27 April 2018

Deretan Ponsel Yang Muncul di Film-Film Marvel Cinematic Universe


Buat penggemar film-film Marvel, sepertinya tak susah untuk mengidentifikasi alur cerita dari Avengers: Infinity War. Namun buat yang baru menyaksikan satu-dua film, niscaya akan senantiasa banyak bertanya-tanya sepanjang durasi sinema. Pasalnya Marvel Cinematic Universe (MCU), begitu deretan film Marvel disebut, sudah merilis 18 film sejak 2008.


Pada awalnya, MCU ditandai dengan dirilisnya Iron Man. Meski garis waktu ceritanya tidak berurutan berdasarkan waktu rilis, namun perkenalan demi perkenalan dari setiap tokoh membuat MCU memimpin jauh dibandingkan rival terdekatnya dalam pembuatan semesta sinema, DC Extended Universe (DCEU). Ya, memang menarik kalau bertutur soal semesta sinema yang satu ini. Sayangnya kali ini saya hanya ingin bercerita soal cameo ponsel yang dipakai para tokoh dalam MCU sejak Iron Man.

Artikel ini saya sadur dari PhoneArena.com dan disertai beberapa penambahan. Ada ponsel yang sebetulnya fiksi, atau hanya dibuat oleh produsen ponsel untuk kepentingan film semata. Namun adapula yang betul-betul ponsel yang ada di pasaran pada saat film itu dirilis. Pada artikel ini, saya mencoba menyusun daftar ponsel yang betul-betul ada di dunia nyata saja. Semuanya merupakan product placement yang sangat halus untuk dikatakan sebagai iklan. Berikut daftarnya:

1. LG VX9400 (Iron Man - 2008)

Tony Stark dan LG VX9400
Saat Tony Stark masih menjadi kontraktor senjata Amerika Serikat, ia disergap oleh teroris. Penyergapan yang menewaskan banyak tentara Amerika Serikat tersebut pun melukai Tony akibat serpihan rudal yang dibuat oleh Stark Industry sendiri. Nah, sesaat sebelum ledakan rudal itulah, Tony memegang ponsel yang ternyata merupakan LG VX9400.

Ponsel ini berbentuk unik. Body-nya mengadopsi format layar slide, dan keunikannya terletak pada sliding layar yang bisa berotasi hingga 180 derajat. Ketika layar dibuat horizontal sebetulnya memfungsikan fitur televisi yang dimiliki ponsel ini. LG VX9400 dibuat khusus dan terkunci hanya untuk jaringan Verizon.

2. LG Lotus Elite LX610 (The Avengers - 2012)


Natasha Romanoff dan LG Lotus Elite LX610.
Ada yang masih ingat siapa yang merekrut Bruce Banner untuk bergabung dalam proyek Avengers yang digagas Nick Fury? Ya, dialah Natasha Romanoff. Semoga ada yang masih ingat bagaimana si Black Widow ini mendapat tugas untuk perekrutan tersebut. Saat menerima telepon penugasan, dia sedang diinterogasi oleh perwira militer Rusia. Adegan ini sangat menarik, sebab menunjukkan bagaimana kemampuan tempur Natasha di awal-awal film.

Saat mendapat telepon penugasan dari Agent Coulson, Natasha menerimanya dengan ponsel LG Lotus Elite LX610. Ponsel yang berbasis CDMA ini berbentuk flip dengan layar 2,4 inci. Sayangnya, belum ada informasi terkait ponsel apa yang dipakai Coulson untuk menelepon Natasha.

3. Alcatel One Touch Idol (Iron Man 3 - 2013)


Tony Stark dengan wartawan yang meliput memakai Alcatel One Touch Idol.
Kali ini bukan LG yang menjadi sponsor film Marvel. Alcatel hadir dengan Alcatel One Touch Idol yang muncul pada Iron Man 3. Ponsel sponsor ini hadir pada adegan saat Tony membanting ponsel seorang wartawan saat mewawancara dirinya perihal tragedi yang menimpa Happy.

Sepertinya Alcatel ingin membuktikan bahwa ponselnya ini tahan banting, atau bisa jadi ponselnya sudah dipercaya oleh jurnalis untuk meliput. Ini berarti ponselnya memiliki durabilitas yang baik dan kemampuan rekam yang bagus pada masanya. Ya, ponsel yang dibanderol di rentang USD 230 ini memiliki pelindung layar dari Asahi Dragontrail Glass.

4. HTC One M8 dan HTC One X+ (Captain America Winter Soldier - 2014)


Jasper Sitwell saat menerima telepon dari Sam Wilson.
Kali ini HTC yang menjadi sponsor resmi film Marvel. Sepengamatan saya, ada tiga kali HTC hadir secara mayor dalam film kedua Captain America ini. Yang pertama adalah ketika Nick Fury terluka, dan ia berbicara dengan Steve Roger lewat teks yang ditulis di ponselnya. Beberapa media menyebutkan, ponsel yang dipakai adalah HTC One M8.

Sepertinya HTC menjadi produk resmi yang dipakai oleh para petinggi SHIELD. Pasalnya saat Sitwell keluar dari restoran dan ditelepon oleh Sam Wilson yang mengaku sebagai Alexander Pierce, si botak itu memakai HTC One X+. Begitu juga dengan Alexander Pierce kala ia berupaya me-reboot data-data SHIELD yang akan dienkripsi.

5. Apple iPhone 6 (Ant-Man - 2015)


Pertarungan di dalam koper antara Ant-Man dan Yellow Jacket.

Belum ada keterangan kalau Apple menjadi sponsor bagi film Ant-Man. Yang jelas iPhone 6 hadir saat Ant-Man bertarung dengan Yellow Jacket di dalam sebuah koper saat jatuh dari helikopter. iPhone dengan SIRRI-nya itu menjadi backsound pertarungan keduanya.

6. Samsung SCH-S336CAATFN (Captain America Civil War - 2016)


Samsung SCH-S336CAATFN
Samsung telah menjadi sponsor sejak Avengers Age of Ultron. Namun kala itu ponselnya hadir dalam bentuk imajinatif teknologi Stark. Kali ini, Samsung hadir lewat Samsung SCH-S336CAATFN.

Ponsel model flip ini muncul di bagian akhir film Captain America Civil War, saat Tony Stark menerima surat dari Steve Roger pasca pertarungan sengit keduanya.

7. Vivo V3 (Captain America Civil War - 2016)

Steve Rogers menerima telepon lewat Vivo V3.
Ada banyak yang berharap ponsel yang dipegang Tony Stark saat browsing soal Col. Helmut Zemo ada di pasaran. Sayangnya ponsel Vivo dengan layar transparan nan canggih tersebut hanyalah fiksi, atau paling tidak cuma sekedar ponsel konsep.

Untunglah, sebagai salah satu sponsor dalam film yang mempertemukan hampir seluruh tim Avengers itu, Vivo memunculkan ponselnya dalam beberapa frame. Yang pertama saat Steve Rogers menerima kabar meninggalnya Peggy Carter, lalu saat sang Kapten menjadi pelarian. Vivo V3 menjadi ponsel yang beruntung muncul di film yang pada 2016 tersebut membuat hype.

8. Honor 8 (Dr Strange - 2016)


Materi promo Honor 8 yang menyertakan Doctor Strange
Honor menjadi sponsor resmi bagi Doctor Strange, seorang tokoh dunia sihir di MCU. Ponsel Honor yang muncul di film tersebut adalah Honor 8. Ponsel ini hadir sekilas saat Steven Strange mengendarai Lamborghini-nya.

Ponsel yang dibanderol 260 Euro ini memakai chipset Kirin 950 1,8 GHz. Saat Doctor Strange dirilis, ponsel ini pun baru hadir sehingga Honor bisa menumpang promosi dalam setiap kegiatan film tersebut.

9. Sony Xperia (Spider-Man Homecoming - 2017)


Peter Parker saat menontont YouTube.
Sony masih belum rela melepas sepenuhnya hak tayang Spider-Man. Ini ditandai dengan masih setianya mereka menjadi sponsor dari manusia laba-laba tersebut meski sudah diproduksi oleh Marvel.

Sony Xperia banyak hadir dalam beberapa scene Spider-Man. Ponsel ini dipakai oleh Peter Parker untuk menonton YouTube, dipakai berkaca oleh Liz Toomes, dan juga dipakai oleh Adrian Toomes.

Penutup

Hal menarik dari kedelapan item ponsel tersebut tentu saja soal product placement yang diterapkan oleh sutradara, pengarah gaya, maupun tim marketing dari film dan produk itu sendiri. Penerapannya halus tanpa setiap penonton film ngedumel kalau iklan tersebut mengganggu acara menontonnya. Nice, perlu ditiru.

Anda melihat ponsel lainnya dalam film-film MCU? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Saya akan mengubah artikel ini apabila ada tambahan. Tentu saja kredit tambahan tersebut atas nama anda.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon