31 Mei 2017

Mengenal Essential, Smartphone Pertama dari Pencipta Android

Andy Rubin adalah sosok penting dibalik sistem operasi sejuta umat, Android. Sebab pria berusia 54 tahun ini menjadi pencipta dari sistem operasi ponsel pintar yang paling banyak dipakai ini. Lewat Android Inc. Andy mendapatkan 17 paten dari penemuannya. Kemudian Google datang pada 2005, mengakuisisi Android Inc. dan menjadikan lulusan Utica College New York ini sebagai orang penting di bidang mobile dan digital content Google.

Google mencopot Andy Rubin dari jabatan tersebut dan menggantinya dengan Sundar Pichai, yang kini jadi orang nomor satu di situ. Andy dilempar ke bagian robotika, sebuah divisi yang memang baru dimulai oleh Google. Namun setahun kemudian, Andy Rubin resmi hengkang dari Google setelah sembilan tahun mengabdi. Ia pun mandiri, memulai segalanya dari awal sejak 2014, dengan mendirikan perusahaan rintisan alias start-up bernama Essential Products.

Andy Rubin, sang pencipta Android dan ponsel ciptaannya, Essential.

Essential Phone

Meski berjuluk start-up, Essential itu dimulai oleh pembuat Android. Sosok yang jauh dari kesan newbie. Tiga tahun setelahnya, start-up ini mampu membuat ponsel pintar yang kini sedang trending. Ya, Essential Phone namanya. Sebuah ponsel yang sempat dibocorkan di Twitter Andy Rubin sendiri, dan kini hadir secara nyata dengan spesifikasi dan harganya.

Essential Phone mengadopsi ekosistem modular, sebuah konsep yang membuat komponen ponsel bisa dibongkar-pasang. Selain itu ponsel yang dibuat secara ambisius tersebut memiliki tampilan yang mencolok sebab lain dari desain yang ada di pasaran.

Kalau melihat sekilas, maka akan tampak sebuah layar yang hampir tanpa bezel. Bahkan layar ini sangat unik, sebab ia menerabas ruang yang sedianya diperuntukkan bagi kamera depan. Sehingga kamera depan ini terlihat bak teluk dalam istilah maritim. Essential betul-betul memaksimalkan ruang display, sehingga di sisi kiri dan kanan yang agak kosong, dipakai untuk ikon notifikasi. Cerdas.

Dengan lebar display 5,7 inci, Essential melindunginya dengan Gorilla Glass 5. Layar tersebut tentu oleh pabrikannya diklaim tahan jatuh dari ketinggian 1 meter. Namun tak cukup sampai disitu, Essential memberinya bodi titanium. Ya, logam yang diklaim paling keras yang tersedia di pasaran saat ini akan menjadi casing bawaan Essential. Sehingga akan membuat ponsel ini mampu bertahan ketika terjadi benturan.

Alasan mengapa bagian luar perlu diproteksi dengan baik adalah jeroannya yang memang aduhai. Sebab dihuni oleh Snapdragon 835 dengan Adreno 540 sebagai otak grafis dan RAM 4 GB. Untuk bagian penyimpanan, Essential memberinya kapasitas yang besar yakni 128 GB. Kapasitas dan spesifikasi ini memang dibangun sedemikian rupa, sebab ada fitur-fitur unggulan yang perlu didukung oleh jeroan yang terbilang jagoan.

Sebab ponsel ini mampu merekam video 4K yang tentu saja akan menghasilkan hasil yang berkapasitas jumbo. Dan ditambah pula daya jepret yang juga aduhai. Karena kedua fitur ini dimiliki oleh kamera depan 8M dan bagian belakang ada dual-camera yang masing-masing punya sensor sebesar 13 MP dengan f/1,85, mirip dengan yang dimiliki Huawei P9. Jika kamera bawaannya kurang besar, Essential menambahkan dengan kamera modular, yakni kamera 360 derajat yang mampu merekam dengan jenis video UHD (3840 x 1920) dengan kemampuan rekam 30 fps.

Dengan fitur yang dimiliki ini, Essential menjamin penggunanya tidak akan kehabisan daya, sebab meski mengusung jeroan yang premium ponsel ini punya baterai 3,040 mAH. Untuk pengisiannya, disediakan USB Type-C, yang selain berfungsi mengisi daya juga tersedia untuk adaptor sound, sebab tak ada headphone jack yang disediakan olehnya.

Kalau melihat spesifikasi dan desain yang diberikan, sekilas memang tak ada yang istimewa meski ponsel ini diciptakan oleh 'sang Bapak Android'. Namun boleh jadi keistimewaannya justru ketika ponsel ini sudah dipakai. Sebab Andy Rubin adalah kreator Android, dan selayaknya pula ia tahu persis apa yang cocok dan yang perlu dipasang untuk menghasilkan performa terbaik bagi ponsel yang memakai sistem operasi ciptaannya ini.

Ponsel yang meluncur dengan sistem operasi Android 7.1.1 ini, menurut The Verge, akan diluncurkan beberapa bulan ke depan. Namun ponsel ini sudah bisa dipesan sekarang di situs Essential dengan harga $699 dan $749 jika dengan kamera 360 tambahan. Oh iya, tersedia empat pilihan warna, yakni Black Moon, Stellar Grey, Pure White, dan Ocean Depths. Namun saat ini hanya tersedia hitam dan putih saja.

SILAKAN TINGGALKAN KOMENTAR KAMU


EmoticonEmoticon