Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Setiap luka pasti menyebabkan sakit dan selalu membekas. Salah satu luka yang terkenal susah dihilangkan dan perih untuk jangka waktu yang cukup lama adalah luka bakar.

Berdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar dibedakan menjadi beberapa kelompok. Pengelompokan ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan cara penanganan dan pengobatan pasien yang mengalami luka bakar.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan obat luka bakar paling ampuh. Tujuannya adalah agar mempercepat proses penyembuhan pasien. Selain itu, dengan memberikan obat yang tepat dapat mencegah infeksi pada kulit dan lain-lain.

Macam-macam Derajat Luka Bakar

1. Derajat Pertama

Pada tingkat ini, luka bakar terjadi di permukaan kulit. Ciri-cirinya adalah pembuluh darah mengalami pelebaran yang ditandai dengan munculnya warna kemerahan, kering dan muncul rasa sakit pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

Luka bakar pada tingkat ini dapat disebabkan oleh kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung. Selain itu, juga disebabkan karena terkena air bersuhu tinggi.

Anda dapat menggunakan obat luka bakar parah sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan luka tersebut kepada pasien. Dengan pemberian penanganan dan pengobatan yang tepat dapat mempercepat proses penyembuhan. Anda dapat mengakses beberapa produk obat luka bakar di www.goapotik.com.



2. Derajat Kedua

Luka bakar pada tingkat ini telah mengenai lapisan epidermis hingga dermis kulit. Selain itu, juga terjadi penumpukan pembuluh darah dibawah kulit yang kemudian akan mengeras. Ciri-cirinya adalah luka terlihat berwarna kemerahan, terasa sakit dan mengalami bengkak yang di dalamnya terdapat cairan.

3. Derajat Ketiga

Pada kondisi ini, luka bakar telah mengenai hingga ke bagian dalam, tepatnya di semua lapisan kulit. Kerusakan yang dialami pasien terjadi pada bagian semua sel kulit beserta otot dan terjadi penggumpalan pada pembuluh darah.

Pengobatan untuk penderita luka bakar pada tahap ini harus ekstra hati-hati agar mencegah munculnya infeksi dan dapat memperparah luka yang dialami pasien.

4. Derajat Keempat

Pada tingkatan ini, luka bakar telah mengenai banyak anggota tubuh seperti otot, tendon hingga ke tulang. Kerusakan pada tahap ini sampai ke sel saraf sehingga pasien mengalami mati rasa. Pada kondisi ini, pasien tentunya membutuhkan perawatan yang intensif.
Bang Doel Seorang pekerja sosial yang suka dengan gadget dan dunia digital. Untuk kontak silakan hubungi doeljani.indramayu@gmail.com.

2 Responses to "Luka Bakar Berdasarkan Tingkat Keparahannya"

  1. Anak kedua saya pernah luka bakar karena megang setrika. Duh perih hati liatnya nahan sakit. Waktu itu gk pny stok obat luka bakar. Mana malam pula. Jadinya buat nahan perih tangannya dipegangin es batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kasian Bang. Sakit banget kena setrikaan. Panasnya kayak kesetrum gitu. Soalnya pernah juga sih nyenggol waktu panasnya maksimal, untung sedikit.

      Delete
Silakan sampaikan pendapatnya ya. Maaf dimoderasi buat menghindari spam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel