Generasi Muda di Era Digital: Antara Sekadar Gaya Hidup dan Kesempatan Berkembang

Saya masih ingat betapa susahnya memulai blog pertama kali di tahun 2008. Selain soal pengetahuan yang minim tentang SEO dan HTML penunjang, jaringan internet yang buruk juga berperan sangat penting. Saya mesti menyisihkan uang jajan untuk mencari bahan postingan dan mengunggahnya melalui komputer di warnet.

Satu dasawarsa kemudian, dunia digital pun mengambil peran. Tentu semuanya disebabkan internet yang semakin mudah dan murah. Kamu sekarang bisa internetan tanpa batas selama 24 jam cuma Rp1.000. Enggak percaya? Silakan pakai provider dari 3 Indonesia.

Kemudahan inilah yang memudahkan saya membangun blog kembali. Ini dimulai sejak 2016 ketika saya menyewa custom domain doel.web.id ini. Sejak saat itu ada banyak jalan rezeki baru tercipta. Semakin banyak teman sesama blogger, semakin bertambah ilmu di dunia per-blogging-an, dan tentu ada tambahan saldo rekening juga setiap bulannya.

Hal-hal positif tersebut tidak terbayangkan sebelumnya, bahkan saat pertama kali iseng-iseng membuat blog di tahun 2008 lampau. Kalau saat itu langsung banyak imbas positif yang tercipta, mungkin saja bakal lebih banyak pencapaian yang bisa saya lakukan.

Gaya Hidup

Kemudahan demi kemudahan yang dihadirkan era digital saat ini kontan menawarkan gaya hidup digital yang cukup membantu. Kemudahan itu berupa dihadirkannya sebuah ekosistem digital yang dinamakan Dunia Tri dari 3 Indonesia. Sebagai sebuah ekosistem digital, 3 Indonesia menyediakan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat di berbagai wilayah Indonesia. Oleh karena itu, Dunia Tri merupakan sebuah ekosistem lengkap yang membawa serangkaian produk terpadu untuk menunjang kebutuhan digital lifestyle bagi generasi muda.

Bahkan kamu bisa memenuhi kesukaan untuk menonton drama Korea lewat Netflix, VIU, KlikFilm, hingga Amazon Prime Video. Semuanya bisa lebih mudah dengan memakai fitur KeepOn tadi.

Ada lagi buat yang suka bermain game. 3 Indonesia baru-baru ini juga membuat semacam platform yang menghadirkan gaming ecosystem di h3ro.tri.co.id. Fasilitas ini disediakan untuk kamu yang gemar bermain game, agar tercipta ekosistem one-stop-gaming yang terintegrasi dengan layanan bima+.

Gaya hidup ini tentu tercipta berkat semakin baiknya jaringan internet dari hari ke hari. Namun tentu selain gaya hidup, saya lebih memaknai kecepatan internet ini dengan sebuah kesempatan untuk lebih berkembang. Dan masih banyak lagi yang bisa kamu nikmati dari Dunia Tri ini.

Kesempatan Berkembang

Kesulitan jaringan internet adalah satu hal yang membuat saya vakum selama delapan tahun di dunia blogging. Satu hal lainnya tentu saja rasa malas. Namun kalau saja kemudahan itu datang saat pertama kali saya mulai membangun blog, tentu rasa malas itu bisa ditepis.

Makanya saya menganggap bahwa dunia digital yang lebih baik berkat jaringan internet yang semakin bagus ini merupakan kesempatan bagi generasi muda untuk berkembang.

Kamu bisa melihat para pendiri start-up, umumnya didominasi oleh kaum muda. Kalau jauh melihat yang nyata, silakan simak saja drama Korea Start Up. Ada Nam Do-san, Seo Dal-mi, Won Injae, dan Han Ji-pyeong, semuanya digambarkan masih muda. Sebab ya begitulah kondisi sebenarnya.

Masa muda merupakan masa dimana ada cadangan energi yang berlebih, pikiran masih idealis, dan tentu ada fisik yang rata-rata masih segar dan bugar. Hal-hal itulah yang menjadi kunci mengapa begitu banyak start-up atau perusahaan rintisan bisa berkembang dan menjadi perusahaan raksasa yang menggurita.

Makanya sayang kalau masa muda dengan kemudahan internet saat ini dipergunakan untuk hal-hal yang negatif. Bukan hanya soal ancaman UU ITE, namun ada rasa penyesalan yang akan kamu temui saat sudah menua nanti.

Darimana Harus Memulai

Kamu bisa memulai dengan membuat blog seperti yang saya dan teman-teman blogger sudah lakukan. Bisa juga membuat video dan mengunggahnya di YouTube agar bisa mengikuti jejak GadgetIn dan kawan-kawan yang bisa kaya dari video-video mereka.

Kalau kamu sukanya berdagang, kenapa tidak mencoba jadi Bima Agent? Layanan ini dibuat oleh 3 Indonesia khusus untuk kamu yang sukanya berjualan. Ada layanan KiKiPu (kirim-kirim pulsa) maupun KiKiDa (kirim-kirim data) yang bisa dimulai dengan modal dibawah Rp100.000 saja. Menarik ‘kan?

Terakhir, kamu bisa memilih apakah tetap mengikuti gaya hidup atau mengambil kesempatan untuk berkembang lebih besar. Kalau saya tentu memilih menyandingkan keduanya.

Saya rangkum, setidaknya ada tujuh produk unggulan untuk pelanggan 3 Indonesia, yaitu:

  • Puas tanpa batas dengan AlwaysOn
  • Kuota unlimited internetan 24 jam mulai 1.000
  • Ekosistem gaming H3RO
  • Aplikasi bima+ untuk keseruan hidup digital
  • Buka peluang usaha lewat Bima Agent
  • KeepOn untuk Inspirasi mu
  • Poin BonsTri

Untuk info selengkapnya terkait Dunia Tri, bisa langsung kunjungi ke sini. Yuk, tinggalkan dunia lama, saatnya jadi lebih dengan Dunia Tri!

Leave a Comment