Senin, 18 April 2016

Cara Mengetahui Mereka Yang Sudah Baca Pesanmu di Facebook


"Bro, kog ente gak dateng di acaranya si anu?" katamu satu ketika.

"Wah iya? Kog saya nggak diundang?" saya berusaha ngeles.

"Ah, undangannya kan ane kasih tahu lewat inbox Facebook," kata kamu lagi, menimpali ngelesku.

"Hmmm... masak sih? Kayaknya ane belum baca deh," ngeles lagi.

"Oh, ya udah," dan kamu pun menyerah.

Masih sering ketemu dialog semacam itu? Atau kamu justru yang jadi pelakunya? Jangan ya. Sekarang sudah bukan jamannya lagi bilang kalau kamu tak membaca pesan dari temanmu di Facebook. Era pengiriman pesan makin canggih. Ketika pesan singkat alias SMS yang mungkin bisa beralasan tidak terkirim, gangguan operator dan lainnya, tapi tidak dengan pesan melalui data internet. Sebagaimana contohnya pesan melalui aplikasi Facebook Messenger maupun pesan di Facebook versi desktop.



Ada beberapa tipe peringatan di Facebook Messenger untuk pengiriman pesan kita. Kamu bisa melihatnya di bagian bulatan ujung setelah teks pesan yang kamu kirimkan. Bulatan itu bergaris tepi dengan warna biru muda dengan isi warna putih apabila pesan itu sedang dikirim. Kemudian warna putih itu akan diisi dengan ceklis biru muda juga apabila pesan itu terkirim. Sementara jika pesan itu sudah disampaikan maka lingkaran itu berubah menjadi warna biru muda seluruhnya dengan ceklis berwarna putih. Nah, apabila sudah terbaca oleh teman kita, foto profilnya bakal menghiasi lingkaran tersebut.

Hal yang sama memang tidak terjadi di versi desktop. Namun di versi desktop justru peringatan itu lebih detil, yakni ada waktu kapan pesan itu dilihat oleh teman kita. Jadi, tak ada cara untuk ngeles ketika kita memang sudah membaca pesan yang bersangkutan.


Gambar: businessinsider.co.id

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon