19 Februari 2017

Advan G1, Smartphone Lokal Berkamera Setara iPhone


Advan G1 telah bergema setidaknya pertengahan 2016 silam. Medio Agustus di tahun yang sama, pihak Advan memang telah menyebut-nyebut kalau pasar Indonesia akan diramaikan oleh kehadiran smartphone unggulan dari brand yang diklaim asli Indonesia ini. Dan tempo hari, pada Jum'at (17/02) bertempat di studio RCTI, Advan G1 resmi diluncurkan.

Sebagaimana layaknya pasar barang-barang sekunder, pasar smartphone pun punya ciri yang sama. Konsumen hanya melirik apabila sebuah produk punya ciri khas, unik, dan harganya bersaing. Lalu apa ciri khas dari Advan G1 sehingga brand yang menginduk pada PT Intech Surya Abadi ini optimis terhadap raihan targetnya?


Ramainya tuntutan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) oleh pemerintah membuat produsen smartphone, baik lokal apalagi luar negeri mesti memutar otak untuk memasarkan perangkat 4G mereka ke Indonesia. Tak terkecuali Advan. Meski menyandang sebagai brand lokal, namun tetap saja tidak seluruhnya jeroan perangkat itu bisa diproduksi di dalam negeri. Saat ini Advan baru memenuhi TKDN hanya 20 persen. Nah, agar punya ciri khas dan keunikan sekaligus mampu menambah persentase TKDN, Advan pun menjawabnya dengan Advan G1.

Advan G1 menggunakan sistem operasi yang asli Indonesia. Sistem operasi ini diberi nama IDOS alias Indonesia Operating System. Eh, sebenarnya nggak asli banget sih. Jadi sistem operasi yang sudah diluncurkan semenjak launching Advan Barca Hifi M6 pada 2015 silam ini merupakan modifikasi dari sistem operasi sejuta umat, Android. Kalau Barca Hifi memakai Android Kitkat, Advan G1 memodifikasi Android Marshmallow.

Pihak Advan sendiri, sebagaimana dikutip di berbagai media, mengklaim kalau IDOS ini merupakan penyesuaian terhadap kebiasaan orang Indonesia dalam menggunakan smartphone. Sebab, sebelum memproduksi smartphone ini, Advan telah melakukan riset mendalam, yang salah satunya adalah menyebarkan angket kepada pengguna smartphone.

Meski begitu, IDOS bukan satu-satunya ciri khas dari Advan G1, sebab untuk meramaikan pasar smartphone kekinian dibutuhkan penetrasi dari sisi kamera. Nah, Advan G1 kameranya memang standar keumuman smartphone saat ini, yakni 'cuma' 13 MP kamera belakang dan 8 MP kamera depan. Namun jika ditengok jeroannya, Advan G1 dibekali dengan lensa Largan. Sebuah lensa yang diproduksi oleh pabrikan asal Taiwan, Largan Precision, yang dikenal dengan keunggulan hasil jepretannya. Largan Precision pun merupakan mitra dari Apple untuk memperkuat kamera iPhone. Dan kamera yang dimiliki Advan G1 ini diklaim setara dengan iPhone 6s.


Advan G1 mengusun body yang sedang tren di ranah smartphone, sebab jika dilihat sekilas bodinya mirip-mirip Asus Zenfone 3, mirip juga dengan Vivo V5, hampir sama pula dengan Oppo F1s, dan memang mirip dengan smartphone yang lainnya lagi. Ya begitulah kalau sedang tren. Mungkin desainernya sama kali ya. Tapi kelebihan Advan G1 adalah komposisi bodinya benar-benar hampir seluruhnya terbalut dengan metal. iPhone yang 95 % metal pun kalah, sebab Advan G1 diklaim bodinya 98 % metal.

Sayangnya, layar Advan G1 belum full HD. Sementara jika ditengok harga yang ditawarkan, semestinya layar yang diusung sudah diatas 1280x720p. Untunglah Advan G1 terbantu dengan dukungan layar IPS selebar 5 inci, dan dibekali dengan fitur 2,5D. Fitur 2,5D adalah fitur lengkungan pinggir yang dipakai oleh Samsung Galaxy S7 Edge. Jadi layarnya tidak datar, tapi menyisakan lengkungan di samping sehingga cukup tahan jika benturan dan menyisakan tampilan layar yang unik.

Inilah spesifikasi lengkap yang ditawarkan Advan G1

SpesifikasiAdvan G1
LayarIPS 5 inci; 720x1280 piksel
Fitur lengkung 2,5D
ProsesorChipset Mediatek MT8735
CPU Quad-core 1.0GHz Cortex-A53
GPU Mali MT720MP
MemoriInternal 16GB
Eksternal up to 128GB
RAM 3GB
KameraKamera Utama 13 MP, Autofocus, LED flash
Kamera Depan 8 MP
Sistem OperasiAndroid Marshmallow 6.0
IDOS (Indonesia Operating System)
BateraiNon-removable, Li-on 2600 mAh
Fast Charging

Berbeda dengan smartphone yang lain, Advan G1 dalam satu bundle-nya terdapat box terpisah yang berisi earphone. Kabarnya, earphone-nya sendiri berharga Rp.500 ribuan. Sementara seperangkat Advan G1 menurut klaim Advan sendiri berharga hampir Rp.7 jutaan.

Lantas berapa harga yang dibanderol untuk meminang Advan G1? Berikut ini harga di dua e-commerce lokal. Harganya memang berbeda sedikit, namun Lazada memberikan bonus berupa voucher MAP sebesar Rp.200.000,- yang bisa ditukar di berbagai offline merchant. Ini dia harga yang ditawarkan:

Harga Advan G1 Rp.2.299.000,-Harga Advan G1 Rp.2.155.000,-
Klik logonya untuk melihat harga selengkapnya.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Mahal juga ya.. Hehe. Tapi sebanding jugalah sama kualifikasinya. hm

tapi sekarang udah turun katanya sih

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon