20 Maret 2018

Cara Menghapus Akun Palsu di Facebook


Kemudahan registrasi Facebook yang tidak menyertakan identitas resmi membuka ruang anonimitas. Ruang yang bisa diisi dengan orang-orang tanpa nama dan identitas palsu. Akun Facebook yang anonim ini lazim disebut akun palsu. Akun palsu banyak diisi oleh para pemalu, namun tidak sedikit pula diisi oleh para pengganggu.

Akun palsu para pemalu seringkali tidak terlampau mengganggu. Hanya saja, siapapun pasti bertanya-tanya siapakah dibelakangnya. Yang mesti disoal adalah akun palsu yang kerap mengganggu. Ia sering menebar spam, berkata seenak sendiri. Sebab dalam pikiran akun palsu ini, tak akan ada yang bakal tahu siapa dibelakangnya. Ini sering ditemui di grup-grup Facebook, sebab lazim dipakai para buzzer untuk mendongkrak sebuah isu.


Pertanyaannya kemudian, semengganggu apakah mereka? Kalau menurutmu akun-akun palsu itu tidak mengganggu, ya biarkan saja mereka berkreasi. Nah, kalau menurutmu mereka tampak mengganggu ada baiknya kita ikuti bersama tentang cara menghapus akun palsu di Facebook berikut ini.

Sebelum beranjak ke cara menghapus akun palsu tersebut, ada baiknya kita memahami bersama bahwa cara ini memiliki disclaimer, yakni tidak 100% berhasil. Bahkan tingkat keberhasilannya hanya 50% saja. Mengapa demikian? Ya karena kita bukan admin Facebook yang punya kewenangan penuh untuk menghapus sebuah akun.
Jadi, mau melanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas? Yuk.

Pastikan Akun Facebook Sendiri Sudah OK

Akun palsu yang mengganggu bisa diibaratkan terduga pelaku kriminal. Untuk melaporkannya ke pihak berwajib, posisi pelapor mesti bersih dari sengketa hukum pidana. Sebab cara menghapus akun palsu di Facebook --kecuali dengan cara diretas dan tentu ini sangat sulit-- hanyalah dengan cara melaporkannya ke admin Facebook.

Posisi akun Facebook yang aman, tenteram, dan dianggap legal menurut aturan Facebook adalah yang sudah lolos verifikasi identitas. Seperti apa sih verifikasi ini? Pernahkah kamu dimintai salinan identitas oleh Facebook? Permintaan ini mampir di email. Jika email untuk mendaftar Facebook tak pernah dibuka, maka permintaan ini mungkin tak pernah diketahui. Ketika tak diketahui dalam waktu tiga hari, Facebook bakal menerapkan suspend atas akun kita.

Pada posisi suspend itu, kita tak bisa mengakses akun Facebook, namun disodori dengan kolom isian file .jpeg untuk salinan identitas kita, baik berupa KTP, SIM, maupun Paspor. Kalau file yang dikirimkan diterima oleh Facebook, maka media sosial ini akan meminta pemilik akun untuk mengubah nama sesuai dengan nama di identitas atau setidaknya mendekati. Kalau nama sebelum dimintai identitas itu sudah sesuai, ya sudah tidak akan diapa-apakan oleh Facebook.

Kalau permintaan identitas itu belum diterima dari Facebook, ya santai saja, sebab Facebook tidak mencurigai akun kamu sebagai akun palsu atau melihat nama akun kamu sudah sesuai dengan kenyataannya.

Kini berlanjut ke cara yang menjadi pembahasan artikel ini.

1. Kunjungi profil akun Facebook yang palsu tersebut.
2. Cari bulatan dengan tiga titik di dalamnya, lalu klik.


3. Setelah itu akan muncul pop-up yang berisikan beberapa pilihan, pilih Laporkan.

4. Facebook pun bakal memberikan opsi lanjutan, klik Laporkan profil ini.


5. Kemudian pilih Ini akun palsu, setelah muncul opsi selanjutnya.


6. Terakhir, pilih Kirimkan ke Facebook untuk Ditinjau.


Sampai disini, kita hanya bisa menunggu apakah Facebook menghapus akun tersebut, atau tidak. Kalau beruntung, maka Facebook akan mengirimkan pemberitahuan di pesan masuk dukungan yang berisikan akun yang kita laporkan itu telah dihapus. Kalau tidak dihapus, Facebook bakal 'memaksa' akun tersebut memakai nama asli sesuai dengan identitas resminya.

Ini contoh pesan masuk dukungan untuk profil yang sudah dihapus oleh Facebook setelah kita laporkan.

Ya, sudah saya bilang kalau cara ini tidak benar-benar berhasil 100%. Namun dengan cara ini akun-akun anonim sedikit berkurang, sebab kalau tidak dihapus ya mereka bakal memakai nama sesuai dengan identitas resmi masing-masing.

Sebelum ditutup, ada satu lagi agar tingkat keberhasilan pelaporan ini meningkat. Selain akun kita sendiri sudah sesuai dengan aturan Facebook, menjadi pelaku Facebook Ads adalah cara lain agar pelaporan ini punya kemungkinan berhasil yang baik. Selamat mencoba ya, dan tetap pakai akun asli. *thumbs up*

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

begini kak.. kalau kita mau melaporkan akun tersebut tetapi tidak berteman dengan fb kita bisa ngak gan ?

Bisa, tanpa berteman dengan akun itu, kita bisa melaporkannya.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon