Rabu, 01 Juni 2016

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook? Gampang, klik LIKE dan SHARE status ini, lalu ketik nomor rekening anda masing-masing di kolom komentar, maka uang akan datang sendiri, tunggu saja. Ya, tunggu saja sampai kiamat. Karena selain uang tak bakal datang, kita sudah dibodohi dengan isi status sejenis ini. Tapi buat yang mengelola bisnis LIKE dan SHARE semacam ini di Facebook, mereka mungkin mendapatkan uang. Ini sudah banyak yang membahas, dan mohon maaf, saya tak akan membahas hal ini.

Facebook Audience Network

Sejak tahun 2013, Facebook mulai mengambil ancang-ancang untuk memaksimalkan perolehan pendapatan dari keberadaan smartphone yang memasifkan penggunaan aplikasi mobile. Eksekutif bidang periklanan Facebook, Brian Boland, mengungkapkan banyak sekali pengiklan yang menyatakan minimnya penargetan yang tepat dari sistem periklanan yang ada selama ini, seperti Google AdMob, MoPub milik Twitter, dan Millennial Media. Jadi pada musim panas pada tahun yang sama, Facebook menyeriusi periklanan mobile. Dan hasilnya bisa dinikmati saat ini lewat Facebook Audience Network atau familiar juga dengan singkatan FAN.

Buat pengiklan, FAN merupakan sistem periklanan yang memberikan variasi unit iklan dengan harga yang terjangkau. Untuk publisher dan pengembang aplikasi, FAN merupakan cara bagi mereka untuk meraup untung. Serta bagi pengguna seperti kita, FAN bakal membuat iklan-iklan yang ada di halaman Facebook pun akan terus mengikuti kemanapun kita berselancar di internet. Yang jelas, FAN merupakan ancaman yang sangat serius bagi Google yang selama ini menjadi pemain utama di bisnis ini. Maka sejak Januari 2016 lalu yang mengakomodir publisher website, FAN telah menjadi momok bagi Google.

Sistem periklanan Facebook sendiri telah berjalan sejak 2014 silam, namun hanya terbatas pada pengiklan saja. Facebook belum membuka diri dengan pengembang aplikasi mobile maupun publisher website. Sekarang hal itu berubah. AdExchanger bahkan pernah meneliti 10 publisher dan pengembang aplikasi yang bergabung dengan FAN pertama kali. Hasilnya memang cukup mencengangkan, dimana dalam satu kuartal akhir 2015, yang dilaporkan pada Januari 2016, perolehan periklanan sepuluh aplikasi tersebut telah mencapai angka $1 Milyar. Salah satu sumber yang dikutip oleh AdExchanger, Facebook (FAN) sangat berpotensi menjadi alternatif pengganti Adsense.

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook


Data Target Iklan

Satu hal yang menjadi perhatian serius bagi para pengiklan adalah seberapa tepat target yang ditetapkan oleh pemilik ekosistem periklanan. Mari kita lihat Google. Raksasa internet yang kokoh dengan mesin pencarinya ini memang mengandalkan perilaku pengguna internet lewat apa saja yang dicarinya. Selain itu, lokasi akses internet juga masuk kedalam data yang akan disuguhkan kepada pengiklan. Sementara itu, untuk memunculkan iklan yang tepat sasaran, Google lewat Adwords hanya menyuguhkan kata kunci yang terkait. Lain halnya dengan Facebook. Website milik Mark Zuckerberg ini memiliki data para pengguna secara detail.


Facebook dalam berbagai kesempatan membuka diri dengan penggunaan data para penggunanya. Data yang dipakai oleh Facebook bukan hanya data isian pada biodata saja, tapi jauh lebih banyak dari yang kita sangka. Seperti minat dan kegemaran kita yang bisa terlihat dari fanpage mana saja yang disukai. Itu semua bakal digabungkan untuk membuat iklan yang lebih tepat sasaran. FAN membuat ekosistem periklanan yang didasarkan atas pengguna Facebook. Itulah mengapa Mark Zuckerberg sering mengucapkan bahwa selama ini Facebook sedang memapankan ekosistemnya, dan inilah ekosistem yang dimaksud. Kini kita tinggal menunggu apakah Facebook mampu lepas landas dan meninggalkan jauh para pesaingnya.

Format Iklan FAN

Format iklan yang dikembangkan dalam FAN terdiri atas empat macam bentuk. Ada format banner, interstitial, native ad, dan native ad video. Namun Facebook secara terbuka menjelaskan bahwa native ad memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan format iklan yang lain. Setidaknya cost-per-impression dari native ad memiliki 20% hingga 40% pemasukan yang lebih baik dibanding banner ad. Ini berarti tujuh kali lipat dari banner ad. Oleh karena itu, kebanyakan iklan dalam ekosistem FAN, yakni sekitar 80%, memakai format native ad.


Cara Menjadi Publisher FAN

Bagaimana cara menjadi publisher di Facebook Audience Network? Jawaban yang paling sederhana yang bisa saya ajukan adalah dengan cara mendaftar. Tapi jika ada pertanyaan apa saja syarat yang dibutuhkan agar diterima, saya belum mampu menjawabnya. Belum ada data yang bisa menjadi rujukan. Saya sendiri belum mendaftar ke FAN. Intinya jika kita punya aplikasi maupun mobile-site yang ingin dimonetisasi, coba saja mendaftar. Sebelumnya, FAN memang hanya untuk aplikasi saja, namun sekarang sudah merambah ke website tapi yang versi mobile saja.

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Sebagai langkah awal, silakan masuk ke link ini untuk membuat aplikasi: https://developers.facebook.com/apps. Pilih saja, apakah kita bakal mendaftarkan aplikasi di Facebook berupa aplikasi iOS, Android, Facebook Canvas, maupun mobile website. Lalu ikuti saja petunjuknya hingga tuntas. Setelah aplikasi ini terdaftar, maka pilihan monetisasi itu pun bisa dipilih. Atau kalau tak dimunculkan pilihannya, langsung saja rujuk link berikut ini https://developers.facebook.com/products/app-monetization/audience-network/.

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Facebook Audience Network memang belum semarak layaknya Google Adsense, sehingga data dan testimoni para pengguna yang ditemukan belum sebanyak Adsense. Namun bagaimana jika kita ingin menggabungkan antara Adsense dengan FAN? Facebook menjawab bisa saja, asal pengembang menginstal Medium di sumber kode masing-masing, yakni semacam 'alat' untuk memilah iklan mana yang dibutuhkan penggunanya. Namun hal ini tentu tidak berlaku untuk Adsense, karena jika iklan CPC lain ditaruh dalam satu laman, maka email your account is disabled due to invalid activity bakal mampir ke inbox kita. Ngeri.

Kesimpulan: Facebook Audience Network (FAN) merupakan sebuah ekosistem periklanan yang dikembangkan oleh Facebook. Selain untuk pengiklan/advertiser, FAN juga memberi kesempatan pada publisher baik pemilik website maupun pengembang aplikasi untuk memonetisasi asetnya tersebut.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

5 comments

Cara ini hampir sama dengan menjadi publiser Adsense gak kang ?

Mirip, cuma Facebook Ad ntar gak muncul di situs versi desktop.

Saya belum pernah coba bang seperti ini sepertinya okeh juga nih buat tambah tambah penghasilan.

Sama. Belum umum sih. Khawatir revenuenya kecil :D

If you're looking for a reputable contextual ad company, I suggest that you take a look at PropellerAds.


EmoticonEmoticon