4 Agustus 2018

Cara Mengunduh Status WhatsApp Berupa Video dan Gambar Tanpa Aplikasi


Sejak WhatsApp memunculkan fitur status layaknya IGStory maupun FBStory, banyak orang yang membagikan sesuatu disana. Karena fiturnya mirip dan dimiliki oleh Facebook, makanya ini disebut WhatsApp Story. Kita menyebutnya status saja.

Adakalanya status WhatsApp dipergunakan untuk membagikan perasaan suka, sedih, atau informasi kekinian. Namun tak jarang di WhatsApp pun banyak yang membagikan gambar dan video tentang apa saja.


Banyak dari unggahan status berupa gambar dan video itu yang sangat menarik. Ada beberapa diantaranya sangat informatif dan ingin dibagikan ke orang lain melalui status WhatsApp sendiri. Sayangnya, tidak ada fitur save di status tersebut yang berguna agar gambar maupun video dari status teman itu bisa disimpan di ponsel kita.

Eh, kalau statusnya berupa unggahan gambar sih gampang banget, tinggal membuat tangkapan layar alias screenshot. Beres. Tetapi tentu tangkapan layar tidak bisa dipergunakan untuk menyimpan status berupa video.

Bagaimana cara menyimpan status WhatsApp berupa video?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama bisa dengan aplikasi video screen recorder yang banyak tersedia di PlayStore. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi khusus untuk menyimpan status WhatsApp. Silakan lakukan pencarian dengan kata kunci 'save whatsapp story'.

Silakan pakai dua cara diatas. Hanya saja kali ini saya ingin membagikan cara yang bisa dipergunakan tanpa memasang aplikasi tambahan.

Yang perlu dipahami pertama kali adalah WhatsApp tidak memakai sumber daya yang besar didalam menyimpan data percakapan penggunanya. Aplikasi yang kini dimiliki Facebook ini mendistribusikan penyimpanan tersebut ke perangkat penggunanya.

Ini berarti setiap apa yang disimpan di WhatsApp, baik berupa kiriman gambar, video, maupun unggahan status, tersimpan dengan baik di memori ponsel penggunanya.

Untuk gambar dan video yang dikirimkan oleh orang lain di percakapan pribadi maupun grup WhatsApp langsung tersimpan di folder WhatsApp yang ada di Gallery. Jadi kita bisa melihatnya secara langsung, atau menghapusnya jika tidak dibutuhkan untuk memberi ruang kosong bagi memori.

Hal ini tidak berlaku bagi gambar dan video yang dibagikan melalui status. Karena mereka tidak tersimpan secara otomatis di Gallery. Yang jelas WhatsApp pun tidak menyimpannya diluar perangkat kita. Lalu dimana?

WhatsApp menyimpannya tetap di folder WhatsApp yang ada di sistem Android perangkat kita. Untuk melihatnya silakan jalan-jalan ke aplikasi File Manager atau apalah namanya yang mungki berbeda pada setiap merek dan tipe ponsel.

Di File Manager ini silakan masuk ke Internal Storage, lalu carilah folder WhatsApp, dan kalau sudah cari folder Media, terakhir carilah folder .Statuses.

Bagaimana, sudah ketemu folder .Statuses? Folder ini enggak bakal ketemu, sebab WhatsApp menyembunyikannya secara default. Untuk memunculkannya, silakan tekan tiga titik yang ada di sudut kanan atas atau dimana saja tergantung merek dan tipe ponselnya. Di tiga titik ini ada menu pengaturan untuk folder-folder tadi.

Lingkaran ungu menandakan langkah-langkah yang perlu dilakukan. Saya menggunakan File Manager di ZenUI.
Silakan klik pengaturannya. Kalau berhasil biasanya muncul pilihan Umum, Notifikasi, dan Info. Di bagian Umum ada opsi untuk menyembunyikan folder sistem. Secara default, opsi ini selalu dalam posisi ON. Matikan saja, lalu kembali ke folder Media yang ada di dalam folder WhatsApp tadi.

Kalau sudah menonaktifkan opsi menyembunyikan folder, seharusnya folder .Statuses sudah muncul. Silakan masuk ke folder tersebut dan cari status yang dibagikan oleh teman kita.

Oh iya, gambar atau video yang telah dibagikan oleh teman kita hanya bisa masuk ke folder .Statuses kalau kita sudah melihatnya dan gambar dan video itu termuat sempurna.

Itu saja ya, selamat mencoba.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon