Kamis, 28 Juli 2016

Blackberry DTEK50, Smartphone Android Murah dan Paling Aman Sedunia

Setelah Priv, Blackberry meluncurkan DTEK50. Brand yang sempat terseok-seok karena kegagalan mengadaptasi kencangnya perkembangan smartphone ini, memilih berpaling ke sistem operasi Android untuk kedua smartphone mutakhirnya itu. Priv meluncur lebih awal, namun dengan desain berbeda, DTEK50 kemudian hadir melengkapi koleksi Blackberry atas smartphone berbasis Android dengan label 'secure smartphone'.

Secara spesifikasi, DTEK50 berada di bawah Priv. Namun dengan desain yang lebih 'umum' dan harga yang lebih terjangkau, DTEK50 diharapkan mampu menjawab tantangan pasar smartphone yang dinamis. Ketika Priv masih memiliki desain lama Blackberry yang memiliki layar sliding dan tombol fisik qwerty, DTEK50 merupakan produksi Blackberry yang pertama atas fully touchscreen Android smartphone.

Sepertinya Blackberry berupaya mengikuti perkembangan pengguna smartphone yang sering mengeluhkan banyaknya malware di sistem operasi Android. Sehingga keunggulan DTEK50 dibanding smartphone sekelasnya berada di fitur keamanan yang sudah pre-loaded. DTEK50 mengenkripsi semua data di perangkat termasuk gambar, video dan kontak. Tak hanya itu, perlindungan terhadap malware pun sudah terinstal, dan kemampuan standar keamanan lain seperti back-up, wipe, dan restore data sudah dimiliki oleh DTEK50.

DTEK50 benar-benar mengikuti desain smartphone Android pada umumnya yang hanya menyisakan layar di bagian depan tanpa tombol keyboard fisik. Ini tentu berbeda sama sekali dengan Priv yang masih menyediakan tombol fisik layaknya desain smartphone Blackberry sebelumnya. DTEK50 mengganti tombol fisik itu dengan Blackberry Intelligent Keyboard yang sudah hadir bersama Android Marshmallow 6.0. Blackberry rupanya masih menyertakan banyak perangkat lunaknya untuk menyesuaikan dengan sistem operasi Android ini, seperti Blackberry Hub dan Blackberry Convenience Key.

Dapur pacu DTEK50 dihuni oleh Snapdragon 617 processor dari Qualcomm yang dipasangkan dengan grafis dari Adreno 405 dan RAM berkapasitas 3GB. Daya simpan internal DTEK50 adalah 16GB. Namun ini pun bisa diperbesar dengan tambahan slot microSD. Namun sayang baterai DTEK50 hanya 2610mAH.

Kamera DTEK50 di bagian depan berkemampuan 13 megapiksel dengan bukaan f/2.0, ditambah optical image stabilisation (OIS) dan phase auto detection focus (PDAF). Sementara di bagian depan tertempel kamera dengan kemampuan 8 megapiksel yang memiliki bukaan f/2.2. Kedua kamera yang dimiliki DTEK50 bisa berubah menjadi perekam video dengan kemampuan rekam 30fps dan berukuran 1080p.

Soal harga, Blackberry membanderol DTEK50 dengan nominal $299 atau sekitar Rp.3.913.910,00 jika kursnya Rp.13.090,00 per $1. Status penjualan di situs Blackberry pun masih pre-order. Belum diketahui apakah Blackberry DTEK50 bakal masuk ke Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Inilah spesifikasi lengkapnya:



Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments

Bokat reng kategori murah kuh kisaran sejutaan, kien mah dudu murahhhhh

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR KAMU


EmoticonEmoticon