Senin, 13 Juni 2016

Tujuh Manfaat Aplikasi Google Tango

Lenovo telah mengenalkan tiga smartphone flagship terbarunya pada perhelatan Lenovo's Tech World Conference di San Francisco, Amerika Serikat, 10 Juni  kemarin. Lenovo Phab2, Lenovo Phab2 Plus, dan Lenovo Phab2 Pro menjadi tiga andalan terbaru dari pabrikan asal Cina tersebut. Namun the real flagship yang menjadi andalan Lenovo mendulang sukses adalah pembenaman fitur terbaru dari Google dalam Phab2 Pro. Ya, ada Google Tango dalam unit Phab2 Pro yang diluncurkan tempo hari. Ini satu-satunya smartphone yang memiliki aplikasi Google Tango di dalamnya. Lantas seberapa bernilaikah Phab2 Pro sehingga pemilik smartphone mesti meng-upgrade perangkatnya ke smartphone ini? Beberapa manfaat dari Google Tango berikut ini semoga bisa menjadi pertimbangan.


Mengukur Ruangan Dalam Rumah



Google Tango bisa digunakan untuk mengetahui luas ruangan dalam rumah, kantor, gedung, atau apapun saja. Hal ini tentu sangat berguna apabila kita ingin mengaplikasikan ruangan tersebut dengan furnitur. Dengan Google Tango yang ada di Phab2 Pro, kamera dan sensor yang ada bisa digunakan untuk mengukur ruangan yang akan diisntalasi oleh furnitur tadi tanpa harus mengukurnya secara fisik dengan meteran. Ini benar-benar terobosan baru yang bisa dilakukan oleh smartphone saat ini. Fitur ini tentu berguna untuk para pengembang properti maupun kontraktor bangunan.

Navigasi Dalam Ruangan


Fitur pemetaan tiga dimensi yang dimiliki oleh Google Tango di Phab2 Pro mampu mengubah peta tiga dimensi itu menjadi GPS. Tentu saja GPS versi tiga dimensi. Jadi ketika ada tulisan 'anda berada disini', maka anda bisa dengan mudah melangkahkan kaki dengan efisien ketika sedang belanja di mall, misalnya. Karena dengan Google Tango, semua tempat yang telah dilewati bisa di-scan dan menjadi peta navigasi anda secara real time.

Mengatur Kedalaman Obyek dalam Fotografi



Meskipun manfaat ini mungkin tidak terlalu menjadi yang utama, tapi Depth Sensor yang dibenamkan Phab2 Pro untuk Tango mampu memberikan pengalaman fotografi yang istimewa. Ini memang hampir mirip dengan yang dimiliki oleh HTC One M8. Dengan fitur ini Phab2 Pro akan memberikan efek kedalaman gambar yang cukup baik layaknya kamera-kamera DSLR.

Pemetaan Lokasi


Sumber: Android Headlines
Navigasi ruangan dan pemetaan lokasi adalah dua hal yang berbeda. Dalam Mobile World Congress, Lenovo menunjukkan bagaimana augmented reality (realitas tambahan) bekerja dalam Phab2 Pro dan tentu saja dengan Google Tango ini. Jadi semua hal dalam lokasi tersebut di scan untuk kemudian diberikan penanda dalam augmented reality lewat teknologi yang disebut Glympse. Dengan teknologi ini anda bisa membubuhkan tanda pada lokasi dimana anda sedang berdiri serta memberikan tanda juga kepada orang lain yang ada di sekitarnya.

Menangkap Suara Secara Nyata


Dengan kemampuan sensor yang baik, Phab2 Pro mampu merekam tidak hanya gambar saja tapi juga suara. Dengan teknologi yang mendukung Google Tango, secara otomatis Phab2 Pro mampu menangkap suara sesuai kenyataan. Phab2 Pro mampu menangkap suara secara 360 derajat. Jika sebuah video hasil perekaman ini diputar, maka anda sudah memiliki sebuah tayangan yang hampir setara bioskop. Dan kabar baiknya, Phab2 Pro merupakan smarthone pertama yang memiliki fitur yang disebut dengan Dolby Audio 5.1 Capture tersebut.

Eksplorasi Virtual Secara Interaktif



Teknologi Tango dalam Phab2 Pro memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi dunia virtual tanpa meninggalkan tempat duduk sedikit pun. Dengan augmented reality (AR/realitas tambahan) sebuah ruangan mampu disulap ke dalam bentuk yang lain dalam dunia virtual. Maka coba bayangkan ketika teknologi ini dibawa ke tempat-tempat yang unik dan bersejarah.

Pendidikan


Phab2 Pro dengan Google Tango di dalamnya telah dijelaskan mampu melakukan berbagai hal dengan teknologi virtualnya. Oleh karena itu teknologi ini pun bisa diaplikasikan di dunia pendidikan. Misalnya para pelajar ingin mengetahui tentang fenomena dinosaurus, maka melalui augmented reality yang ada di Google Tango, dinosaurus itu bisa dihadirkan dan paling penting bisa disesuaikan ukurannya.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon