21 Desember 2017

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A, Si Ponsel Perusak Pasar


Banyak yang tercengang menyaksikan betapa percaya dirinya Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, yang hadir di Jakarta pada Rabu (20/12) mengenalkan smartphone terbaru dari Xiaomi, Redmi 5A. Kepercayaan diri itu diwujudkan dalam materi peluncuran smartphone Xiaomi terbaru ini dengan berani membandingkannya dengan smartphone dari merek sebelah yang memiliki spesifikasi yang hampir sama.


Keberanian itu pun diteruskan dengan pembanderolan harga yang sungguh diluar dugaan. Aset media sosial Xiaomi dan beberapa punggawa pengulas gadget di tanah air pun meluncurkan tebak-tebakan soal harga Redmi 5A. Dan rata-rata tebakan followers-nya salah! Termasuk saya. Saya menebak kalau dengan spesifikasi RAM 2GB dan memori 16GB apalagi didukung dengan Snapdragon 425, harga Redmi 5A bakal berkisar di angka Rp.1.299.000. Ternyata, Donovan Sung memunculkan harga yang fantastis rendahnya, yakni Rp.999.000. Ya, cuma sejuta!

Tepukan meriah Mi Fans menyambut harga yang terbilang rendah itu. Bahkan sebelumnya, Donovan Sung menyatakan kalau harga Redmi 5A di Indonesia ini lebih murah dibanding di negara asalnya, China. Di negeri tirai bambu, Redmi 5A dibanderol ¥ 630 atau sekitar Rp.1.300.000. Mengapa bisa lebih murah? Entahlah, Donovan Sung tak menjelaskan. Akan tetapi, kita bisa berasumsi kalau biaya perakitan di tanah air lebih murah dibandingkan dengan China.

Spesifikasi Redmi 5A

Redmi 5A dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-Core 1,4 GHz. Kemudian RAM 2 GB dan memori 16 GB. Komponen hardware ini menjadi bekal yang cukup bagi Xiaomi untuk menerapkan MIUI 9 berbasis Android Nougat 7.1. Sehingga ada banyak fitur dari Android Nougat yang bisa diterapkan dalam ponsel yang tergolong entry-level ini, misalnya mode split screen.

Baterai 3000mAh dirasa cukup untuk menunjang komponen hardware tersebut. Xiaomi pun mengklaim kalau smartphone ini sanggup diajak melakukan talk-time 3G hingga 21 jam. Ini berarti kalau ditambah cekrak-cekrek lewat kamera 13 MP dengan PDAF maupun selfie lewat kamera depan yang 5 MP, rasanya durasi itu bakal berkurang.

Untuk fasilitas SIM Card, Redmi 5A pun bukan penganut hybrid, sehingga pengguna jaman now yang memiliki kartu SIM lebih dari satu tak harus bergantian dengan Micro SD. Redmi 5A memiliki dua slot. Slot pertama menampung satu kartu nano-SIM, dan slot kedua menampung satu Micro SD dan satu nano-SIM.

Baca juga: Mengapa Harga Ponsel Xiaomi Bisa Murah?

Soal body, Xiaomi Redmi 5A memang setipe dengan Xiaomi yang lainnya di level yang serupa. Dengan balutan metallic matte finish yang tak meninggalkan sidik jari, serta dukungan layar HD berukuran 5 inci, Redmi 5A wajar mengklaim dirinya sebagai rajanya smartphone entry-level saat ini. Mau bukti?

Keberanian Membandingkan

Saat ini brand smartphone memang sedang musim membanding-bandingkan perangkat satu dengan yang lain. Tak terkecuali dengan Xiaomi. Tak kurang ada dua jenis smartphone yang dibandingkan dengan Redmi 5A. Yang pertama jenis smartphone top seller di entry-level, dan kedua di jenis smartphone harga sejuta.



Dari tabel yang terlihat, Redmi unggul memimpin keduanya, baik di top seller smartphone entry-level yang memunculkan Samsung J2 Prime dan Oppo A37 sebagai dua besar top seller. Kemudian smartphone harga sejuta dengan penantang Samsung J1 Ace dan lenovo Vibe C. Ya, Redmi unggul pada kedua jenis smartphone itu. Dan dengan kemunculan harga Redmi 5A yang cukup meledak itulah, Xiaomi sudah 'merusak' pasar smartphone di Indonesia lagi.

Identitas Xiaomi sebagai brand murah tapi tak murahan di tanah air memang mendapat tempat sendiri. Mi Fans yang saat ini berjumlah 273.228 menjadi pemasok utama keberhasilan tersebut hingga akhirnya Xiaomi mampu merebut tempat di lima besar market share di Indonesia versi riset IDC pada 2017. Xiaomi mendapat market share sebesar 6,2%.

Angka market share Xiaomi memang masih jauh dari Samsung yang masih memimpin di angka 30%. Tapi angka milik Xiaomi ini tak terpaut jauh dengan Vivo dan Oppo yang pengeluaran promosinya terlihat cukup fantastis. Untuk lebih lengkapnya, silakan dibaca artikel saya disini.

Redmi 5A memang baru hadir di pasar (baru Lazada, Mi Store, dan Indosat) pada 27 Desember 2017, tapi euforia pasca peluncuran begitu gegap gempita. Akankah Xiaomi terus merangsek dan memimpin pasar smartphone di tanah air? Ya kita lihat saja nanti.

Nah, sekarang kita bisa mulai membeli si ponsel perusak pasar ini. Pembeliannya memang ekslusif dipegang Lazada.

harga dan spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

6 comments

lagi rame nih... dan aku juga mupeng.... emmmm.. gak menguras kantong. padahal aku udah ngincer hape merek "hits" dengan spesifikasi yang gak jauh beda...


langsung belokkk

xiaomi menggoda banget bang, ngincer juga nih saya..

Gue juga make Xiaomi saat ini dan gue ngerasa puas banget sama hp ini, Redmi Note 4. :)

Untuk harga 999.000 itu sih udah cakep banget menurut gue.

Nah iya banyak yang kepincut di harga ya. Soalnya speknya memang bagus untuk harga segitu.

pas karna samsung gua rusak jadi nyari yg begian deh hehehehhehehee

Wah mantap mas, nunggu besok ya di Lazada

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon