Jumat, 10 Juni 2016

Phab 2 Pro, Smartphone Pertama Yang Mampu Membuat Peta 3D

Lenovo telah mengenalkan sebuah smartphone yang memiliki sensor dengan kemampuan pemetaan lingkungan di sekitarnya secara nyata dan real-time. Smartphone yang disebut dengan Phab 2 Pro ini menggunakan kamera dan serangkaian sensor untuk membuat peta digital tiga dimensi. Ini merupakan hasil kerjasama pabrikan asal China ini dengan proyek yang dibuat oleh raksasa internet Google, yakni Project Tango.

CEO Lenovo saat mengenalkan Phab 2 Pro di Amerika Serikat (Sumber: @Yuanqing_Lenovo)

Phab 2 Pro dikenalkan saat perhelatan Lenovo's Tech World Conference di San Francisco, Amerika Serikat, 10 Juni 2016. Adalah CEO Lenovo, Yuanqing Yang, yang secara langsung mengenalkan smartphone ini kepada khalayak. Ia mengklaim smartphone ini mampu menggantikan peran GPS secara lebih baik, karena secara nyata mampu menghadirkan realitas dan pengalaman pengguna secara tiga dimensi. Sementara GPS hanya mampu menghadirkan peta buta berupa nama jalan dan titik objek saja.

Phab 2 Pro

Phab 2 Pro memiliki layar 6.4 inchi dengan kapasitas layar HD yang diperkuat oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 652. Tak hanya itu, Phab2 Pro pun memiliki kamera yang lumayan besar, yakni 16 MP kamera belakang. Dukungan lainnya yakni ada fingerprint scanner, baterai yang lumayan besar yakni 4,000 mAH, dan kapasitas RAM 4 GB. Namun tentu saja unggulan dari smartphone ini terletak pada terdapatnya Project Tango yang dibenamkan sejak dari pabrikan.

Penampang kamera dan sensor Phab 2 Pro

Ketika menggunakan fitur Google Tango ini, PHAB 2 Pro mampu memetakan ruangan secara fisik, melacak objek, dan memproyeksikan efek virtual. Lenovo telah mencoba fitur ini ke dalam beberapa aplikasi, seperti permainan menembak, aplikasi edukasi yang bekerja sama dengan American Museum of Natural History, serta permainan domino yang menjadikan keping kartunya seolah-olah nyata. Dalam serangkaian uji cobanya, Google Tango telah membuktikan bahwa fitur ini mampu melakukan navigasi dalam sebuah ruangan indoor ataupun menyediakan informasi kontekstual berdasarkan objek yang dilihat oleh sensornya.

Smartphone ini bakal dipasarkan pada September mendatang dengan harga $499. Phab 2 Pro sebenarnya diluncurkan bersamaan dengan tipe Phab 2 yang lain, yakni Phab 2 dan Phab 2 Plus. Phab 2 dibanderol $199 sementara Phab 2 Plus dihargai $299. Namun kedua saudaranya ini kalah pamor akibat Project Tango yang dimiliki oleh Phab 2 Pro. Apakah Indonesia bakal kebagian Lenovo edisi Phab 2 ini? Kita lihat saja September nanti.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon