13 September 2017

10 Kecanggihan Ini Hadir Pertama Kali di iPhone X

Dari Steve Jobs Theater, Cupertino, Apple akhirnya merilis gawai yang paling dinanti penggemarnya. Tak tanggung-tanggung, dari markas besar Apple di Amerika Serikat ini, Apple menelurkan tiga ponsel pintar sekaligus, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Nah, nama yang terakhir memang gawai nan spesial dari Apple. Sebab iPhone X merupakan sebuah gawai penanda kalau iPhone sudah berusia sepuluh tahun sejak generasi pertama dikenalkan Apple pada 29 Juni 2007. Jadi simbol 'X' disitu merupakan bilangan Romawi yang berarti sepuluh.

Sepuluh tahun perjalanan iPhone memang menjadi dekade penuh perjuangan. Sebab dari data Bloomberg, nilai perusahaan Apple masih berada di posisi ke-70 saat iPhone dibuat pertama kali. Dan sepuluh tahun setelahnya, tepatnya per-3 September 2017, Apple memuncaki perusahaan apapun di dunia ini dengan nilai $800 milyar. Well done, Apple.

Itulah mengapa, iPhone X ini menjadi istimewa, sebab kehadirannya sekaligus sebagai penanda keberhasilan Apple bukan hanya di industri teknologi, namun dalam industri apapun di dunia ini. Dan tak cuma itu saja, ada sepuluh macam hal yang menjadikan iPhone X istimewa. Sebab kesepuluh macam itu merupakan pionir dalam industri gawai pintar.



1. Saat industri ponsel sedang mengembangkan irish scanner, Apple hadir dengan Face ID.


Pemindaian muka memang bukan yang pertama. Yang kita tahu, Snapchat boleh dibilang menjadi pionir dalam membuat fitur yang satu ini. Kemudian banyak yang mengikutinya, hingga kini Facebook pun tak ketinggalan. Namun siapa yang menggunakan sensor wajah sebagai pembuka ponsel? Tentu jawabnya Apple lewat iPhone X.

Apple membuat pemindaian wajah selangkah lebih maju, sebab pertama kalinya teknologi ini digunakan sebagai pengaman ponsel. Pemindaian 3D ini tentu tak bisa disamakan dengan irish scanner. Karena meski dalam posisi gelap, sensor Face ID tetap mampu membaca wajah dan membuka ponsel.

2. Animoji yang membawa emoji ke level yang lebih tinggi.


Android Oreo boleh memperbarui emoji dengan beragam karakter yang sungguh menarik. Namun ketika Animoji keluar, emoji apapun yang ada saat ini bakal kelihatan garing dan jadul. Pasalnya, emoji yang dibenamkan Apple dalam iPhone X ini merupakan turunan dari pemindaian wajah yang digunakan dalam Face ID.

Pengguna bisa memindai mukanya sendiri dan oleh iPhone X bakal diubah ke dalam emoji yang bisa menyesuaikan mimik mukanya. Animoji akan menyesuaikan gerakan bicara pengguna, sebab fitur ini mampu beradaptasi dengan gerakan 50 otot muka manusia.

3. Selfie bokeh? Cuma ada di iPhone X.


Meski spesifikasi kamera depan iPhone X hanya 7 megapiksel, nyatanya performa barang bikinan Apple selalu bisa diadu dengan merek lain yang angkanya lebih tinggi. Begitupun kali ini. Kamera depan iPhone X yang hanya 7 MP ini dibekali dengan fitur TrueDepth.

Kalau selama ini kita disuguhi bokeh-bokehan ala fitur kamera kekinian, lewat TrueDepth pengguna bisa selfie dengan latar belakang yang blur dengan objek yang tetap tajam. Dan percaya atau tidak, fitur ini merupakan yang pertama juga.

4. Pencahayaan foto potret, membuat pengguna iPhone X bak fotografer profesional.



Fitur foto potret Apple dinamakan Portrait Lighting. Ya, pencahayaan foto potret. Lupakan sejenak Portrait Mode pada ponsel yang lain, sebab Portrait Lighting bakal membuat siapapun layaknya fotografer profesional dengan pencahayaan nan artistik.

5. Video 4k dalam 60 fps.


Apple memang sudah membenamkan kecanggihan tampilan dan perekaman video 4k. Namun dalam iPhone X, Apple memperbaikinya sehingga mampu bergerak di kecepatan 60 fps. Kabar baik buat para pegiat videografi.

6. Slo-mo pada video 1080p dengan 240 fps.



Pada iPhone 7, Apple memang telah memberikan teknologi yang mampu menghadirkan kemampuan perekaman hingga bisa membuat slow motion. Namun kala itu, iPhone 7 baru sampai merekam pada kecepatan 120 fps di resolusi 1080p. Nah, iPhone X lebih tinggi lagi, yakni sudah pada kecepatan 240 fps.

7. Chipset yang canggih.

Chipset A11 yang dipasang Apple pada iPhone X, iPhone 8 dan 8 Plus, ternyata memiliki kelebihan pada dukungan untuk neural engine. Neural engine inilah yang memungkinkan teknologi pemindaian wajah pada Face ID serta Animoji bisa terwujud. Tak cuma itu, kelak para pengembang bakal beradaptasi dengan chipset ini untuk menciptakan perangkat lunak yang sesuai.

8. Ponsel pertama yang tak memiliki 'dagu'.



Kalau tampilan ponsel adalah wajah manusia, maka iPhone X merupakan yang pertama tanpa dagu. Iya, silakan cek lagi seluruh ponsel bezel-less yang beredar di pasaran saat ini, semuanya masih memiliki dagu. Maksud dagu ini adalah bagian sisa yang berada di bawah layar. iPhone X is totally bezel-less.

9. Quad-LED True Tone Flash dengan Slow Sync.


Fitur ini sebenarnya sudah hadir sejak iPhone 7. Namun kali ini ada Slow Sync yang membedakannya. Seperti apa sih fitur ini?

Jadi begini, pernah nggak ketika memotret objek di kondisi sedikit gelap, misalnya sore hari, latar belakang akan tampak terang sebab masih ada sedikit cahaya matahari. Sehingga pengguna bakal memberikan flash untuk menerangi obyek tersebut. Sayangnya, setelah cahaya flash diberikan, latar belakang yang tadinya terang justru gelap akibat sensor hanya merekam cahaya dari flash saja.

Nah, lewat fitur ini, baik obyek maupun latar belakang akan mendapatkan porsi cahaya yang sama. Karena sensor akan menyinkronkannya. Meski fitur ini sederhana, faktanya iPhone X jadi yang pertama menerapkannya.

10. Display yang menyesuaikan dengan pencahayaan sekitar.

iPad menjadi yang pertama dalam menerapkan fitur ini. Fitur yang dinamakan dengan True Tone ini akan membuat layar ponsel menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya. Ya kalau ada di tempat yang terang, layar ponsel ini akan meredup, begitu juga sebaliknya. Dan meski bukan yang pertama, tapi di ranah industri ponsel, iPhone X jadi yang pertama bersamaan dengan iPhone 8 dan 8 Plus.

Spesifikasi dan harga iPhone X

Spesifikasi iPhone X sendiri, seperti iPhone pada umumnya, berada pada ranah flagship. Semuanya kelas satu. Mulai dari chipset A11 heksa core dengan co-processor M11, RAM 3GB, dua pilihan penyimpanan 64 GB atau 256 GB, layar Super AMOLED 5,8 inci. Berapa harganya?

Ada dua pilihan warna yang diberikan Apple untuk iPhone X, yakni Silver dan Space Gray. Harga yang ditawarkan pun hot sekali, yakni mulai dari $999 atau setara dengan Rp.13 juta. Berminat?

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

6 comments

bikin ngiler sih, tapi harganya -_-

iya mas, harga iphone x kemungkinan bisa nyampe 14juta nih.
#mendingxiaomi atau #asusaja :)

Whatt?
Gila benar.
Kalau harga tinggal nunggu melorot dulu baru bisa beli. 😂

face scanner sepertinya samsung lebih dulu. Dan face scanner tidak secure karena bisa dengan gampang unlock dengan foto si owner

itulah mengapa face ID ini jadi yg pertama, sebab pola pengenalan wajahnya berbeda dengan samsung.

bisa dibaca lebih lanjut disini: https://www.androidcentral.com/differences-between-samsung-and-apple-face-unlocking


EmoticonEmoticon