Kamis, 08 September 2016

Siapkan Budget, Karena iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dikenalkan

Dalam sebuah konferensi pers yang dihelat di San Fransisco pada Rabu (7/9) kemarin, Apple secara resmi mengenalkan produk terbarunya. Ya, salah satu produk terbarunya itu adalah smartphone yang penampakan sekilasnya dalam video leak sempat membuat trending topic di internet. Tim Cook selaku CEO Apple secara langsung memimpin acara tersebut dan mengenalkan apa yang baru dari Apple, terutama tentang iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang menjadi magnet yang menyedot perhatian khalayak yang sebelumnya telah terbuai rasa penasaran. Mereka merasa penasaran karena telah melihat sedikit penampakan dari produk terbaru Apple tersebut dalam sebuah video di internet itu. Dan dalam hashtag #AppleEvent di Twitter, terlihat bagaimana antusiasme netizen dalam menyambut konferensi pers Apple itu. Meski tak sedikit juga yang kecewa karena ada hal mainstream yang dihilangkan Apple, dan tentu saja kecewa karena... errr... mahal.



Sebelumnya yuk disimak teaser dari peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 ini.



Baiklah kita tengok saja apa yang dibawa oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini.

1. Desain



Baik iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memiliki body yang hampir mirip dengan iPhone 6s. Iya lah, mana ada iPhone yang tidak mirip iPhone lain? Namun bedanya dari pendahulunya ini, iPhone 7 lebih mengkilap. Asal tahu saja, proses mengkilapnya body alumunium iPhone 7 ini digosok oleh robot sehingga membuat kemilaunya begitu mantap. Oh iya, Apple menyebut mengkilapnya body iPhone 7 ini dengan julukan 'Jet Black'. Jangan khawatir, buat yang nggak suka dengan warna hitam, Apple tetap menyediakan warna mainstream sebagaimana biasanya seperti gold, rose gold, dan silver.

Ada yang beda juga dengan desain tombol home yang dimiliki iPhone 7 ini. Kali ini Apple tidak memberikan tombol yang sebenarnya tombol, namun mirip dengan trackpads di Mac. Apple membenamkan teknologi taptic engine dalam iPhone 7. Jadi tombol ini tidak perlu ditekan untuk mengaktifkan fungsinya, cukup dengan disentuh saja.

2. Kamera



iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memiliki kamera dengan optical image stabilization dan memungkinkan exposure yang lebih panjang hingga tiga kali. iPhone 7 punya kamera belakang dengan ukuran 12 mega piksel, dibekali dengan quad-LED flash , dan bukaan 1.8. Sementara kamera depannya punya kemampuan setingkat lebih tinggi dari iPhone 6s, yakni 7 mega piksel. Ini tentu saja memastikan bahwa rumor iPhone 7 akan punya kamera ganda di belakang terbukti salah.

Sedikit berbeda dengan iPhone 7 Plus, meski sama-sama punya 12 mega piksel, kameranya punya dual lens yang memungkinkan sudut pengambilan gambar yang berbeda pula. Satu lensa mampu mengambil sudut lebar, dan satu lagi mampu mengambil gambar dari jarak jauh alias telephoto. Dan tentu saja kemampuan kamera ini hampir menyamai DSLR karena sudah menghasilkan bokeh yang aduhai.

3. Display dan Audio



Tampilan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus memang tak begitu menyita perhatian. Selain hanya mengulang teknologi iPhone terdahulu, dan hanya menyisakan kecerahan yang lebih baik sebesar 25 persen, tak ada yang membicarakannya lebih jauh. Ukuran layar pun tak banyak berubah, hanya 4,7 inchi saja untuk iPhone 7 dan 5,5 inchi untuk iPhone 7 Plus. Jadi kita skip saja bab display ini.

Ya, karena kita punya dua kabar soal audio, yakni kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya, ada stereo speaker yang dibenamkan dalam sound system iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun kabar buruknya kita mesti mengeluarkan budget lagi untuk membeli AirPod, sebuah wireless earphone, karena iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tak punya port untuk jack earphone. Ya, tak ada port untuk earphone dengan kabel dalam iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Mungkin ketika uji cobanya, port tersebut mengganggu fitur water-resistant yang dimiliki oleh iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Mungkin.

4. Performa



iPhone 7 dan iPhone 7 Plus punya performa yang hampir sama. Dapur pacunya dimulai dari sebuah prosesor A10 Fusion milik Apple yang punya empat core CPU, dengan pembagian dua core untuk performa terbaik, dan dua core lagi untuk menghemat baterai. Sekedar memberi tahu, A10 Fusion merupakan versi lanjutan dari prosesor milik Apple yang pernah dipakai di iPhone 6s. A9 saja sudah lebih cepat sebanyak 70 persen dibanding A8, dan kini A10 Fusion mampu bekerja 120 kali lebih cepat dibanding A9. Apple membenamkan RAM untuk keduanya sebesar 2 GB.

Untuk baterai, Apple memberikan daya yang lebih baik pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini. Untuk waktu bicara, iPhone 7 punya 14 jam sementara iPhone 7 Plus memiliki 21 jam waktu bicara.

5. Harga

Ada banyak pilihan warna dan juga kapasitas penyimpanan untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Warna, sebagaimana telah disebutkan, ada warna hitam, emas, emas mawar, dan perak. Sementara untuk kapasitas penyimpanan tersedia dengan pilihan mulai dari 32 GB, 128, dan 256 GB.

Bagaimana dengan harganya? Kabar yang dirilis, Apple membanderol iPhone 7 dengan harga USD 649 atau setara Rp.8,4 jutaan dan untuk iPhone 7 Plus punya harga USD 769 atau setara dengan Rp.10 jutaan. Dan ya, untuk AirPod sendiri Apple membanderolnya dengan harga lumayan, yakni USD 159, atau sekitar Rp.2 jutaan. Hmmm... berminat untuk upgrade smartphone-mu?

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon