Sabtu, 24 September 2016

Inilah Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Google Allo

Google Allo memang muncul disaat aplikasi sejenis sedang nyaman digunakan oleh penggunanya. Silakan sebut ada berapa aplikasi percakapan yang sudah kamu punya di smartphone. Satu? Dua? Bahkan empat? Tapi ada berapa yang kamu pakai secara rutin, dan menjadi aplikasi percakapan yang favorit. Paling banter cuma satu atau dua, sementara jika jumlahnya lebih dari itu, yang lain bakal dikandangkan. Nah, pertanyaannya adalah, apakah Allo mampu menarik minat kita untuk menggantikan aplikasi yang favorit tadi?


Google telah memprediksinya jauh-jauh hari dengan ketertinggalannya ini. Dunia gawai telah diramaikan oleh banyaknya aplikasi percakapan yang mengharuskan aplikasi yang muncul mesti punya kepiawaian sendiri dalam menembus pasar. Dan salah satu yang mesti dipertimbangkan dalam menembus kejamnya pasar tersebut adalah fitur unggulan dan tentu saja bermanfaat bagi penggunanya. Dan untunglah, Google ahli soal ini. Apa fitur unggulan Allo?

"Google Allo: a smarter messaging app"

Google Allo adalah sebuah aplikasi perpesanan yang lebih cerdas, kata Google. Lebih cerdas dari siapa? Kita tentu bertanya hal ini. Tapi Google tentu tak menjawabnya, meski ini adalah bahasa iklan. Google tentu memberikan pernyataan bahwa Allo lebih pintar daripada aplikasi yang lain, sebut saja inisialnya WA, BBM, L, bahkan FM. Tapi dimanakah letak kecerdasannya? Berikut fitur dalam Allo.

Google Assistant

Google berkata, Google Assistant dalam Allo masih dalam tahap preview. Katakanlah masih dalam tahap beta test. Meski begitu, bukan berarti kecerdasan dari Google Assistant ini bakal berkurang, sebab kita sudah sering menggunakannya dalam Google Search. Misalnya kita mencari kata 'Pilkada Jakarta' maka baik pada kolom input maupun di bawah hasil pencarian, Google bakal menyarankan banyak hal terkait dengan yang kita cari. Dan ini diintegrasikan dalam Allo.
Kita tidak memerlukan keluar masuk aplikasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan lawan bicara, sebabnya ketika Google Search terintegrasi dalam Allo, maka kita bisa langsung mencari apa yang ditanyakan tersebut, sekaligus menyodorkan jawabannya dalam percakapan. Dan asyiknya, lawan bicara kita tidak tahu kita sedang searching.

Smart Reply

Smart Reply merupakan fitur yang berguna untuk menghemat waktu kita. Melalui Smart Reply, Allo bakal menyodorkan respon terhadap sesuatu yang dikirim oleh lawan bicara. Misalnya "lol", "haha", atau cuma sekedar emoji yang relevan. Dan kabar baiknya, semakin sering kita menggunakan Allo, semakin baik saran yang diberikannya kepada kita. Namun ada kabar buruk bagi pengguna yang hanya bisa bahasa Indonesia, karena fitur ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris saja.

Shout or Whisper

Fitur ini berfungsi untuk penegas respon kita. Alih-alih kita memakai HURUF BESAR semua, di Allo kita bisa memakai fitur ini untuk menggantikannya. Jadi kalau mau merespon layaknya kita menjerit, maka fitur ini membantunya dengan memperbesar 'balon' percakapan beserta huruf-hurufnya. Cukup tekan dan tarik tanda 'panah' untuk mengirim ke atas. Begitu pun sebaliknya, jika kita bermaksud untuk berbisik dalam percakapan, maka tarik tanda 'panah' itu kebawah, maka hasilnya 'balon' percakapan itu bakal mengecil bersama dengan huruf-hurufnya.

Ink
Fitur ini mungkin buat senang-senang saja. Tapi, siapa tahu juga membantu untuk produktifitas kita. Karena saya pun sering ingin menunjukkan poin mana yang ditunjuk dalam sebuah foto, namun untuk memberikan tanda, mesti bolak-balik ke aplikasi edit gambar. Ribet. Dan Allo pun menjawabnya dengan memunculkan fitur Ink ini. Sayangnya, buat kamu pengguna Apple, fitur ini baru bisa bekerja di Android, mudah-mudahan nanti ada update untuk pengguna iOS.

Sticker yang lebih banyak, dan gratis

Fitur ini memang mirip aplikasi berinisial L. Stikernya banyak. Namun di Allo, stikernya sangat beragam, karena tak hanya dibuat oleh satu desainer saja.

Fitur Incognito

Fitur ini bekerja mirip dengan incognito yang ada di Chrome. Artinya jika kita memakai fitur ini, maka Allo tak akan mencatat histori kita di dalam aplikasi.

Kontroversi

Kontroversi sebenarnya pasca Edward Snowden berkicau di Twitter. Mantan kontraktor NSA ini mengunggah sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan perihal Allo. Apa itu Allo? Kata Snowden. Sebuah aplikasi milik Google yang merekam perpesanan kita dan membuatnya tersedia ketika polisi memintanya, jawab Snowden.

Snowden melanjutkan, Allo merupakan salah satu aplikasi yang telah disahkan oleh pengadilan 'rahasia' untuk digunakan sebagai media pengintaian. Snowden pun mengutip tautan dari TheGuardian.

Dalam Allo pun, Google sebenarnya sedang menguji-coba kecerdasan buatan miliknya. Ketika saran yang diberikan baik oleh Smart Reply maupun Google Assistant semakin baik seiring lamanya penggunaan kita atas Allo, maka disitulah kecerdasan buatan itu bekerja. Jadi Google memang mengumpulkan data dari kita untuk digunakan dalam perkembangan kecerdasan buatan itu. Maka begitu pun jika pihak pemerintah meminta data tersebut untuk digunakan dalam kegiatan 'rahasia' mereka.

Tetap mau mengunduh Allo? Ya sih, Whatsapp saja yang bilang-bilang bakal mengenkripsi percakapan pengguna, tetap saja menyimpannya untuk kepentingan Facebook dalam menargetkan iklan. Apalagi Allo, yang tak bilang apapun dan cuma menyodorkan fitur Incognito. Akhirnya pilihan pun di tangan kita. Jika tidak mau, ya sudah. Untuk yang mau mengunduh, silakan rujuk di bawah ini.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

4 comments

Boleh juga nih di instal :-) Apalagi banyak stiker dan itu semua gratis :-) pasti lebih seru dong ya :-)

Dari pertama kali baca tentang allo masuk logika juga sih kalo si AI ini ngumpulin data kita dari chat supaya bisa di beradaptasi untuk mempermudah user dan mungkin banget dipake oleh suatu organisasi 'rahasia', tapi mau gimana lagi kalo aplikasinya asik terus banyak temen yang pake hal-hal tentang 'rahasia' sih jarang diperhatiin

Ini lagi nyoba mas hehe.. Kayaknya asik.

Begitulah, toh saya bukan siapa2... Mau disadap ya silakan hehe


EmoticonEmoticon