22 April 2017

5 Alasan Mengapa Beli Xiaomi Jadi Pilihan

Saat Nokia runtuh, mau tak mau kita mesti menyebut serbuan ponsel China yang masif menjadi salah satu penyebabnya. Dari peristiwa itu, kita pun jadi tahu betapa industri ponsel China mampu melakukan imitasi yang baik sehingga mampu menghadirkan ponsel yang lebih murah di pasaran. Tapi ponsel yang murah tadi berimbas pula pada kualitas yang diberikan.

Citra ponsel murah kualitas rendah itu pun masih berdampak pada ponsel-ponsel pintar buatan China yang hadir belakangan. Puluhan produsen China mau tidak mau berupaya menghilangkan citra ini dengan melakukan promosi yang cukup kencang. Bahkan beberapa diantaranya mesti mengubah ciri khas China yang menempel di namanya.

alasan membeli xiaomi

Tapi tiga tahun belakangan ini, pasar telekomunikasi dikejutkan dengan hadirnya Xiaomi. Produk China yang satu ini seolah-olah menerabas citra yang melekat tersebut. Bersama Huawei, mereka tetap memakai nama berunsur China. Xiaomi yang dibaca Shao-mi berarti padi kecil dalam bahasa China. Dan tentu saja yang paling menyenangkan adalah mereka tetap memberikan harga yang murah.

Oleh karenanya, Xiaomi bisa menjadi pertimbangan untuk ponsel pintar yang patut dibeli. Untuk mendukung hal tersebut, berikut beberapa alasan yang bisa saya sampaikan. Oh iya, artikel ini bukan sponsored post ya.


1. Murah

Alasan bahwa Xiaomi berharga murah tentu jadi yang pertama. Tapi pertanyaannya kemudian, mengapa Xiaomi bisa semurah yang ditawarkan sekarang? Mari saya ingatkan dengan perkataan Donovan Sung pada peluncuran Redmi Note 4 dan Redmi 4X di Jakarta awal April 2017. Donovan berkata, menghamburkan uang untuk iklan bukanlah gaya Xiaomi.

Promosi Xiaomi beredar dari mulut ke mulut, memaksimalkan situs resmi, media sosial, dan tentu saja komunitas Mi Fans.

2. Kualitas Terjaga

Harga yang murah dari ponsel Xiaomi ternyata tidak membuatnya menurunkan kualitas. Sebab murahnya harga yang ditawarkan Xiaomi telah terjawab di poin pertama tadi. Xiaomi tetap memakai Snapdragon yang sama dengan ponsel lain, bahkan ketika SoC yang dipakainya bukan buatan AS itu, dan harganya lebih murah, Xiaomi pun akan menurunkan harganya lagi.

3. Software lebih fleksibel

Pernah menemukan aplikasi yang tak bisa dihapus di ponsel yang baru dibeli? Nah, di Xiaomi memang banyak aplikasi pre-installed, tapi semuanya bisa dikostumisasi. Ini semua berkat keberadaan OS Android MIUMI yang dikembangkan Xiaomi. OS ini sangat fleksibel, dan lebih ringan dari OS Android satu versinya.

4. Root tanpa merusak garansi

Ya mungkin Xiaomi adalah satu-satunya pabrikan yang membolehkan perangkatnya di-root dan garansi pun tak hilang. Asal Android itu di-root dengan tetap mempertahankan MIUMI-nya. Hal ini bertujuan agar memancing developer untuk lebih banyak mengembangkan aplikasi bersama MIUMI.

5. Kamera lebih baik

Kamera milik Xiaomi bisa diadu dengan milik ponsel lain yang harganya sama, dan bahkan mega-pikselnya sama. Ini kembali lagi pada soal harga dan kualitas yang sudah diulas di poin pertama dan kedua.

Lantas, ponsel Xiaomi apa yang mesti anda beli? Yang mana saja sebenarnya, sebab semuanya masih dalam satu pabrikan. Hanya saja pertimbangan untuk membeli smartphone, akan selalu sama yaitu jangan tergiur promosi, kenali spesifikasi, dan yang paling penting banyaknya uang di dompet.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

8 comments

Hahaha ...tepat sekali..ya meskipun banyak yg pada komen masalah garansinya...tapi yaudahlah kualitasnya bisa diandalkan kok...salam bang Doel

ya layanan purna jualnya emang sedikit bermasalah sih, tapi worthy lah sama harganya :) gimana kabar mas Rois?

Xiaomi memang mantap gan, udah murah tapi spek dewa. Oh iya aku juga udah tulis artikel tentang xiaomi Pengalaman Pertama Menggunakan Xiaomi. Pokok nya 2 jempol deh!

sip... siap berkunjung

Saya juga pake xiaomi sudah hampir setahun ini. Atas anjuran suami sih. Awalnya sempat ragu tapi sekarang bener2 betah.
Trims :)

nambah satu lagi Mi Fans nih :)

Semenjak Android ana rusak, jadi pengen beli Android Xiaomi (p)
Thanks arahannya nih, jadi tambah percaya Xiaomi (o)

Sama-sama mas, semoga artikel ini nggak dianggap promosi ya :)


EmoticonEmoticon