Selasa, 20 September 2016

Tips Membeli Laptop Yang Wajib Kita Ketahui

Membeli laptop adalah perkara yang membingungkan. Sebabnya apalagi kalau bukan karena banyaknya pilihan, baik itu soal pilihan harga, spesifikasi, hingga fitur mutakhir yang dibenamkan oleh brand tertentu. Nah, karena laptop yang bakal kita beli nanti adalah perangkat yang bakal menemani aktifitas kita, maka perkara ini mesti dipertimbangkan masak-masak.

Manusia memang ditakdirkan punya jodoh masing-masing, pun dengan laptopnya. Namun, takdir pun bukan sebuah kemutlakan karena sebelumnya kita diberikan hak untuk mencari, memilah, hingga pada akhirnya menentukan laptop mana yang paling pas untuk kita. Yang mesti dihilangkan pertama kali adalah fanatisme merk. Kita mungkin memiliki perangkat bukan laptop dengan brand A, misalnya, yang performanya di tangan kita begitu mantap. Tapi untuk soal laptop, belum tentu juga. Lalu bagaimana tipsnya agar kita tidak kecele ketika membeli laptop?

Laptop Acer One 14" - Core i5 5200U (Gambar: MatahariMall)

Berdasarkan pengalaman saya, berikut tips yang bisa dilakukan ketika bakal membeli laptop:

1. Perhatikan Spesifikasinya, dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Performa laptop pasti tergantung dari spesifikasi yang ditawarkan. Semakin tinggi spesifikasi, maka semakin gahar performa yang diberikan oleh laptop tersebut. Silakan diperhatikan baik-baik pada laptop yang bakal kita beli, berapa clockspeed prosesornya, besar RAM-nya, kapasitas harddisk-nya, kartu grafisnya, atau bila perlu sistem operasi apa yang paling cocok untuk spesifikasi laptop tersebut. Untungnya, buat kita yang suka malu-malu jika ketemu pramuniaga, maka coba buka MatahariMall.com untuk melihat-lihat spesifikasi laptop yang bakal kamu beli.

Jika semuanya sudah ditanyakan, maka langkah selanjutnya adalah tanyakan pada diri sendiri, kita mau pakai laptop ini untuk apa? Jika 'hanya' untuk mengetik dan berselancar di internet, maka sebaiknya tak usah membeli laptop dengan spesifikasi gaming. Loh, kenapa? Ya sayang saja sih, uangnya mubazir.

2. Lihat Dompet

Setelah kita tahu laptop mana yang kita butuhkan, maka kita sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika kita adalah mahasiswa jurusan desain grafis, namun --mohon maaf-- budget-nya cekak, maka rajin-rajinlah menabung lagi. Sebabnya jelas, jika kita membeli laptop yang spesifikasinya hanya untuk mengetik dan berinternet, maka perangkat lunak desain grafis yang bakal kita instalasi bakal menemukan pesan galat akibat laptopnya tidak mendukung.

Untuk itu sebelum memutuskan laptop mana yang bakal dibeli, coba lihat dulu daftar harganya. Sebagai contoh, silakan dilihat daftar harga laptop acer MatahariMall terbaru.

3. Layanan Purna Jual

Perhatikan juga apakah brand laptop yang kita beli layanannya sudah mencakup tempat tinggal kita. Jika kita berada di daerah, dan layanan servisnya hanya berada di Jakarta, apalagi tak ada di Indonesia, maka pikir-pikir lagi untuk membelinya. Kita memang tak menginginkan laptop yang telah kita beli bermasalah, namun sebagai langkah antisipasi, poin ini mesti diperhatikan baik-baik.

Brand yang memberikan layanan purna jual yang baik cukup banyak. Namun jika kita mendengar nama Acer, maka yang terbayang adalah produk laptop yang jaringannya sudah tersebar dimana-mana. Acer memberikan layanan purna jual yang baik, termasuk waktu servis yang lebih cepat dari brand lainnya. Tapi hati-hati jika membeli laptop, termasuk laptop Acer. Pastikan garansinya masih sesuai dengan yang dijanjikan. Coba dilihat lagi daftar harga laptop acer MatahariMall terbaru untuk memastikannya.

Untuk itu, sebaiknya belilah laptop di tempat yang resmi. Jangan karena iming-iming dikson besar kita melupakan soal keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja. Hemat boleh, tapi jangan sampai kita mengabaikan masa depan perangkat yang bakal menemani hari-hari kita. Untuk itu, beli saja di MatahariMall, selain pasti resmi, harganya bersaing, disini juga kita tak dipusingkan dengan tambahan ongkos kirim yang bakal membuat budget membengkak.

Kalau boleh menyarankan, Acer bisa menjadi pilihan. Karena selain tiga tips diatas terpenuhi, juga menyediakan harga yang bersaing. Yakin deh, nggak bakal buat kantong jebol. Coba dilihat lagi daftar harganya, karena selain sudah murah, ada potongan harga lagi kalau belinya di MatahariMall. Harga laptop Acer Aspire s100x misalnya, hanya dibanderol Rp.4 juta, setelah kena potongan harga Rp.700 ribuan. Lebih hemat kan? Makanya, yuk, belanja laptopnya di MatahariMall saja.

Disclosure: Sponsored Post

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

2 comments


EmoticonEmoticon