20 April 2017

Sharp Kenalkan Aquos R, Ponsel dengan Snapdragon 835 dan AI


Sharp memang tak banyak berbicara di ranah industri ponsel. Market share pabrikan asal Jepang ini sering dihitung sebagai 'others' dalam statistik finansial. Itu berarti nilai market share-nya sering tidak siginifikan. Namun bukan berarti pabrikan yang pernah menelurkan 45 ponsel sepanjang karirnya ini putus inovasi.

Kali ini Sharp turun di kelas flagship, dengan mengenalkan ponsel ke-46 yang diberi nama Aquos R. Untuk sekelas ponsel premium rasanya pengenalan Aquos R ini tak begitu gegap gempita, terlebih jika dibandingkan dengan Samsung. Dan bahkan dengan Xiaomi yang meluncurkan Mi 6 pada hari yang bersamaan, serasa kalah gaung. Tapi begitulah Sharp.

Aquos R, Ponsel dengan Snapdragon 835 dan AI

Spesifikasi

Aquos R hadir dengan spesifikasi yang siap bertarung di kancah ponsel kelas wahid. Hal ini ditandai dengan pembenaman SoC Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 Octa-core dengan clockspeed 8x2.45GHz Kryo 280, dan grafis yang didukung oleh Adreno 540. Aquos R masih bertahan dengan RAm 4 GB, sementara ponsel flagship lain mulai bertahap di angka 6 GB.

Tampilan

Beralih ke tampilan, Aquos R dibekali dengan layar 5,3 inci 2K HDR IGZO yang berpendar di 120Hz. Sebuah body metal yang melengkung di sisinya pun membalut ponsel kebanggaan rakyat Jepang ini. Di sudut kiri bagian belakang terpampang kamera 22.6MP dengan bukaan f/1.9 dan didukung oleh OIS yang merupakan sebuah teknologi auto-fokus. Tak lupa pula, kamera depan pun mendapatkan porsi sensor yang cukup besar, yakni 16,3 MP.

Artificial Intelligence

Selain sensor sidik jari, baterai 3160 mAH dengan Quick Charge 3.0, dan Nougat 7.1, Aquos R punya fitur unggulan lain yang membuatnya layak bersaing di arena premium. Sharp telah mengembangkan asisten pribadi yang disebut Emopa. Kecerdasan buatan ini mampu menyediakan berita secara detail dan laporan cuaca berdasarkan lokasi pengguna. Kemudian Emopa akan membaca kebiasaan pengguna sebagaimana layaknya kecerdasan buatan lainnya. Dan Emopa tentu telah diinstal di Aquos R.

Emopa ini bukan satu-satunya hal yang menarik perhatian dari Aquos R. Ada lagi yang disebut dengan Robokuru, yakni sebuah fitur charging dock untuk. Robokuru akan berputar dan mengenali pemilik ponsel ketika ada panggilan masuk saat ponsel sedang diisi dayanya. Kalau mau mengaktifkan Emopa saat ponsel berada di Robokuru, pengguna cukup mengucapkan "Hello Emopa".

Ada fitur lainnya? Tentu saja, masih ada. Aquos R punya sertifikat IPX8 yang membuatnya tahan air dan IP6X yang membuatnya tahan debu. Sayangnya, belum ada banderol untuk ponsel canggih dari Sharp ini. Apalagi soal kabar bakal masuk Indonesia atau tidak. Tapi kita nantikan saja, dan tentu menyiapkan budgetnya jika berminat.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Fiturnya sih nggak kalah sama pabrikan samsung tapi mampu nggak ya menggeser dominasi samsung sudah kadung suka sama samsung kalau saya sih

Sharp kadung sudah kalah jauh market share-nya dibanding Samsung, mas. Jangankan lawan Samsung, lawan geng Oppo aja belum sanggup.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon