Sabtu, 26 Maret 2016

Asus Zenfone Max, Ketika Smartphone Jadi Powerbank

ASUS Zenfone Max Review - Sedikit cerita tentang ponsel jadul yang saya miliki saat ini, Asus Zenfone 5. Serius, performanya sangat bisa diandalkan. Browsing, chatting, writing, bahkan pengambilan gambar di sebagian besar blog saya memakai ponsel ini. Namun sayangnya, sebagaimana ponsel pintar pada umumnya, Asus dengan tipe T00F ini pun memiliki performa tenaga yang kurang maksimal. Alhasil ketika dipakai bekerja maraton, dalam waktu kurang dari tiga jam, maka ponsel ini harus siap-siap diberikan tenaga baru. Dan Asus rupanya memahami kendala pengguna ponsel pintar pada umumnya, sehingga mengeluarkan produk teranyar dengan tenaga maksi, Asus Zenfone Max.

review asus zenfone max

Asus Zenfone Max diklaim memiliki baterai monster dengan kekuatan 5000mAh. Bahkan jika dibiarkan begitu saja, produk Asus yang diberi nama lengkap Asus Zenfone Max ZC550KL ini bakal hidup hingga 37 hari lamanya. Ini perlu bilang wow. Sementara berdasarkan penelitian internal Asus, ponselnya yang teranyar ini memiliki durasi tenaga yang berbeda-beda untuk aktifitas yang berbeda pula. Tapi kesimpulannya tetap satu, Asus Zenfone Max memiliki tenaga monster.

Asus Zenfone Max mempunyai 37,1 jam waktu untuk berbicara, sementara jika hanya dipakai untuk browsing maka kemampuannya lebih rendah yakni sekitar 32,5 jam. Jika Asus Zenfone Max dipakai untuk menonton video tanpa henti, maka ada sekitar 22 video dengan durasi masing-masing sekitar 1 jam yang bisa kita tonton. Sementara jika hanya memutar musik saja, berikut membunyikan audionya tentu saja, maka Asus Zenfone Max bakal bertahan hingga 79,7 jam. Luar biasa, bukan?

Apakah cuma itu kemampuan yang digadang-gadang oleh Asus lewat Zenfone Max? Tentu saja kekuatan daya yang begitu besar lah yang memang diandalkan dari Asus Zenfone Max. Karena dari besarnya daya itulah, kelak ponsel kita bakal tetap menyala sementara yang lain kelimpungan mencari charger dan powerbank. Eh, ngomongin powerbank, kita bisa menawarkan Asus Zenfone Max jadi powerbank, loh pada teman kita yang kelimpungan tadi. Ya, barangkali soal powerbank ini bisa jadi sarana pedekate, 'kan?

Neng, bapak kamu tukang setrum ya? | Bukan, bang. Kenapa? | Oh, kog ponsel kamu bisa jadi powerbank? #abaikan #jokejadul #garing


Tapi tentu tak cuma kemampuan daya saja yang jadi andalan. Ponsel pintar produksi Asus selalu menyimpan daya tawar yang susah ditolak.

Kamera

Menyandang kamera dengan resolusi 13 megapiksel, Asus Zenfone Max mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimal 4128 x 3096 piksel. Bahkan bak fotografer profesional, foto hasil bidikan kita bakal memiliki bokeh karena kamera Asus Zenfone Max punya bukaan f/2.0. Tak hanya itu, kemampuan autofokus dengan fitur Laser Auto Focus punya kecepatan memfokuskan obyek hanya dalam hitungan 0,03 detik. Meski dalam kondisi low light, kameranya tetap memiliki kemampuan pengambilan gambar yang prima.

review Asus Zenfone Max

Fitur videografinya pun dijamin tak akan membuat kecewa. Tangkapan gambar video Asus Zenfone Max bisa 4 kali lebih terang ketika kondisi low light. Kameranya pun sudah mendukung pengambilan gambar FullHD dengan kecepatan 30fps.

Suka selfie? Tenang saja, Asus Zenfone Max sudah menyediakan kamera depan dengan resolusi 5 megapiksel dan bukaan yang sama, yakni f/2.0.

Performa

Asus Zenfone Max punya jeroan yang juga maksi. Dengan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 410, Asus Zenfone Max telah mendukung teknologi 64 bit dengan jaringan 4G LTE Cat 4 yang mampu berselancar dengan kecepatan hingga 150Mbps. Daleman tersebut tentu didukung juga oleh RAM LPDDR3 sebesar 2GB sehingga Asus Zenfone Max mampu melakukan kegiatan multitasking.

review Asus Zenfone Max

Nah, ngomong-ngomong multitasking, seharusnya Asus juga menguji kemampuan baterainya apabila beberapa aplikasi umum dijalankan secara  bersama-sama. Artinya berapa lamakah daya baterai apabila seluruh task yang diuji itu dijalankan secara bersama-sama. Ya, kecuali telepon, deh. Karena ketika telepon masuk, maka semua kegiatan akan berhenti. Pakailah tiga saja, yakni memutar musik, menonton video dan browsing secara bersama-sama, berapakah durasi yang akan dibutuhkan oleh baterai monster ini?

Kita lanjutkan performa dari Asus Zenfone Max ini. WiFi dengan 802,11ac bakal semakin memperlancar browsing dan streaming. Hanya saja kemampuan sambungan nirkabel yang sudah menjadi standar itu bakal membuat daya menjadi boros.

Display

Layar Asus Zenfone Max telah dibenamkan Gorilla Glass 4 sehingga bakal terlihat jernih bak kaca ketika kondisi ponsel sedang tidak aktif. Ada juga penambahan teknologi Asus TruVivid dalam Asus Zenfone Max ini. TruVivid merupakan teknologi yang memangkas desain LCD touchscreen yang semula memiliki empat lapis jadi hanya dua lapis saja. Selain membuat ponsel lebih tipis, teknologi ini memungkinkan tampilan lebih dekat ke layar.

Asus Zenfone Max memakai layar IPS yang membuat sudut pandang mencapai 178 derajat. Ketajaman layarnya pun hingga 267 piksel dan didukung oleh NTSC gamut yang menapai 72%. Jadi dengan begitu makin banyak warna yang dihasilkan, dan tampilan gambar jadi lebih nyata dan akurat.

ZenUI 2.0 dan Android 5.0.2 Lollipop

Apa yang membuat pemilik Asus loyal selain performanya adalah tampilannya. Asus selalu memakai ZenUI untuk mendukung sistem Android yang terpasang dalam ponsel pintar mereka. Kali ini dalam Asus Zenfone Max telah dibenamkan ZenUI versi terbaru, yakni versi 2.0 untuk mendukung platform Android 5.0.2 Lollipop. Kustomisasi tampilan bakal lebih mantap dengan paduan dua platform tadi.

Oh iya, barangkali yang punya anak. Kamu punya, mblo? Nggak 'kan? Udah di skip saja. Diulangi, buat yang punya anak dan khawatir anaknya membuka-buka ponsel lantas melakukan sesuatu yang tidak diinginkan, Asus Zenfone Max punya Kids Mode. Fitur ini memungkinkan pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu dan mengatur durasi dari ponsel agar tidak terlalu lama dipakai oleh anak kita.

Nah, sekarang pertimbangan yang terakhir. Soal harga, Asus Zenfone Max tak terlampau mahal dibandingkan dengan produk Asus dan vendor lain dengan performa yang hampir sepadan. Meski harganya masih dibawah Asus Zenfone 2 ZE551ML, tapi Asus Zenfone Max unggul dalam soal daya yang ditawarkan. Jadi, mau pilih mana?

Harga Asus Zenfone Max di Lazada Rp.2.549.000,00


Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

aduh, asus ini, bikin saya jadi kepengen punya, tapi kudu nabung dulu, krn harus menyisihkan buat jajan anak dan bayaran sekolah :D

Iya, asus suka menggoda kantong aja mbak :)


EmoticonEmoticon