  8. Dari dulu pas sekolah, EF emang udah terkenal sih jadi penyedia les English terbaik dan sampe sekarang. Saya itu bahasa Inggrisnya kayak terlalu pasif hahaha, tapi penasaran pengen ikut yang adults ini, mungkin pas asesmen bakal masuk kategori sendiri ya mas, Novice gitu wkwkmw

    BalasHapus
  9. pengen belajar bahasa inggris ke ef. tapi mehong ya kak. ngempet dulu deh

    BalasHapus
  10. Udah umur segini. Masih belum.lancar berbahasa Inggris akuh.

    Jadi kesulitan klo cari artikel2 luar..nggak mudeng..
    .kayaknya harus belajar di EF yaa. Krna aku udah adult. Ekekek

    BalasHapus
  11. Saya pernah belajar di EF sewaktu di Bandung, kemudian meneruskan lagi level waktu di Bali. Pelajaran yang interaktif dan tidak membosankan tentunya, kita banyak belajar role play dan permainan permainan. Seru banget kalau membayangkan lagi.

    Setiap habis level juga ada dibagikan raport dan diberikan penghargaan buat siswa terbaik. Inget banget, soalnya saya pernah jadi siswa terbaik heheh. Karena fun banget jadi tidak membuat saya mencari alasan buat nggak masuk.

    Untuk EF Summer program dulu juga ada, anak tetangga pernah ikutan soalnya summer program di Inggris.

    Kalu saya di Indonesia kayaknya sih minat banget buat ambil EF Adults.

    BalasHapus
  12. Aku, sayangnya belum pernah les di EF, tetapi pernah try out TOEFL nya. Belajar bahasa Inggris di EF tuh nyaman banget, karena fasilitasnya pol buat menunjang buat murid2nya.

    BalasHapus
  13. Keren EF ini di tmpt saya banyak yang ambil kursus bhsa inggris di EF memang sih metodenya mudah dipelajari dan hasilnya juga oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak bayu yang tinggal di jakarta enak nih dekat dengan beberapa center locationnya. Jadi ingat sekilas lihat ef center yang di FX sudirman... Keren banget

      Hapus
  14. EF memang keren sih. Ade sepupu pernah kursus di EF, dan hasilnya memang bagus.

    BalasHapus
  15. Sering nih saya dapat email dari tempat kursus EF ini. Kayanya bagus nih buat pemula kayak saya. Apalagi bahasa Inggris kan kerap dipakai dalam percakapan jg

    BalasHapus
  16. Asli.. EF ni legend, dulu kul di lampung kl ada kursus di EF berkelas bgt lah haha
    Ternyata masih ada ya
    Keren

    BalasHapus
  17. Indonesia diurutan ke-61? Hm, dunia pendidikan sebagai salah satu penyumbangnya nih. Anak-anak sekolah perlu ditingkatkan di praktik berbahasanya. Bisa juga dengan ikut kursus. Di EF adults misalnya. Makasih bang artikelnya.

    BalasHapus
  18. Ada banyak level di EF ya. Saya penasaran kalau saya ikutan assessment bakal dapat level berapa. Mungkin saja level 4. Terlepas dari itu, bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan di era persaingan global sekarang ini. EF bisa jadi pilihan lembaga untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

    BalasHapus
  19. Kalau ada yang nanya belajar bahasa inggris di usia tua, malu. saya ngacung kak. hehe..karena selama ini pasif aja inggrisku. pengen belajar tapi ingat umur. bisa ya di ef dan gak malu maluin ya. hiks

    BalasHapus
  20. Ayo ah, kita segera daftar EF Adults.
    Semoga aja selama pandemi ini, mereka mempunyai kelas online nya juga.

    BalasHapus