18 April 2018

Xiaomi Redmi Note 5, Yang Terbaik Akhirnya Dirilis


Lenggak-lenggok Shania, Ayana, Gracia, beserta kawan-kawannya dalam grup vokal JKT48 meramaikan panggung peluncuran Xiaomi Redmi Note 5, di Jakarta 18 April 2018. Generasi terbaru Redmi yang sebelumnya telah dirilis di beberapa negara kini resmi hadir di Indonesia. Ya, Redmi yang ini memang menyandang status terbaik.


Spesifikasi Redmi Note 5 langsung disandingkan secara linier dengan smartphone yang belum lama dirilis pula. Ada Samsung A8, Oppo F7, dan Vivo V9, yang dibandingkan dengan Redmi Note 5. Tim marketing Xiaomi ingin memberikan standar baru kalau smartphone dengan spesifikasi 'segini' semestinya dijual 'segini'.

Ada pepatah yang bilang kalau ingin hebat, bertarunglah dengan yang paling hebat diantara kamu. Xiaomi menerapkannya dengan baik, atau setidaknya bisa dianggap cukup berhasil. Sebab setelah membandingkan dengan tiga smartphone yang baru dirilis itu, Xiaomi membandingkan Redmi Note 5 dengan Samsung S9 dan iPhone X.

Sepintas strategi ini dianggap cukup mumpuni untuk memeriahkan presentasi, tapi ya tentu menjadi tidak adil apabila membandingkan sesuatu hanya dengan beberapa item yang dianggap unggul saja. Ya, cuma dianggap unggul. Karena banyak yang paham kalau RAM iPhone X dengan RAM pada smartphone lain, tentu perbandingannya bukan soal angka. Begitupun dengan sisi positif lain yang dimiliki Samsung S9, misalnya dengan layar AMOLED yang aduhai jernihnya.

Perbandingan-perbandingan itu sudah bagus, tapi kalau dipikir-pikir lagi ya jelas kurang adil. Seolah-olah (atau memang betul) perbandingan itu cuma gimmick belaka yang berasal dari tim marketing. Pertanyaannya kemudian, apakah kehebatan Redmi Note 5 cuma sekedar gimmick belaka?


Dapur Pacu

Redmi Note 5 adalah smartphone pertama yang dipasangi chipset Snapdragon 636. Sebuah chipset baru yang harganya lebih rendah dibandingkan 660, tapi lebih kuat dibandingkan dengan 625 dan 630. Jadi perpaduan performa yang tinggi dan harga yang lebih hemat ini diharapkan bisa menyukseskan penjualan perangkat.

Snapdragon 636 dengan CPU Kryo 260 memiliki kinerja lebih tinggi 50%, hemat daya sebesar 40%, serta durabilitas yang baik dibandingkan dengan Snapdragon di bawahnya. Mikroarsitektur Kryo yang dibuat pada 14nm FinFET ini biasanya dimiliki oleh Snapdragon seri 800. Jadi ya wajar saja Xiaomi menganggapnya sebagai chipset yang memiliki DNA flagship.

Redmi Note 5 pun memakai RAM dengan tipe LPDDR4X, dimana smartphone biasa memakai tipe LPDDR3 yang cukup menguras daya. Paduan antara CPU dan RAM dalam chipset Snapdragon 636 ini yang membuat baterai 4000mAh bakal lebih tahan lama dibandingkan seri Redmi Note lain yang bercatu daya sama. Apakah ini pun sekedar gimmick?

Hasil benchmark dari AnTuTu memunculkan angka yang cukup 'wow' pada Redmi Note 5 ini. Resminya, Redmi Note 5 memiliki skor sebesar 116,693. Ini skor yang melesat jauh dibandingkan Xiaomi Mi A1 yang hanya pada kisaran 80,000-an. Padahal Xiaomi Mi A1 sudah memakai Snapdragon 625. Absurd 'kan? Saat dimana definisi Mi adalah ponsel premium dari Xiaomi, sementara Redmi berada di level bawahnya. Tapi semakin hari, batasan level itu semakin tipis. Atau memang Xiaomi bermaksud meninggikan level Mi-nya? Maka pantas Mi A1 kini 'disuntik mati'. He-he-he.

Body dan Kamera

Ada yang bernafas lega sebab Redmi Note 5 tidak memakai poni. Eits, jangan senang dulu. Meski tidak memakai poni, letak kamera membujur ke bawah pun tetap mengadopsi desain yang itu. Dengan layar 5,99 inci dan aspek rasio 18:9, Redmi Note 5 sebetulnya agak terasa panjang, sebab bagian dahi dan dagunya tidak setipis di pinggir kanan-kiri.

Redmi Note 5 mengadopsi dual-camera yang memadukan antara kamera 12 MP (f/1.9, 1.4 μm) dengan 5 MP (f/2.0, 1.12 μm). Sementara itu kamera depan punya besaran sensor 13 MP yang mampu merekam hingga 30fps dengan kualitas 1080p. Ya, kamera depan punya megapiksel yang lebih besar, sehingga Redmi Note 5 ini pun ingin menyasar mereka yang suka swafoto.

Harga dan Ketersediaan

Redmi Note 5 punya dua tipe dengan harga yang berbeda. Pertama, tipe RAM 3GB dan memori 32GB dibanderol Rp2.499.000. Kedua, tipe RAM 4GB dan memori 64GB dibanderol dengan harga Rp2.999.000.

Sayangnya, buat yang agak kurang suka dengan pilihan belanja online di Lazada, tampaknya tidak punya pilihan lain. Sebab Xiaomi sudah tekan kontrak pemasaran dengan Lazada untuk memasarkan Redmi Note 5A. Kalau sudah begini biasanya cukup memakan waktu untuk sampai di konter-konter terdekat dengan rumah kamu.

Lantas, benarkah Redmi Note 5 merupakan smartphone yang terbaik dilihat dari sisi spesifikasi dan harganya. Ya belum tentu juga.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon