Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Kredit Mobil Bekas yang Mesti Diketahui

Mobil bekas masih menjadi pilihan banyak orang. Meski mobil baru menawarkan banyak pilihan, namun kadang-kadang budget tidak sesuai harapan. Bahkan budget untuk membeli mobil bekas pun jauh dari jangkauan sebagian orang. Untuk itulah berbagai pihak menawarkan kredit mobil bekas.

Kredit mobil bekas menjadi pilihan bagi sebagian orang yang membutuhkan kendaraan roda empat, namun tabungannya masih jauh dari kata cukup. Sebagian lagi memiliki pertimbangan bisnis agar uang sisanya bisa diputar lagi.

kredit mobil bekas

Banyak tipe orang semacam ini. Sehingga kredit mobil bekas menjadi pilihan. Jika Anda bukan tipe orang semacam ini, namun budget untuk membeli mobil bekas secara tunai belum sampai, maka tiada salahnya meminang mobil bekas. Nah, berikut ini beberapa tips sebelum Anda membeli mobil bekas secara kredit.

Memiliki Uang Muka yang Cukup

Kredit mobil bekas pasti berbeda dengan kredit motor. Jarang pemberi kredit yang menawarkan bebas biaya uang muka (down payment). Namun menurut aturan OJK tahun 2019, pihak leasing boleh memberikan kebijakan uang muka paling rendah 10%.

Seperti yang diketahui, uang muka ini kerap tidak terlalu mempengaruhi angsuran. Perhitungan cicilan hingga tenor itu berakhir hampir sama meski persentase uang muka itu berbeda. Sehingga uang muka ini biasanya hanya kebijakan promosi semata.

Sehingga Anda wajib menyiapkan uang muka yang cukup. Bahkan kalau bisa dilebihkan untuk pembayaran hal-hal yang tidak terduga.

Perhatikan Tenor Cicilan

Kredit mobil bekas biasanya memiliki tenor yang pendek. Kredit ini tidak sama dengan kredit mobil yang baru. Mungkin karena harganya yang berbeda, atau kebijakan pembiayaannya yang berbeda juga.

Pada intinya Anda harus benar-benar perhatikan dan hitung dengan seksama tenor dengan cicilan yang dibebankan. Jangan sampai Anda terjebak dengan hitung-hitungan cicilan ini sementara uang muka sudah diberikan.  

Dokumen yang Diperlukan Sudah Siap

Dokumen yang diperlukan untuk memiliki mobil bekas, sama dengan yang diperlukan guna membeli mobil baru. Memang sih ada beberapa diantaranya yang masih belum diperlukan untuk ganti nama kepemilikan. Namun perubahan dokumen ini mesti dipercepat agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Ditambah lagi Anda memerlukan dokumen tambahan setelah KTP dan KK. Anda memerlukan dokumen rekening listrik, dokumen pajak, dan slip gaji untuk persyaratan pembiayaan. Pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah siap dan tidak tercecer.

Kumpulkan Referensi tentang Mobil Bekas yang Diincar

Anda memang akan dipandu oleh sales ketika datang ke dealer mobil bekas. Namun kalau Anda memiliki referensi yang bagus dan pengetahuan yang luas tentang dunia otomotif terutama mobil yang diincar, tentu menjadi nilai lebih.

Perhatikan dengan seksama setiap detail dari mobil tersebut. Beberapa kerusakan mayor yang pernah terjadi pada mobil tersebut biasanya meninggalkan bekas. Telitilah sebelum membeli.

Sebelum memutuskan untuk mengambil mobil tersebut, lakukan test drive secukupnya. Test drive ini diperlukan guna mengetahui performa mesin mobil dan manuver-manuver yang bisa dilakukan. Jika enak dibawa dan membuat Anda nyaman dengan berbagai pemeriksaan yang dilakukan, silakan ambil.

Garansi dan Kebijakan Refund

Dalam mengambil kredit mobil bekas, Anda juga perlu mempertimbangkan keberadaan garansi dari dealer. Jangan sampai setelah dibawa ke rumah, mesin mobil yang baru dibeli tadi mengalami kerusakan. Dan Anda mesti menanggung biaya servisnya sendiri. Ya, jangan sampai.

Saya jadi teringat dengan situs Mobil88 dari Astra. Di situs ini Anda bisa membeli mobil bekas dengan adanya garansi selama 1.000 km atau 30 hari setelah pembelian. Garansi tersebut meliputi komponen mesin, transmisi, sistem kelistrikan, sistem kemudi, sistem pengereman, Air Conditioning (AC), sistem penggerak roda, ban, hingga eksterior dan juga interior.

Ada lagi dari Mobil88 yang menarik, yakni kebijakan refund dana 100%  apabila pembeli tidak puas atau berubah pikiran dengan mobil bekas yang baru saja dibelinya. Pembeli tidak akan terkena pemotongan apapun ketika permintaan refund ini dilakukan sebelum 1x24 jam.

Nah, dealer Anda bisa melakukan dua kebijakan tersebut?

Demikian tips kredit mobil bekas yang mesti Anda ketahui. Apabila ada yang perlu ditambahkan, silakan kemukakan saja di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Tips Kredit Mobil Bekas yang Mesti Diketahui"