4 Juni 2018

Menginstal Google Camera di Xiaomi Mi A1 Tanpa Repot


Mi A1 merupakan ponsel Xiaomi seri Mi satu-satunya yang beredar resmi di Indonesia. Ponsel Xiaomi lainnya yang masuk lewat jalur resmi hanya seri Redmi. Kalau ada yang bertanya mengapa bisa begitu, silakan tanya kepada Xiaomi secara langsung. Artikel ini tidak membahas masalah tersebut.

Xiaomi Mi A1 merupakan ponsel mid-range dengan chipset Snapdragon 625 octa-core dengan clockspeed di angka 2.0 GHz. Dukungan RAM 4GB dengan memori 64GB membuat ponsel ini cukup ngebut dibawa bermain game dan multimedia. Dibanderol di angka Rp3 jutaan dan kini turun di Rp2,7 jutaan, Mi A1 hingga saat ini masih cukup layak. Apalagi buat mereka yang enggak suka-suka amat dengan kustomisasi Android ala MIUI.

Baca juga:



Sewaktu dibeli, Mi A1 masih mengandalkan stock Android 7.0. Beberapa bulan kemudian, ada notifikasi pembaruan Android 8.0 yang pacth security-nya terus diperbarui pula setiap bulan. Ya, inilah untungnya ponsel dengan tajuk Android One.

Sayangnya meski dilabeli dengan nama Android One, Mi A1 tidak serta merta mendapatkan fasilitas terbaik dari Google. Misalnya setiap ada fitur baru, pengguna Mi A1 jarang mendapatkannya. Bahkan untuk Google Camera yang notabene sudah dirilis Google sejak 2014 silam, pengguna Mi A1 belum mendapatkannya di ponsel mereka. Padahal Google Camera ini terkenal bagus untuk mengambil gambar dan video, juga ada fitur bokeh yang presisi, HDR, panorama, serta photo sphere yang mampu mengambil foto dengan sudut 360 derajat.


Dengan banyaknya ulasan positif soal Google Camera, banyak dari pengguna Mi A1 yang ingin memasangnya. Sayangnya, sejak dulu cara untuk memasang Mi A1 adalah dengan cara root. Ya memang sih, ponsel Xiaomi sudah terbiasa di-root dan diperbolehkan oleh pabrikan asal China ini. Sayangnya ini bukanlah ponsel Xiaomi biasa. Sebab apabila pengguna Mi A1 melakukan root, ponsel ini tidak akan lagi mendapatkan pembaruan dari Google. Sayang banget.

Kalaupun penasaran dengan mencarinya di Play Store, kita tak akan menemukan aplikasi ini. Google menyembunyikannya dari hasil pencarian. Jika kebetulan ada yang membagikan pranala Google Camera di Play Store secara langsung, bakalan ada tanda kalau perangkat yang dimiliki tidak kompatibel. Iya, sih kompatibelnya dengan ponsel ber-chipset Snapdragon seri 800-an. Nah, bagaimana sih caranya memasang Google Camera tanpa root dan tanpa repot sama sekali? Yuk, ikuti caranya berikut ini.

  1. Silakan unduh aplikasi Google Camera dengan ponsel Mi A1 anda di APKMirror.
  2. Kalau sudah diunduh, cari filenya di aplikasi unduhan di ponsel anda.
  3. Sebelum melakukan instalasi, pastikan kalau anda sudah mengijinkan ponsel untuk menginstal sumber diluar PlayStore.
  4. Instal saja seperti biasa, dan selesai.

Google Camera memiliki tampilan yang sangat sederhana. Untuk tombol pilihannya, cuma tersedia Video, Camera, Lens Blur, Panorama, dan Photo Sphere. Pengaturannya pun tak banyak, hanya ada timer, grid, HDR, flash, dan pilihan kamera depan atau belakang. Ya, simpel. Google Camera sesimpel kegiatan memotret yang hanya mencari obyek dan menekan tombol rana saja. Sisanya biarkan kecerdasan Google Camera bekerja dan kemampuan sensor dalam membaca cahaya.

Sebagai contoh, berikut saya sertakan hasil foto bokeh menggunakan Google Camera:

Hasil bokeh pada kondisi sore hari terkena backlight.
Hasil foto pada siang hari, dengan cahaya yang cukup.
Obyek fokus yang lebih dekat, bokehnya lebih bagus.

Admin di beberapa blog. Kunjungi personal blognya di Doel.web.id. Untuk menghubungi saya bisa ke email ini.

3 comments

jangankan xiaomi mas, samsung aja gak semua support sama google camera. padahal dulu seingat saya bisa didownload bebas sih

Kayaknya biar eksklusif ini sih. Biar ponsel Google aja yang punya.

Lagian seharusnya Mi A1 ini kebagian, karena ikut program Android One dari Google.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik...
EmoticonEmoticon