Jumat, 01 Juli 2016

Inilah Tiga Keunggulan Android Nougat

Bulan Mei kemarin, pada even I/O, Google meminta penggemarnya untuk memberikan nama pada Android keluaran terbarunya. Tentu saja nama dari versi terbaru itu akan didahului dengan huruf N. Maka muncul nama-nama makanan yang berakhiran huruf N, seperti nesquick, nutella, New York cheesecake, nectarine, neapolitan ice cream, dan necco. Tapi Google pada akhirnya membuat keputusan untuk memberi nama Android Nougat sebagai pelanjut dari Marhsmallow. Keputusan ini diumumkan lewat akun Twitter resmi
@Android pada malam tadi (30/06).


Android Nougat dan Tiga Keunggulannya
Menurut Cambridge Dictionaries Online, Nougat adalah "a hard chewy white or pink sweet food, usually containing nuts." Nougat ini berasal dari bahasa Perancis, yang dalam bahasa Italia disebut dengan Torrone, sementara orang Spanyol menyebutnya Turron. Untuk memudahkan seperti apa nougat ini, maka silakan lihat Snickers, 3 Musketeers dan Baby Ruth, atau bahkan Nano-Nano Nougat untuk produk dalam negeri. Nougat melanjutkan tradisi Google untuk memberikan nama makanan pada Android keluaran terbarunya yang sesuai dengan abjad, kecuali pada Android pertama dan kedua. Karena pertama dan kedua hanya menyandang Alpha dan Beta, sementara mulai Android C, nama makanan itu mulai diberikan, yakni Cupcake, dan selanjutnya Donut, Eclair, Froyo, Gingerbeard, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

Google telah memberikan gambaran tentang Android versi 7.0 ini pada Maret kemarin. Sebagaimana pemberian nama pada Android 6.0 yang mengambil Marshmallow, Nougat pun seperti mendapat pertanyaan yang seperti: "Hey, kenapa harus nougat?" Tapi bukan Google namanya kalau bergeming dengan pemberitaan di internet. Karena sebenarnya yang paling penting buat pemakai teknologi adalah, apa yang dibawa oleh Android Nouget ini.

Berikut ini tiga macam keunggulan yang telah Google benamkan pada Android Nouget:

Android Nougat dan Tiga Keunggulannya


1. Performa

Google telah fokus pada grafis dan runtime di Android Nougat ini. Untuk itulah, raksasa internet yang bermarkas di Palo Alto ini telah mengenalkan Vulkan 3D Graphics API, yang memakan konsumsi kemampuan CPU lebih rendah dibanding OpenGL dan memberikan keleluasaan bagi pengembang program untuk memberikan kemampuan grafis yang lebih detil ke setiap frame. Tak hanya itu, Google pun mengenalkan JTI Compiler yang berfungsi untuk mempercepat instalasi aplikasi sebesar 75% karena mampu mengurangi ukuran kode program sebanyak 50%. Kabar baik dari semuanya, Android Nougat bakal hemat konsumsi daya.

2. Keamanan

Dalam Android Nougat ini dikenalkan juga enkripsi berbasis file, penguatan media framework, dan update tanpa celah. Untuk yang terakhir maksudnya ketika sistem operasi ini melakukan update, maka prosesnya bakal senyap dan dilakukan di latar belakang sistem operasi ini sendiri, sehingga bakal bisa digunakan ketika perangkat telah dilakukan restart. Sayangnya proses update ini hanya bisa dilakukan ketika sebuah perangkat smartphone memiliki dua system image. Sementara sebagaimana kita ketahui, perangkat yang ada saat ini hanya mendukung satu system image saja. Mungkin perangkat yang nanti bakal mendukung Android Nougat bakal menyajikan fitur dua system image ini.

3. Produktifitas

Android Nougat punya fitur yang disebut dengan Direct Reply. Fitur ini memudahkan pengguna untuk langsung membalas email, pesan dan lainnya langsung dari notifikasi yang muncul. Sementara itu melalui long-tapping pada notifikasi tersebut, pengguna bisa langsung mengolah pengaturannya.

Kabarnya Google pun telah mendesain ulang tombol navigasi, yang berarti Android Nougat bakal memiliki tombol navigasi yang lebih menarik, beranimasi, dan akan berubah warnanya ketika ditekan cukup lama.

Dan jika Android sebelumnya bakal menumpuk aplikasi yang masih berjalan di menu recent apps, namun Android Nougat tidak begitu lagi. Menu recent apps dalam Android Nougat bakal mengurangi jumlah aplikasi yang telah dipakai tapi belum diberhentikan. Jadi kalau kita sedang browsing di Chrome, misalnya, tapi sebelumnya ada banyak aplikasi yang menumpuk di latar belakang dan bisa terlihat di recent apps, maka tumpukan inilah yang akan dikurangi di Android Nougat. Namun kerennya, kita bisa mengembalikan aplikasi tersebut dengan melakukan double-taps pada tombol recent apps.

Ada juga fitur multi-windows yang sebelumnya pernah diaplikasikan di samrtphone Samsung lewat Android Marhsmallow, tapi secara resmi di Android Nougat smartphone apapun bakal memiliki fitur ini. Ada dua variasi dari multi-windows ini, yakni Split Screen dan Picture in Picture.

Dan satu lagi yang dihadirkan oleh Google bersama Android Nougat ini adalah Daydream, sebuah platform Virtual Reality. Untuk Daydream, silakan simak disini.

Android Nougat dan Tiga Keunggulannya
Penampilan Android Nougat di perangkat Nexus (Gambar: Gottabemobile.com)
Sebagaimana biasa, Google bakal menginstal Android Nougat ini terlebih dahulu di perangkat Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 6P, Nexus 9, Nexus Player dan Pixel C tablet dalam versi beta sebelum disebar ke produsen smartphone yang lain. Untuk pengguna smartphone yang lain, sepertinya harus bersabar tak terbatas waktu. Karena sang raksasa, belum memberikan petuah apapun terkait kapan Android Nougat ini tersedia secara umum.

Sumber: Diolah dari beragam sumber.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

5 comments

Hebat nih android Nougat ini dengan tiga keunggulnnya pasti sangat laku di pasaran apalagi dari segi performa nya :)

Bisa ditunggu..tapi entah kapan beli..wkwkwk :D


EmoticonEmoticon