Selasa, 14 Juni 2016

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Microsoft membuat kejutan tempo hari (13/06) dengan mengakuisisi perusahaan yang mengelola jejaring sosial profesional, LinkedIn. Kabarnya perusahaan milik Bill Gates tersebut membayar $196 per lembar saham milik LinkedIn sehingga totalnya mencapai $26,2 Milyar. Akuisisi ini tergolong yang paling mahal untuk tahun ini, tapi bukan yang paling mahal sepanjang sejarah. Nah, berikut ini ada lima akuisisi perusahaan di bidang teknologi yang mencatatkan nilai yang fantastis.

5. Microsoft membeli Skype pada tahun 2011 senilai $8,5 Milyar

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Microsoft memang bukan pertama kali mengeluarkan budget fantastis untuk mengakuisisi perusahaan lain. Pada 2011, perusahaan piranti lunak ini pun pernah membeli Skype dengan harga $8,5 Milyar. Sebelumnya, dua tahun setelah dibuat, aplikasi chatting ini pernah diakuisisi oleh e-Bay dengan nilai $2,6 Milyar. Dan lonjakan nilai yang hampir mencapai empat kali lipat tersebut dikarenakan Skype telah menjadi incaran raksasa internet lain, yakni Google dan Facebook yang sebelumnya memiliki minat untuk kerjasama.

4. Google membeli Motorola Mobility senilai $12,5 Milyar pada 2014

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Banyak orang terheran-heran dengan kelakuan Google terhadap transaksinya yang satu ini. Google mengakuisisi Motorola Mobility senilai $12,5 Milyar namun menjualnya kembali dengan harga $2,91 Milyar kepada Lenovo pada tahun yang sama. Namun meski hitung-hitungan dagangnya rugi, ternyata Google mengambil keuntungan lain dari transaksi tersebut. Google ingin Android-nya dipakai oleh smartphone sebanyak mungkin, namun tak berkepentingan atas pembuatan smartphone itu sendiri. Dengan begitu, Google hanya menjadi pemain tengah dengan hanya menyajikan sistem operasi dan aplikasi pendukungnya dari semua smartphone di dunia ini, kecuali smartphone besutan Apple dan Microsoft. Dari situlah Google mendapatkan keuntungan.

3. Facebook membeli Whatsapp senilai $22 Milyar pada 2014

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Setelah sukses membangun infrastrukturnya, Facebook memasuki tahap kedua dengan mengembangkan produk termasuk pula membeli produk yang sudah jadi, seperti Instagram pada tahun 2012 dan Whatsapp dua tahun kemudian. Pembelian Whatsapp menjadi menarik, karena selain kedua founders-nya, Brian Acton dan Jan Koum, yang tidak diterima kerja di Facebook pasca hengkang dari Yahoo!, ternyata tujuh tahun kemudian giliran Facebook yang mengetuk pintu mereka untuk membeli Whatsapp, aplikasi besutan mereka. Saat dibeli Facebook dengan harga $22 Milyar, Whatsapp telah memiliki 400 juta pengguna aktif dan tahun sebelumnya mendapat keuntungan $10 Milyar.

2. Microsoft membeli LinkedIn senilai $26,2 Milyar pada 2016

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Kejutan ini memang banyak mengagetkan orang, termasuk pihak internal LinkedIn dan Microsoft sendiri. Dari surat yang dibuat oleh CEO Microsoft, Satya Nadella, baru diketahui mengapa Microsoft rela membayar dengan nilai fantastis itu untuk sebuah jejaring sosial yang 'hanya' dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Ternyata salah satu hal yang ingin dikerjasamakan antara LinkedIn dengan Microsoft adalah soal pengembangan Office 365, sebuah aplikasi turunan dari Microsoft Office namun bekerja di ranah cloud. Dan ini diramalkan bakal berguna ketika disambungkan dengan 433 juta pengguna aktif LinkedIn yang terdiri dari kalangan profesional.

1. Dell mengakuisisi EMC dengan nilai $67 Milyar pada 2015

Lima Akuisisi Perusahaan Teknologi Termahal

Perkembangan penyimpanan berbasis cloud rupanya menginisiasi Dell untuk mengakuisi EMC, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Banyak yang bilang bahwa Dell sedang berjudi dengan pembelian senilai $67 Milyar ini. Namun ini satu-satunya cara bagi Dell untuk berbicara banyak di ranah penyimpanan cloud yang memang sudah dikuasai oleh pemain lama semisal IBM, HP, dan Pure Storage.

Banyak yang bilang bahwa daftar teratas ditempati oleh akuisisi Time Warner oleh Aol senilai $106 Milyar pada tahun 2000. Namun akuisisi tersebut berada di ranah media meskipun medianya berfokus pada teknologi juga. Sehingga sampai saat ini, akuisisi Dell terhadap EMC masih menempati posisi teratas dengan kategori transaksi yang dicatatnya.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon