23 Maret 2017

Mengenal Dual-Camera Pada Smartphone Kekinian


Dual-camera yang dibenamkan pada smartphone keluaran terbaru memang menjadi penarik minat pengguna gadget. Sebab dengan memakai dual-camera, sebuah smartphone diklaim memiliki kecanggihan di sisi kamera yang setara kamera DSLR. Mengapa muncul klaim seperti ini?

Kamera ganda yang menghasilkan satu gambar, atau lumrah disebut dual-camera, sebenarnya memang dua kamera yang berbeda. Masing-masing kamera tersebut memiliki sensor sendiri, yang boleh jadi ukurannya tidak sama. Teknis kerjanya menyerupai cara kerja mata manusia, dimana dua bola mata menyuplai satu citra gambar yang menyatu dalam otak.


Hanya saja, kesempurnaan mata ciptaan Tuhan memang tidak bisa disamai. Selain penyerapan cahaya yang masih jauh berbeda, dua kamera itu saling ketergantungan satu sama lain. Sehingga jika salah satu dari dua kamera itu tak berfungsi, maka akan terjadi gangguan fungsi pengambilan gambar yang cukup serius. Dua kamera itu terdiri dari satu kamera utama yang berfungsi menangkap citra objek, dan ini biasanya memiliki sensor yang lebih besar. Dan kamera yang satu lagi bertugas menangkap kedalaman ruang (depth of field/kedalaman ruang). Tapi pembagian tugas kedua kamera ini tergantung dari vendor pembuat smartphone.

Apa smartphone pertama yang menggunakan dual camera? iPhone 7 Plus? Hmmm... kurang tepat. Smartphone pertama yang memakai dual camera adalah LG Optimus 3D yang dirilis pada Februari 2011, disusul kemudian HTC Evo 3D yang dirilis sebulan setelahnya.

Tentu produsen smartphone tak mau bersusah payah menambahkan kamera tambahan demi menghasilkan sebuah bidikan, jika tak ada manfaatnya. Sebab diketahui ada cukup banyak kelebihan yang dimiliki dari dual camera ini. Berikut diantaranya:

1. Lebih cepat dalam mencari titik fokus.
2. Memberikan kedalaman ruang gambar (depth of field/dof) yang lebih baik.
3. Dalam kondisi low-light, dual camera tetap bisa memotret dengan baik.

Sayangnya, tak ada gading yang tidak retak. Dual camera tetap saja memiliki sisi lemah dengan beragam kelebihannya. Dari beragam sumber, kabarnya smartphone dengan dual camera ini kurang bagus dalam merekam video.

Meski ada yang bilang kurang bagus, tetap saja dual camera masih unggul dibandingkan dengan kamera konvensional. Buktinya, smartphone flagship rama-ramai dibekali dengan dual camera. Yang belum dibekali dengan kamera ini, kayaknya ketinggalan kereta.

Di bawah ini ada daftar smartphone yang sudah dibekali dengan dual camera. Beberapa diantaranya tidak dipasarkan di Indonesia, dan bahkan ada juga yang belum dirilis.

360 Q5
360 Q5 Plus
360 N4A
Asus Z01HDA
Asus ZenFone 3 Zoom
Bluboo Dual
Coolpad Cool 1
Doogee Shoot 1
Elephone P9000 Edge
Gionee S9
Gionee S9T
Gionee M2017
Gionee A1 (dual camera di depan)
HTC Butterfly 3
HTC Evo 3D
HTC One M8
HTC 11 (belum rilis)
Huawei Honor 6 Plus
Huawei Honor 6X
Huawei Honor 8
Huawei Honor V8
Huawei Honor V9
Huawei P9
Huawei P9 Plus
Huawei Mate 9
Huawei Mate 9 Pro
iPhone 7 Plus
iPhone 8 (belum rilis)
LeEco Cool1 dual
LeEco Le X850
LeEco Le 2S Dual
LeEco X10 (dual camera di depan)
Lenovo Vibe S1 (dual camera di depan)
Lenovo Vibe S1 (dual camera di depan)
Lenovo Phab2 Plus
LG G5
LG G6
LG V10 (dual camera di depan)
LG V20
LG V30 (depan dan belakang dual camera semua)
LG X Cam
Meizu X
Moto X (2016)
Nokia C1
Oppo Find 9
Oppo F3 Plus (dual camera di depan)
Oppo 5X
OnePlus 3 Plus (belum rilis)
Qiku Q Terra
Samsung Galaxy S8 (belum rilis)
Sony Xperia M Ultra (belum rilis)
TCL 598
Tecno Phantom 6 Plus
Ulephone Gemini
Vivo X9 (dual camera di depan)
Vivo X9 Play (dual camera di depan)
Vivo Xplay 6
Vivo V5 Plus (dual camera di depan)
Xiamoi Mi Note 2 (belum rilis)
Xiaomi Mi5s (belum rilis)
Xiaomi Mi 5s Plus (belum rilis)
Xiaomi Redmi Note 4 (upcoming)
Xiaomi Redmi Pro
Xiaomi Redmi Pro 2
XOLO Black
ZTE Axon Elite
ZTE Blade V8
ZTE Axon Lux
ZTE Axon Pro
ZTE Axon 7 Max
ZTE Grand X Max 2
ZTE Star 3

Apakah anda berminat untuk meminang smartphone dengan dual camera? Silakan pilih saja satu diantara daftar tersebut. Sebegai referensi harga, silakan berkunjung kesini saja.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon