19 April 2018

Asus Zenfone Max Pro M1, Smartphone Gaming Yang Lebih Hemat Daya


Setelah melakukan sedikit drama di media sosial, Asus akhirnya mengungkapkan sendiri ponsel terbarunya. Hal ini bukan saja dikarenakan pengumuman kerjasamanya dengan Lazada Indonesia, akan tetapi ada upaya untuk mengurangi kebisingan perilisan smartphone sebelah. Ya, Asus akhirnya membuka diri kalau tanggal 23 April 2018 nanti bakal merilis Zenfone Max Pro M1.

Zenfone Max Pro M1.

Penggemar Zenfone tentu saja agak kecewa dengan keputusan Asus yang tidak mengenalkan edisi Zenfone 5 ke pasar Indonesia. Alih-alih memboyong tiga tipe Zenfone 5, pabrikan Taiwan ini malah merilis Zenfone Max Pro M1 yang sebetulnya merupakan peningkatan dari Zenfone Max Plus M1. Apa saja peningkatannya?

Kembali ke Snapdragon

Sebelumnya, Zenfone Max Plus M1 memakai MediaTek MT6750T berjenis octa-core dengan GPU dari Mali-T860MP2. Asus kini memasang Snapdragon 636 yang notabene merupakan chipset terbaru kelas mid-range dari Qualcomm pada Zenfone Max Pro M1. Soal Snapdragon 636 ini sudah sedikit saya jelaskan di artikel tempo hari. Ya, penggunaan Snapdragon 636 ini sudah resmi disebutkan oleh Asus.

Berdasarkan bocoran yang dirilis oleh GSM Arena, Asus Zenfone Max Pro M1 ditopang juga oleh RAM hingga 6 GB dengan daya simpan 64 GB. Chipset yang mumpuni dengan RAM yang besar memang dibutuhkan oleh smartphone yang dijuluki sebagai #GameChanger ini.

Sayangnya buat yang kadung suka dengan ZenUI, Asus Zenfone Max Pro M1 bakal memakai stock Android 8.0 alias Oreo. Ini bakal menjadi perangkat Asus yang pertama yang tidak memakai ZenUI. Katanya hal ini dibutuhkan untuk mendongkrak performa hingga dua kali. Loh, memangnya ZenUI membuat smartphone jadi lambat? Hmmmm...

Zenfone Max Pro M1 ini diklaim lebih hemat daya dibanding seri Max pendahulunya. Sebab dengan memakai catu daya sebesar 5000mAh, pemakaian Snapdragon 636 yang dibuat dengan proses teknologi 14nm FinFET memungkinkan konsumsi daya menjadi lebih tahan lama. Kabar baiknya, dengan arsitektur chipset begini, Zenfone Max Pro M1 bakal mendukung fast charging, loh. Baterainya gede, didukung pula sama isi daya yang cepat. Nikmat manakah lagi yang kamu dustakan, Zenfans?

Body dan Display

Body Asus Zenfone Max Pro M1 tidak lagi mengadopsi pendahulunya di seri Max, seperti Zenfone 4 Max Pro, Zenfone 4 Max, termasuk Zenfone Max Plus M1, sebab desainnya mengadopsi desain iPhone 7 dengan desain kamera membujur kebawah menyerupai iPhone X. Ya, hampir semua smartphone kekinian memang begini desainnya, dan jangan menyebutnya sebagai mencontek ya, tapi terinspirasi. He-he-he. Untunglah Zenfone Max Pro M1 ini enggak memiliki poni.

Yang menarik lagi dari Zenfone Max Pro M1 adalah layarnya yang sudah kekinian dengan rasio 18:9. Layarnya pun cukup besar dengan bentang sebesar 6 inci, namun bodynya tidak ikut melebar. Body Zenfone Max Pro M1 kira-kira sebesar Zenfone 4 Max Pro yang memiliki bentang 5,5 inci. Hal ini disebabkan bezel yang sangat tipis dengan mengembalikan finger print ke belakang setelah menempatkannya di depan pada seri Zenfone 4.

Harga dan Ketersediaan

Asus sendiri mengungkapkan sedikit tentang Zenfone Max Pro M1 ini. Untuk di Indonesia, hal ini sepertinya dilakukan untuk sedikit menghambat riuhnya perilisan merek sebelah. Meskipun sebetulnya, pengungkapan ini dilakukan setelah Asus Indonesia bekerjasama dengan Lazada untuk memasarkan perangkatnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh Asus di India dengan menggandeng e-commerce FlipKart.


Ya, bau-baunya Asus bakal menggelar flash sale untuk Zenfone Max Pro M1 ini. Klaim smartphone dengan performa menawan namun dilego dengan harga yang terjangkau memang bisa ditempuh dengan cara penjualan demikian. Sebab ada pemangkasan biaya distribusi, penjualan, dan promosi. Hal ini memang sudah sering dilakukan oleh merek 'padi kecil' dan 'buah apel', namun untuk merek yang punya jaringan distribusi besar seperti Asus, langkah untuk melakukan flash sale tentu agak gimana gitu.

Apapun itu, kita tunggu saja tanggal 23 April 2018 dimana Asus bakal merilis Zenfone Max Pro M1 di Indonesia dan India secara bersama-sama. Ya, kalau penjualannya flash sale, tentu selain meski menyiapkan budget, ketersediaan kuota juga penting. Ini perlu dilakukan agar budget yang dikeluarkan lebih hemat, sebab barang flash sale (biasanya) bakal dijual lebih mahal di pasar offline.

Berikut spesifikasi Zenfone Max Pro M1:


Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

5 comments

berbanding 180 derajat dengan sebelumnya yah, yang baru snappy 636 gamer banget

So far, jadi best budget phone dari Asus kayaknya...

betul juga #lebihmendingzenfone

Sering baca update smartphone terbaru, kalau stok duitnya ada bisa khilaf beli setelah baca. Menarik untuk dimiliki selalu ada tingkatan lebih bagus speknya

Istighfar dulu mas, biar nggak khilaf hehe

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik...
EmoticonEmoticon