Senin, 10 Oktober 2016

Menghemat Pengeluaran dengan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Saat ini memang sedang musim artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Setidaknya dalam kegiatan sehari-hari, kita memang telah disuguhi beberapa AI. Ada SIRI dari Apple, Cortana dari Windows, serta Google Assitant dari Google. Dan mungkin beberapa bulan lagi bakal muncul Viv dari Samsung. Tapi pernahkah mendengar ada AI yang bisa membantu kita menghemat uang? Jawabnya banyak.

Disadur dari Techcrunch, saya ambil tiga macam kecerdasan buatan yang memang dibuat khusus untuk tujuan menghemat pengeluaran kita. Kalau kata 'menghemat' terlalu ekstrim, maka aplikasi yang lebih layak disebut chatbot ini bakal mengatur uang kita. Jadi chatbot ini bakal lebih bermanfaat untuk kita yang sering kesulitan dalam mengatur pengeluaran. Lebih simpelnya, kita punya manajer keuangan sendiri tapi...dalam saku.


Langsung saja, di bawah ini bakal sedikit dijelaskan tentang Plum, Chip, dan Cleo. Tiga produk kecerdasan buatan yang dibuat khusus untuk mengatur pengeluaran kita.

1. Plum

Plum dibuat oleh duet Victor Trokoudes dan Alex Michael. Sayangnya, sebelum beranjak lebih lanjut, Plum ini masih belum benar-benar siap untuk diluncurkan secara publik. Posisinya saat ini baru beta-test terbatas di Inggris. Dan beberapa orang yang beruntung bakal mendapatkan undangan untuk mencoba aplikasi AI ini pada akhir Oktober sekarang. Mengapa Plum layak ditunggu?

Plum akan terintegrasi dengan Facebook Messenger, alih-alih membuat aplikasi percakapan sendiri. Cara kerjanya sederhana, Plum bakal mempelajari bagaimana kita menghabiskan uang dalam 3-12 bulan terakhir, lalu memprediksi berapa uang yang bakal dihabiskan setelahnya.


2. Chip

Chip dibuat oleh Simon Rabin dan Nick Ustinov. Tak seperti Plum, Chip memang mengembangkan aplikasinya sendiri dibanding mengikuti aplikasi percakapan lain yang sudah ada. Cara kerja dari Chip ini memang sama dengan Plum, yakni mempelajari terlebih dulu bagaimana dan berapa penggunanya menghabiskan uang.

Kelak Chip bakal membantu kita dalam menentukan pinjaman bank bahkan trading forex. Kali ini Chip sudah tersedia baik melalui PlayStore maupun AppStore. Langsung saja ke halaman unduhannya di https://getchip.uk/.

3. Cleo

Jika kita dibuat pusing dengan banyaknya nota belanja, sheets excel tentang hitung-hitungan keuangan, maka Cleo bisa menjadi alternatif. Cleo pun sudah kompleks. Jadi melalui aplikasi percakapan ini, kita bakal diberikan nasehat untuk menabung, deposito, investasi, dan produk keuangan lainnya yang disesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaran penggunanya. Silakan untuk yang mau lihat-lihat Cleo bisa ke https://www.meetcleo.com/.


Persamaan dari ketiga aplikasi diatas adalah terintegrasi dalam sebuah aplikasi percakapan. Bahkan untuk Cleo, setiap kali nasehat keuangan yang diberikan, tak akan lebih banyak dari 140 karakter. Dan yang unik lagi dari ketiganya, karena sifat khas dari kecerdasan buatan yang sedang berkembang saat ini, adalah mereka selayaknya teman. Jadi kita seringkali tak merasa sedang diajari. Dicoba, yuk.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.


EmoticonEmoticon