21 Oktober 2018

Mengenal Realme, Pendatang Baru dengan Bodi Oppo dan Harga Xiaomi


Indonesia kehadiran pendatang baru di pasar perponselan. Namanya Realme. Nama yang sudah wara-wiri sejak lima bulan kemarin terutama di India. Meski masih muda, tercatat sudah empat ponsel yang dirilisnya. Apa istimewanya merek ini?

Realme ini ibarat partai politik, yang mana meski dijargoni sebagai pendatang baru yang fresh, namun tetap mengandung ‘entitas’ lama yang susah dilepaskan. Baik dan buruk entitas lama tersebut, maka begitulah setidaknya Realme tercitrakan. Entitas tersebut adalah Oppo.


Sejarahnya, delapan tahun silam Oppo pernah merilis Oppo Real yang menandai sebuah produk subsidiari dari seri ponsel Oppo. Oppo Real ini memang tak begitu moncer layaknya ponsel Oppo seri yang lain. Ya mungkin belum terpikir untuk mengembangkannya lebih lanjut saat itu.

Hingga pada akhirnya beberapa pabrikan pun membuat produk alternatif. Misalnya Huawei dengan Honor dan Xiaomi dengan Poco. Salah satu alasan pembuatan produk alternatif ini, biasanya menyasar segmentasi yang berbeda dari target pasar indukannya. Begitu pula Oppo dengan Realme.

Saat masih berada di bawah Oppo, Realme merilis Realme 1 yang cukup sukses menjalani debutnya di India. Pemisahan Oppo dan Realme terjadi pada akhir Juli 2018 atau setidaknya sebulan setelah dirilisnya Realme 1 itu. Pemisahan ini ditandai dengan hengkangnya Wakil Presiden Oppo, Sky Li, untuk menduduki jabatan baru sebagai CEO Realme.

Perpindahan seperti Sky Li ini memang bukan yang pertama. Lima tahun yang lalu, Pete Lau hengkang dari BBK Electronics untuk mendirikan OnePlus. Sebuah merek yang memang dianggap masih saudara kandung dengan Oppo dan Vivo. Dan OnePlus yang menyasar konsumen di Amerika dan Eropa ini terbilang sukses untuk sasaran segmentasi yang dicanangkannya.

Apakah perpindahan Sky Li lewat Realme-nya, bisa dibilang sama dan akan bernasib sama dengan Pete Lau dan OnePlus-nya? Sayangnya, Realme baru seumur jagung untuk diprediksi begitu jauh. Makanya mari kita tengok saja dulu, seperti apa ponsel yang baru dirilis Realme di tanah air pada Selasa (9/10/2018) kemarin.

Realme C1, entri-level yang cukup menggoda


Kita mulai dulu dari Realme C1. Ponsel dengan layar 6,2 inci dengan resolusi 720p berponi ini masuk kategori entry level. Meski begitu, spesifikasi dapur pacu yang diusung tak entri-entri banget lah. Sebab ada Snapdragon 450 yang menjadi inti tenaga dari Realme C1.

Dapur pacu tadi sama-sama dimiliki oleh Realme 2, yang menjadi ponsel middle-range dari Realme yang akan kita bahas selanjutnya. Oleh karenanya, Realme C1 ini cukup menggoda tersebab harga yang ditawarkan cukup jauh dibandingkan Realme 2.
Selain Snapdragon 450, Realme C1 ditopang oleh RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Ponsel ini punya dukungan daya sebesar 4.230 mAh. Daya sebesar ini diklaim bertahan hingga 18 jam untuk mendengarkan musik, 15 jam untuk memutar video, serta 10 jam untuk bermain game.

Di sektor kamera, Realme C1 memiliki konfigurasi kamera belakang 13 megapiksel dan 2 megapiksel. Sayangnya, kamera depannya hanya memiliki 5 megapiksel. Sehingga Realme C1 ini tidak mengklaim sebagai selfie phone seperti ‘ibu kandungnya’. Ditambah lagi, tidak ada fingerprint scanner pada ponsel ini. Belum tertarik? Tenang, masih ada Realme 2.

Realme 2, sebuah downgrade dari Realme 1



Pihak Realme keberatan ketika Realme C1 dan Realme 2 dianggap sama saja. Dan keberatan ini memang beralasan, sebab keduanya memang berbeda meski memiliki dimensi yang sama.

Ya meski chipsetnya sama, baterainya sama, layarnya sama, poninya sama, namun ketika bodi itu dibalik dan tampak bagian belakangnya, maka antara Realme C1 dan Realme 2 tampak perbedaan yang mencolok. Realme mengadopsi bodi diamond cut yang dimiliki ponsel Oppo kekinian. Sementara Realme C1 hanya bodi glossy biasa.

Di Realmi 2 pun sudah terpasang fingerprint scanner. Satu hal yang tak ada pada Realmi C1, bahkan Realmi 1 sebagai pendahulunya yang hanya mengandalkan face unlock saja.

Kalau dibandingkan dengan Realmi 1, Realmi 2 ini sebetulnya mengalami downgrade. Penurunan itu terlihat ketika Realmi 1 memakai layar Full HD dengan resolusi 1080p, namun Realmi 2 hanya 720p saja. Pun begitu dengan chipset yang menjadi otaknya.

Realmi 1 memakai chipset MediaTek Helio P60 yang setara dengan Snapdragon seri 600. Sementara Realmi 2 hanya memakai Snapdragon 450, sama dengan Realmi C1. Realmi menyediakan dua varian RAM dan memori, yakni RAM 3 GB dan memori 32 GB serta 4 GB dan memori 64 GB.

Konfigurasi kamera belakang Realmi 2 terdiri atas 13 megapiksel dan 2 megapiksel. Sementara untuk kamera depan terpasang modul kamera selfie dengan resolusi 8 megapiksel.

Downgrade ini mungkin cukup beralasan, sebab konsumen diberi pilihan untuk meminang Realmi 2 Pro dengan spesifikasi yang lebih tinggi baik dibandingkan dengan Realmi 1 apalagi Realmi 2 dan Realmi C1.

Realmi 2 Pro: pilihan baru untuk kelas menengah


Realmi 2 Pro hadir dengan tawaran yang lebih menggiurkan. Kalau boleh dibilang, kalau kamu belum cukup uang untuk meminang Oppo F9, ya bolehlah melipir sedikit ke ponsel ini. Kenapa demikian?

Dilihat dari desain bodinya, Realme 2 Pro memiliki kesamaan dengan Oppo F9. Ditambah lagi dengan poni waterdrop yang berada diatas layar 6,3 incinya. Bodi bagian belakang pun memakai desain diamond-cut yang memberikan efek kaca unik yang kekinian dan aksen yang memang tak berbeda dengan salah satu seri ponsel dari ‘ibu kandungnya’ itu.

Untuk dapur pacunya, Realme 2 Pro memakai Snapdragon 660 yang didukung oleh beberapa varian RAM dan memori internal. Ada yang memakai RAM 4 GB memori internal 64 GB, RAM 6 GB memori 64 GB, dan RAM 8 GB memori 128 GB. Dapur pacu ini ditopang oleh daya sebesar 3.500 mAh.

Konfigurasi kamera Realme 2 Pro di bagian belakang terdiri atas 16 megapiksel dan 2 megapiksel untuk kamera sekunder. Sementara itu bagian depannya dipasangi modul kamera selfie dengan resolusi sebesar 16 megapiksel.

Sebagaimana judul artikel ini, Realme memang membanderol ketiga ponsel ini dengan harga yang cukup murah menarik. Dimulai dari Realme C1 yang dibanderol di angka Rp1.499.000, kemudian Realmi 2 Rp1.999.000 untuk RAM 3 GB dan memori 32 GB, Rp2.399.000 untuk RAM 4 GB dan memori 64 GB. Sementara itu Realmi 2 Pro dibanderol mulai dari Rp2.899.000 untuk RAM 4 GB dan memori 64 GB, Rp3.299.000 untuk RAM 6 GB dan memori 64 GB, serta RpRp3.699.000 untuk RAM 8 GB dan memori 128 GB.

Realme menggandeng Lazada untuk pemasarannya. Realme 2 sudah bisa dipesan mulai 16 Oktober, Realmi 2 Pro bisa diperoleh pada 23 Oktober, dan Realme C1 bisa diperoleh pada 30 Oktober. Lalu, apakah ini flash sale? Ya tergantung seberapa banyak orang tertarik dengan ponsel Oppo dengan harga Xiaomi ini.

Hallo! Tentang saya bisa dibaca disini. Untuk menghubungi pun bisa ke email ini.

2 comments

Saya lebih tararik dengan realme 2 pro, resolusi kameranya mantap sekali.

Realme saingan berat untuk ponsel2 lain yang muncul ke pasaran nih, harganya bersahabat ya,tapi Dari body aja Sudah oke

Silakan tinggalkan komentar ya, tapi jangan pakai anonim biar bisa dikunjungi balik dan jangan nitip backlink karena bakal terdeteksi spam by default... Thanks.
EmoticonEmoticon