30 November 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan -- Pertamina merupakan pemain utama dalam produksi energi Indonesia. Julukan ini disematkan karena Pertamina merupakan perusahaan di bidang energi dengan status plat merah. Namun pasokan energi yang didapat negara ini dari Pertamina baru sebesar 24 persen, sehingga butuh penguatan agar kedaulatan energi di negeri ini paripurna. Para pemegang kebijakan di tingkat pusat sudah bersiap merevisi UU No 22 tahun 2001 tentang Migas, agar Pertamina sebagai National Oil Company (NOC) bertambah kuat. Tapi apa yang harus kita lakukan di level bawah?

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Pertamina adalah solusi untuk bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan
Saya kembali menengok warung kecil-kecilan yang saya kelola di garasi rumah. Salah satu komoditas jualan dari warung ini adalah gas LPG. Sejak beberapa tahun terakhir hingga tengah tahun pertama di tahun 2016, pasokan gas LPG 3 kg yang saya dapatkan dari agen lancar-lancar saja. Namun memasuki tengah tahun yang kedua, pasokan itu mulai tersendat-sendat.

Banyak pelanggan yang mulai mengeluhkan kelangkaan ini. Sebabnya ini tak hanya terjadi di warung saya saja, di warung-warung sekitar kompleks, sepanjang jalan, dan bahkan di pangkalan sendiri, kelangkaan ini terjadi.

Saya tak terlalu paham dengan kelangkaan yang menimpa LPG 3 kg ini. Namun ada hal yang paling saya ingat mengenai tabung yang dijuluki gas melon tersebut. Beberapa waktu sebelumnya, ada tulisan yang menyertai badan tabung yang berbunyi "hanya untuk masyarakat miskin". Tulisan tersebut menegaskan bahwa tabung ini merupakan tabung subsidi, sehingga harga empat tabung 3 kg, memang masih lebih murah dibandingkan dengan tabung 12 kg.

Jadi kalau Pertamina berupaya mengurangi pasokan terhadap tabung 3 kg, wajar sih. Karena gas bersubsidi lebih baik diberikan kepada mereka yang lebih berhak. Layaknya kenyinyiran kita kala melihat mobil mewah yang antri premium di SPBU, maka hal yang sama pun selayaknya berlaku bagi keluarga yang mampu secara ekonomi ketika membeli gas bersubsidi. Dan inilah letak dukungan kita agar Pertamina mampu meningkatkan pasokan energinya terhadap negeri.

Pada saat yang sama, Pertamina memang sedang dituntut untuk menghadirkan sumber energi bagi rumah tangga yang berkualitas sekaligus juga ramah lingkungan.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Bright Gas

Pertamina memang tidak sewenang-wenang dalam memangkas pasokan gas 3 kg yang masih banyak dipakai oleh masyarakat. Pelan tapi pasti, konsumen yang mampu diminta untuk beralih ke Bright Gas. Jenis LPG yang satu ini memang bright alias cerah, karena memakai warna tabung yang warnanya cukup menolok, yakni merah mudah dan ungu terang.

Keluhan tentang tidak terjangkaunya LPG 12 kg telah disiasati oleh Pertamina dengan hadirnya Bright Gas 5,5 kg. Ditambah lagi, ukuran tabung yang tak begitu besar membuat jenis tabung ini bisa menjadi pengganti yang baik. Jadi jika anda yang terbiasa dengan kecilnya gas 3 kg, maka Bright Gas 5,5 kg bisa membantu kebiasaan tersebut. Inilah solusi yang berusaha ditawarkan oleh Pertamina.

Namun apa sih hal yang paling krusial dari Bright Gas ini?

Kita tentu masih ingat program konversi energi dari minyak tanah ke gas. Sumber energi rumah tangga yang berkualitas dan ramah lingkungan seperti gas ini memang pada awalnya begitu kontroversial. Banyak masyarakat yang menolak. Apalagi beberapa kejadian di awal-awal penerapan konversi ini banyak terjadi ledakan gas di berbagai tempat.

Kasus ledakan gas rumah tangga tersebut sebenarnya sering disebabkan oleh kebocoran selang maupun regulator yang tidak segera tertangani dengan baik. Gas terkonsentrasi pada ruangan tertutup dan dipicu oleh bunga api yang bersumber dari listrik maupun sumber api lainnya.

Ada juga keluhan yang diungkapkan konsumen ketika membeli gas 3 kg. Keluhan yang banyak diutarakan terkait dengan kondisi karet di dalam valve body yang tidak terpasang dengan baik atau kondisinya buruk sehingga menyebabkan regulator tidak terpasang dengan sempurna. Inilah yang menyebabkan banyak kebocoran gas dan di beberapa tempat menyebabkan ledakan yang memakan korban.

Menyikapi hal ini, Pertamina memberikan teknologi katup ganda DSVS (Double Spindle Valve System). Teknologi ini memungkinkan Bright Gas punya pengaman ganda untuk mencegah kebocoran gas pada kepala tabung dan ketika regulator tersambung. Pertamina juga memberikan segel pengaman guna menghindari pemalsuan Bright Gas di pasaran. Segel ini dilengkapi hologram agar pihak-pihak yang  jahil mengalami kesulitan melakukan pengurangan isi tabung dan melakukan pemalsuan segel. Jadi selain lebih berkualitas, Bright Gas tergolong LPG aman.

Untuk soal harga, meski tak semurah gas bersubsidi, tetap saja Bright Gas hemat. Karena Pertamina menawarkan pilihan 5,5 kg agar masyarakat yang juga terbiasa dengan harga gas 3 kg bisa menjangkaunya. Harga Bright Gas 5,5 kg di pasaran saat ini berkisar di harga Rp.70.000,- untuk isinya saja. Jika dibandingkan dengan gas 3 kg memang jauh harganya. Untuk harga gas 3 kg di pasaran saat ini berkisar Rp.20.000,- hingga Rp.25.000,-, dan kalau pun beli dua tabung dengan berat total menjadi 6 kg, maka hanya membayar Rp.50.000,- saja. Artinya ada subsidi pemerintah sebesar lebih dari Rp.10.000,- untuk satu tabung 3 kg.

Untuk Bright Gas ini, Pertamina membuka layanan Bright Gas layan antar. Untuk layanan ini, setiap agen memang memilik armada layanan pesan-antar bagi pembeli dalam jumlah banyak. Nah, khusus Bright Gas, anda bisa memakai layanan ini meski belinya cuma satu tabung. Pertamina mematok harga maksimal untuk layanan ini sebesar Rp.8.000,-. Jadi kalau harganya Rp.70.000,-. maka agar agen mengantar langsung ke tempat anda, harga yang dibayar maksimal adalah Rp.78.000,-. Bisa jadi di agen LPG yang dekat rumah anda, layanan antarnya bisa lebih murah.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Penutup

Bright Gas 5,5 kg memang bisa menjadi primadona yang memberikan metode win-win solution bagi ketersediaan energi rumah tangga. Pemerintah sendiri bisa mengalihkan subsidinya untuk mendukung Pertamina sebagai perusahaan minyak nasional untuk mencukupi kebutuhan energi dalam negeri. Sementara itu, di kalangan masyarakat telah tersedia bahan bakar yang berkualitas dan ramah lingkungan. Yuk, beralih ke Bright Gas.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

12 comments

sepertinya selain bright gas juga sudah adal jalur2 pipa gas menuju rumah2

Betul mbak, tapi daerah2 tertentu aja ya..

Mantap mas, semoga menang :)

Ini lomba SEO ya?

Betul, sob. Pertamina yg ngadain

Harga tabung gasnya mahal ya meski bright gas.

bright gas kan nggak subsidi

Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan semoga jadi kenyataan.

saya sih percaya pertamina bisa bikin bahan bakar yang murah, berkualitas, dan ramah lingkungan, tapi dengan tren pengambilalihan kilang belakangan ini, apa iya pertamina mampu bersaing?

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon