4 Aplikasi Konsultasi Dokter Terbaik di Play Store

Konsultasi dokter memegang peranan penting di era informasi ini. Sebab banjirnya informasi membuat pilihan bukan malah semakin mudah, namun semakin susah. Sehingga opini seorang dokter sebagai pemegang otoritas di dunia medis mutlak diperlukan.


Sayangnya tidak semua dari calon pasien yang ingin melakukan konsultasi dengan dokter memiliki waktu luang. Adakalanya waktu luang itu ada namun tidak sesuai dengan jadwal praktek dokter yang dituju. Sehingga hal ini mengakibatkan keinginan untuk berkonsultasi ini tertunda-tunda begitu lama. Alhasil penyakit yang pernah dikeluhkan bisa jadi kambuh dan semakin membahayakan kesehatan.

Untunglah dengan masifnya teknologi internet saat ini, telah hadir berbagai aplikasi untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Selain itu bisa pula mengagendakan pertemuan dengan dokter tersebut sesuai dengan jadwal calon pasien. Fitur lain termasuk pengiriman obat-obatan dan artikel kesehatan menjadi nilai plus dari aplikasi semacam ini.

Saya akan mengenalkan beberapa aplikasi kesehatan yang saat ini tersedia di Play Store. Urutan dari daftar ini hanya acak saja dan tidak ada maksud apapun.

Langsung saja silakan simak daftarnya berikut ini:

Halodoc Konsultasi Dokter

Halodoc hadir sejak tahun 2016. Aplikasi ini dibuat oleh Jonathan Sudharta. Pada Maret 2019 lalu, UOB Venture Management mengucurkan dana segar kepada Halodoc hingga mencapai Rp912 miliar. Dengan kucuran tersebut, Halodoc menjadi perusahaan rintisan di bidang kesehatan yang mendapat pendanaan terbesar di Indonesia.


Halodoc memiliki beberapa fitur, diantaranya fitur konsultasi dokter, fitur penjadwalan dengan dokter di rumah sakit, pengiriman obat-obatan, tes laboratorium, hingga merilis berbagai artikel kesehatan yang bisa diakses secara gratis.

Saat artikel ini ditulis, halodoc telah diinstal oleh lebih dari satu juta pengguna Android. Ia pun mendapatkan penilaian 4,8 dari total 124.929 pengguna yang menilai di Play Store.

Alodokter

Alodokter sudah hadir sejak 2014 silam. Poin utama dari aplikasi ini adalah percakapan dengan dokter. Aplikasi ini cukup memudahkan pengguna untuk melakukan konsultasi dengan dokter yang tersedia.


Fitur lain dari aplikasi adalah buat janji dokter dan pencarian rumah sakit, info kesehatan, asuransi, dan panggilan darurat. Selain itu ada pula artikel-artikel tentang kesehatan yang disediakan secara gratis buat para penggunanya.

Saat ini Alodokter telah diinstal oleh satu juta lebih pengguna. Aplikasi ini mendapatkan nilai 4,6 dari 234.951 penilai di Play Store.

KlikDokter

KlikDokter awalnya merupakan situs direktori kesehatan yang telah beroperasi sejak 2008. Ketika ekosistem perusahaan rintisan mulai bagus, KlikDokter membuat aplikasi mobile pada tahun 2015.


Ada tiga fitur utama yang ada di KlikDokter. Pertama, percakapan dengan dokter 24 jam sesuai topik. Kedua, artikel-artikel tentang kesehatan. Ketiga, health tools yang berisi Kalender Kesuburan yang bermanfaat sekali bagi pasangan yang ingin mendambakan keturunan.

KlikDokter mendapatkan seratus ribu lebih instalasi di Play Store. Ia mendapatkan nilai 4,4 dari 5.588 pengguna.

SehatQ

SehatQ menjadi aplikasi konsultasi dokter yang cukup muda. Ia dibuat pada September 2019 lalu dalam naungan Sinar Mas. Poin utama dari SehatQ tentu sama seperti yang lain, yakni konsultasi dengan dokter dan mengagendakan konsultasi secara langsung.


Fitur lain dari SehatQ adalah ketersediaan artikel-artikel self medication. Selain memberikan konsep konsultasi dokter, SehatQ juga secara konsisten memberikan opsi pengobatan diri sendiri kepada para calon pasien.

Saat artikel ini dibuat, SehatQ sudah mendapatkan sepuluh ribu lebih penginstal di Android. Dengan jumlah instal tersebut ia mendapatkan poin 4,5 dari 455 penilai di Play Store.

Dari keempat aplikasi tersebut, anda bisa menggunakan yang mana saja sesuai dengan preferensi masing-masing. Yang paling penting dari itu semua adalah anda tetap sehat dan bahagia selalu.

Bang Doel Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital. Untuk kontak silakan hubungi doeljani.indramayu@gmail.com.

4 Responses to "4 Aplikasi Konsultasi Dokter Terbaik di Play Store"

  1. asik banget ya jaman sekarang, semuanya jadi mudah..
    mau konsultasi ke dokter pun gak usah susah payah datang ke rumah sakit..
    tinggal klik klik di hp aja bisa, gratis pula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba, segala macam kegiatan sudah dimudahkan oleh internet. Termasuk konsultasi dokter semacam ini.

      Delete
  2. Belum pernah coba sih semua aplikasinya, tapi katanya kalau konsul ke dokternya via app itu berbayar ya

    ReplyDelete
  3. Hidup di era digital, informasi kesehatan pub bisa disajikan lebih mudah... Dan pastinya lebih praktis. Saya belum install satu pun wkwkwk

    ReplyDelete
Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel