Kamis, 12 Mei 2016

Instalasi Whatsapp Versi Desktop

Aplikasi pengiriman pesan yang begitu populer, Whatsapp, meluncurkan versi desktopnya pada Selasa (10/5) kemarin. Aplikasi yang telah dibeli Facebook sebesar $19 Milyar atau setara Rp.222,7 Triliun ini sebelumnya hanya berjalan di smartphone saja. Sebelumnya sempat ada Whatsapp versi desktop, namun itu belum resmi dan hanya akal-akalan dari beberapa pengembang software saja.

Sebelum beranjak lebih jauh, Whatsapp versi desktop ini hanya bisa berjalan pada sistem operasi Windows 8 dan diatasnya, serta Mac OS 10.9 dan versi diatasnya. Sebelumnya, bahkan untuk Windows hanya berjalan di arsitektur 64 bit saja. Untunglah kini ada perubahan sehingga bisa dinikmati oleh para pengguna Windows 8 dan diatasnya yang berarsitektur 32 bit. Lalu seperti apa instalasi atau pemasangannya?


Pemasangan Whatsapp versi desktop sangat mudah. Kita tinggal berkunjung ke https://www.whatsapp.com/download dan unduh saja aplikasinya. Ukuran file ini cukup besar, yakni 52,6 MB untuk Windows 32 bit. Saya nggak tahu ukuran untuk unduhan Windows 64 bit maupun Mac OS, biasanya sama saja.




Setelah di unduh, lakukan sebagaimana biasa kita menginstal software pada Windows. Klik kanan > open / run as administrator lalu tunggu saja hingga proses instalasi itu muncul. Sayangnya, Whatsapp versi desktop ini tidak berdiri sendiri, kita tetap disyaratkan untuk melakukan sambungan terhadap versi smartphone. Jadi diperlukan scan terhadap barcode yang disediakan oleh Whatsapp versi desktop ketika proses instalasi.


Untuk melakukannya, masuklah ke Whatsapp di smartphone kamu, lalu cari kode option atau titik tiga kebawah di sudut kanan Whatsapp di smartphone. Pilih Whatsapp Web untuk melakukan scanning barcode. Ikuti perintahnya, dan tunggu hingga selesai. Jika barcode telah selesai diinstal, maka secara otomatis Whatsapp di desktop ini akan menyesuaikan dengan kondisi Whatsapp yang ada di smartphone. Selesai.



Kelemahan

Sebagaimana telah diungkapkan sebelumnya, Whatsapp versi desktop ini tidak berdiri sendiri sebagai aplikasi desktop pada umumnya. Tapi ini menjadi semacam fitur tambahan dari Whatsapp smartphone. Tanpa instalasi Whatsapp di smartphone, maka versi desktop ini tidak akan berjalan. Ini hanya memindahkan Whatsapp dari smartphone ke layar monitor desktop saja dengan sedikit perubahan tampilan. Jadi meski smartphone kita ketinggalan di rumah, maka kita tetap bisa terkoneksi dengan Whatsapp. Asal sebelumnya dilakukan proses instalasi terlebih dulu, dan smartphone yang di rumah tetap menyala dan Whatsapp-nya tetap standby. Ya, itu kelemahan yang sepertinya perlu diperbaiki oleh Whatsapp.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon