3 Maret 2019

Cara Memasang Facebook Piksel di Blogger

Facebook Piksel merupakan sebuah alat yang disediakan Facebook untuk melacak pengunjung situs anda yang terhubung ke media sosial ini. Fungsi lanjutan dari alat ini adalah pengumpulan data pengunjung sehingga sebaran promosi yang dilakukan di Facebook lebih terarah.


Facebook Piksel ini kalau dilihat sepintas mirip dengan Google Analytics. Ya memang mirip sih, karena sama-sama alat untuk menganalisis. Perbedaannya bakal terlihat di hasilnya. Anda bakal mengetahuinya sendiri setelah memasang Piksel ini.

Kalau buat saya sendiri, pemasangan Facebook Piksel ini disebabkan ditutupnya Google Plus, sehingga share media sosial yang lumayan bagus hanya di Facebook. Engagement yang beberapa kali saya peroleh, memang masih lebih baik di Facebook daripada di Twitter. Lebih parah lagi kalau share di Instagram. Makanya Facebook Piksel saya pasang agar bisa menambah pundi-pundi klik kunjungan ke situs saya sekaligus mencari tahu data analisisnya.

Sebelumnya, anda mesti terdaftar didalam Facebook Business. Untuk mengaksesnya, anda wajib memiliki Fanpage. Sebetulnya ribet juga sih, sebab notifikasi dari Fanpage yang terdaftar di Facebook Business ini tidak masuk kedalam aplikasi Facebook seperti biasa, namun bisa masuk ke email, atau ke aplikasi Fanpage Manager.

Langsung saja, begini cara memasang Facebook Piksel di situs anda. Hal pertama yang mesti anda siapkan adalah mengunjungi Facebook Business, dan biar lebih mudah silakan memakai komputer, laptop, maupun tablet agar tampilannya lebih leluasa.

Pertama
Di halaman Facebook Business, silakan kunjungi garis tiga horisontal atau kerap disebut 'hamburger menu' dan carilah menu Piksel yang berada di bawah menu Ukuran & Laporan.



Kedua
Sebuah sambutan "Selamat Datang" akan tampil setelah menu Piksel tadi diklik. Tampilan tersebut bukan fokusnya, silakan ke bawahnya dan anda akan menemukan tombol berwarna hijau dengan tulisan putih yang berbunyi "Siapkan Piksel".



Ketiga
Anda akan dibawa kedalam tiga pilihan, pertama "Hubungkan Platform Partner, kedua "Manually Install Pixel Code Yourself", dan "Instruksi Email Untuk Pengembang". Untuk menginstal sendiri di situs anda, silakan pilih yang kedua.


Keempat
Setelah pilihan itu, anda akan diajak untuk melakukan empat langkah lagi untuk menyiapkan Facebook Piksel di situs anda sendiri.

Pertama, siapkan menu edit template di situs anda. Kalau saya sendiri, saya pergi ke menu Tema pada Blogger untuk mengedit HTML template blog saya. Temukan tag </head> didalam template tersebut.


Kalau tag </head> sudah ditemukan, silakan salin kode berikut ini tepat di atas tag tersebut. Kalau edit template blogger anda memunculkan tanda error, silakan lakukan parse kode html tersebut. Mohon maaf, untuk situs berbasis wordpress saya belum mencobanya. Tetapi biasanya lebih mudah, karena memakai adds-on.

Setelah menambahkan kode html di template, ada menu ketiga yang mempersilahkan anda untuk memilih laporan mana yang akan dimunculkan. Disitu ada Email, Phone Number, dan lain-lain yang secara default telah diceklis 'on'. Saya membiarkannya terceklis seperti itu.

Terakhir, silakan dicek apakah Piksel pada situs anda sudah aktif atau belum. Kalau sudah aktif, maka tampilan menu keempat akan tampak sebagai gambar dibawah ini. Silakan klik "Lanjutkan".


Terakhir
Selesai. Anda tinggal melihat laporan yang disediakan oleh Facebook Business.

Apakah Facebook Pixel ini lebih baik dari Google Analytics? Sudah dijelaskan diatas, keduanya ada perbedaan. Membandingkan dua hal yang berbeda, meski sama-sama sebagai sebuah alat analisis tentu tidak bijaksana. Saran saya, silakan memakai keduanya, sebab dua alat ini hadir dengan platform yang berbeda.

Setelah mencoba beberapa waktu, saya melihat ada perbedaan hasil antara data yang disodorkan oleh Facebook Piksel dengan Google Analytics. Hasil analisis dari Facebook Piksel menghasilkan angka kunjungan yang lebih sedikit. Katakanlah Facebook Piksel menyodorkan angka 200, sementara Google Analytics di angka 220.

Lagi-lagi hal ini bisa dimaklumi karena kedua alat analisis ini hadir dari platform yang berbeda. Anda tinggal memilih mana yang paling tepat dan bakal sering anda pergunakan atau butuhkan. Saran saya, keduanya dipasang saja. 

Baiklah, segitu saja artikel tentang cara memasang Facebook Piksel ini. Apabila ada yang berkenan membagikan pengalaman dari manfaat Facebook Piksel ini? Silakan tulis di kolom komentar ya.

Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital.

20 komentar:

  1. Karena aku baru tau dari post ini ada facebook piksel alat analisis, aku belum tau seperti apa cara kerjanya.
    Yang aku tau, price di facebook businness itu tinggi juga. Seingatku kalau ngga salah 3 dollar perhari untuk mempromosikan apa yang kita share agar dijangkau atau dilihat banyak pemirsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh jangan pake promote mas Himawan hihi nanti jantungan lihat harganya... promote itu buat pebisnis yang emang mantap hitung-hitungan untung memakai platform Facebook buat jualannya. Buat saya sih gratisan aja dulu...

      Hapus
  2. Setelah ditutupnya Google+ sebagai blogger kita harus cepat beradaptasi. Utk mempromosikan blog kita ke sosmed, facebook terbukti lebih menjanjikan dibangdingkan dgn twitter, jadi bagus juga kalau blogger dipasang Facebook Pixel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah kira-kira alasan saya mas Aris. Cuma hambatannya kalo langsung di-share di Facebook agak tersendat index di Google-nya nih... gak tahu mudah-mudahan yang lain enggak ya...

      Hapus
    2. Maksdnya tersendat gmn mas ?

      Hapus
    3. Biasanya setelah posting, beberapa menit langsung terindex di Google... sekarang setelah posting langsung share ke Facebook, malah tersendat beberapa jam... atau mungkin perasaan saja hehe

      Hapus
  3. Mantul nih bang. Jadi alternatif bagi kita. Btw gmn performa loading blog kita dgn penambahan fb pixel ? Ngaruh gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ngaruh meski sedikit Bang Day, soalnya ada tambahan beban loading untuk ngambil sumber dari pihak ketiga.

      Hapus
  4. Tertutupnya G+ sedikit repot memang bagi para blogger, karna belum ada penggantinya, jadi sebagai alternatif mengshare pos itu lebih tepat ke facebook,

    piksel facebook ini hanya mengakumulasi trafik yang bersumber dari facebook saja. jadi dengan begitu kita bisa tahu presentasi trafik dari fitur piksel ini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Asnaji, semoga alternatif ini bisa jadi jalan terbaik setelab G+ ditutup.

      Hapus
  5. Wah baru tahu adanya Facebook piksel ini ya dan fungsinya hampir sama kayak Google Analitik.

    terimakasih informasinya Mas.
    BTW setelah pake Piksel pengaruh banget nggak Mas sama blognya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak terlihat pengaruhnya, mungkin kalo dicek pake gtmetrix bakal terlihat ada penurunan kecepatan loading, karena ada javascript tambahan.

      Hapus
  6. wah ternyata ada juga ya seperti ini d fb..
    aku biasanya iklan sih taunya
    emang ada insightnya,
    nice info mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yang tanpa iklan mas, jadi bisa liat analisa hasil share di Facebook. semoga bermanfaat.

      Hapus
  7. Wah baru tahu kalau ada hal seperti ini. Tapi, aku pengguna pasif untuk facebook. Jarang sih main media sosial.
    Tapi, siap. Bikin tambah informasi dan siapa tahu suatu hari tertarik.
    Terima kasih Kakak.

    BalasHapus
  8. Waduh jangan2 kedepannya facebook pixel jadi standar buat rate card blogger juga, yang biasanya pake google Analytic, memang kalau saya share di facebook trafiknya lumayan bagus padahal masih akun fb biasa aja loh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum semuanya terjadi, siap-siap aja hehe

      Hapus
  9. Bener banget ini, salah satu alternatif pengganti google+ kayaknya mas. Kalo di pikir-pikir bisa cukup efektif sih dari media sosial lain. Saatnya saya ngaktifin lagi fanpage facebook saya hehehe, trus bereksperimen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap mas, semoga eksperimennya sukses.

      Hapus