15 Maret 2018

Kenalan Yuk Sama VIVO Super HDR


Vivo dikenal sebagai merek pembuat smartphone yang mengandalkan kehandalan kamera. Rata-rata penggemar merek ini adalah mereka yang gandrung akan dunia fotografi smartphone, terkhusus swafoto alias selfie. Kini penggemar Vivo, dan secara umum penggemar fotografi smartphone, bakal dibuat terkesima dengan kemunculan teknologi baru dari Vivo yakni Super HDR.



HDR atau high dynamic range merupakan sebuah fitur dalam dunia fotografi yang bisa dihasilkan lewat cara manual, yakni penggabungan beberapa foto yang sama dengan range pencahayaan yang berbeda, atau melalui cara otomatis dalam aplikasi. Rata-rata kamera smartphone middle-end apalagi high-end sudah memiliki fitur HDR dalam kameranya. Lantas dimana letak perbedaan Super HDR milik Vivo ini dengan fitur HDR yang dimiliki kamera smartphone pada umumnya?

Super HDR memiliki prinsip yang sama dengan HDR biasa, tapi pemakaian kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi pembeda. AI diterapkan oleh Vivo dalam Super HDR ini guna menggabungkan sebanyak mungkin frame yang diambil dalam sekali jepretan foto. Frame-frame tadi, yang memiliki variasi dalam pencahayaan serta tone warna, digabungkan secara cerdas untuk menghadirkan foto dengan skenario warna dan cahaya yang menakjubkan.

Untuk lebih jelasnya, poin-poin ini bakal menjelaskan lebih lanjut keunggulan Super HDR dibandingkan

1. Sangat adaptif.

Super HDR memiliki rentang dynamic range yang cukup lebar mencapai 14EV. EV adalah Exposure Value yang biasa digunakan oleh para fotografer untuk menentukan satuan pengukuran cahaya. Nilai EV ini berhubungan sangat erat dengan ISO, shutter speed, dan aperture. Super HDR mampu beradaptasi terhadap tiga hal yang sering disebut segitiga fotografi itu secara cerdas. Sehingga detail dari pemandangan gambar diatas itu bisa terlihat secara baik.

2. Akurat dalam pemilihan eksposur.

Teknologi Super HDR mampu mengambil 12 frames dalam sekali jepret, namun memadukannya menjadi hanya satu frame saja. Hal ini membuat satu frame foto yang dihasilkan tersebut merupakan gambar dengan detail tekstur terbaik, pencahayaan yang sempurna, dan tone warna yang sangat menawan. Contoh gambar hasil Super HDR dengan detail yang menawan bisa terlihat pada foto berikut.


3. Identifikasi yang cerdas.

Penggunaan kecerdasan buatan memungkinkan penggabungan setiap frame yang dihasilkan dalam sebuah jepretan digabung, diisolasi, dan diidentifikasi untuk menghasilkan gambar yang sempurna. Pengaruh penggunaan kecerdasan buatan ini mampu merekam detail batu, lumut, ombak, dan awan dalam foto berikut ini.


4. Tetap tampil secara alami.

Adakalanya hasil HDR terlalu over-exposure baik dari sisi warna maupun pencahayaan. Untuk itulah Super HDR yang dimiliki Vivo ini menggabungkan setiap frame secara akurat sesuai dengan apa yang dilihat oleh mata manusia secara alami. Foto berikut ini bisa dijadikan contoh.


5. Menyempurnakan latar potret.

Super HDR memprioritaskan pencahayaan untuk potret personal, namun tak melupakan pencahayaan latar belakangnya. Sehingga foto yang dihasilkan merupakan sebuah foto yang alami dari sisi warna dan terang dari sisi cahaya. Satu hal yang sering tidak ditemukan dalam fitur HDR dalam kamera smartphone pada umumnya. Coba saja lihat foto berikut ini.


Kabar baiknya, Vivo sudah memastikan kalau Super HDR ini bakal dipasang dalam smartphone baru mereka pada tahun ini. Teknologi Super HDR ini bakal dipasangkan dalam Vivo Apex, sebuah smartphone berstatus coming soon dari Vivo yang pada pertengahan tahun ini memasuki produksi massal. Apakah bakal mampir di Indonesia? Kita nantikan saja.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Bagus banget hasil fotonya. Jadi naksir super HDR, hehehe

Super HDR adanya di Vivo Apex, kayaknya bakal jadi hape flagship dari Vivo nih.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon