Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menemukan Mesin Cuci Terbaik

Pada setiap rumah tangga modern, salah satu komponen penunjang yang cukup penting adalah mesin cuci. Rasanya kurang afdhol jika zaman sekarang masih mengandalkan teknik manual alias masih mengucek pakaian kotor dengan tangan. Jika Anda baru pertama memulai rumah tangga, atau mesin cuci yang lama sudah usang, saya ingin berbagi tips menemukan mesin cuci terbaik.


Saya tidak akan menyebutkan merek mesin cuci apa yang perlu dibeli. Sebab terkadang, soal merek itu subjektif. Ada orang yang fanatik terhadap merek tertentu sehingga mengaburkan keunggulan merek yang lain. Oleh karena itu, saya lebih banyak berbicara spesifikasi teknis yang semestinya dipilih dan yang paling penting disesuaikan dengan daya beli dan kebutuhan masing-masing.

mesin cuci terbaik

Langsung saja inilah beberapa tips yang perlu dijadikan referensi Anda dalam menemukan mesin cuci terbaik.

Kapasitas Mesin Cuci

Mesin cuci memiliki kapasitas yang bermacam-macam. Kapasitas ini biasanya diukur menggunakan satuan kilogram. Maksud dari kapasitas ini menentukan daya tampung pakaian yang bisa dicuci dalam satu kali proses.

Rata-rata mesin cuci yang ada di pasaran biasanya memiliki kapasitas 6 kg hingga 20 kg. Kapasitas ini merupakan kapasitas saat baju dicuci. Jadi ketika ada mesin cuci dengan dua tabung, maka yang dihitung adalah tabung untuk cucian saja, bukan untuk pengeringan.

Setelah mengetahui kapasitas mesin cuci yang bakal dibeli, selanjutnya yang perlu diperhitungkan masak-masak adalah berat baju kotor yang biasa dicuci sehari-hari. Jangan sampai Anda membeli mesin cuci yang kapasitasnya jauh melampaui berat baju kotor tadi, karena bakal menghabiskan daya listrik yang lebih banyak dari yang diperlukan. Pun jangan sampai membeli mesin cuci yang kapasitasnya lebih kecil daripada 'produksi' baju kotor harian Anda. Hal ini sepertinya tak perlu dijelaskan.

Top Loader atau Front Loader

Setelah mengetahui jenis tabungnya, Anda perlu memperhatikan bentuk mesin cuci. Bukan, jangan melihat desainnya. Silakan perhatikan tutupnya. Ada mesin cuci yang memiliki tutup diatas, ini disebut top loader, dan ada yang tutupnya di depan yang disebut front loader.

Kedua jenis tutup mesin cuci ini bukan semata soal desain. Namun dibuat seperti itu karena keduanya berbeda. Mesin cuci top loader memiliki kecepatan putar yang lebih gesit dibandingkan front loader. Karena penggunaan airnya lebih sedikit. Hal ini dikarenakan posisi mesinnya horisontal.

Sementara itu, mesin cuci front loader memiliki kapasitas yang lebih banyak. Sebab mesin cuci ini hanya memiliki satu tabung yang menggabungkan ruang bilas dengan ruang peras atau pengeringan.

Ketersediaan Ruang

Sebelum membeli mesin cuci, perhatikan ruang kosong di rumah Anda yang bakal menjadi tempat pencucian tersebut. Hitung dengan seksama panjang kali lebarnya. Perhitungkan juga saluran air dan pembuangan yang paling dekat agar proses mencuci Anda lebih mudah.

Untuk saluran air, banyak orang yang bisa membuatnya setelah mesin cuci itu datang. Anda bisa melakukannya dengan pipa tambahan atau selang khusus pembuangan yang mudah ditemukan di toko material. Namun Anda bakal kesulitan apabila mesin cuci yang dibeli ternyata tidak muat ditempatkan di ruangan khusus cucian.

Anda mesti menentukan mesin cuci yang bakal dibeli, apakah satu tabung atau dua tabung. Sebab masalah tabung ini cukup menentukan dimensi mesin cuci tersebut.

Tingkat Kebisingan

Mesin cuci merupakan sebuah alat elektronik yang menggunakan motor penggerak dari dinamo. Komponen kelistrikan ini kadang-kadang menimbulkan bunyi yang cukup keras ketika dinyalakan. Apalagi difungsikan untuk mengeringkan pakaian.

Nah, kalau bisa carilah mesin cuci dengan tingkat kebisingan rendah. Sayangnya untuk persoalan ini Anda mesti mencari referensi yang banyak. Sebab di toko elektronik Anda tidak diizinkan untuk menyalakan mesin cuci.

Mendukung Penggunaan Air Hangat

Adakalanya Anda memiliki noda membandel yang hanya bisa dihilangkan dengan air panas. Bisa juga pakaian Anda kerap berbau dan hanya bisa hilang dengan menggunakan air yang baru direbus. Namun kalau masih dicuci secara manual, buat apa Anda membeli mesin cuci?

Untuk itu pilihlah mesin cuci yang bisa mendukung penggunaan air hangat atau panas. Rata-rata mesin cuci dengan front loader yang bisa mencuci dengan menggunakan air panas. Sebab bilah putar mereka tidak memakai plastik, namun menggunakan logam sehingga cukup tahan panas.

Punya Fitur Child Lock

Buat Anda yang berminat meminang mesin cuci front loader, dan memiliki anak balita di rumah, tentu sempat terpikir kalau mereka bisa membuka tutup mesin tersebut. Untuk mesin cuci dengan top loader mungkin agak sedikit aman karena tutupnya berada diatas jangkauan buah hati Anda.

Untunglah pada sebagian mesin cuci ada fungsi yang disebut child lock. Fungsi ini berguna buat mengunci tutup mesin cuci ketika sedang dioperasikan. Ya, sesederhana itu, tapi sangat penting.

Mudah Digunakan

Rasanya dari keenam fitur diatas, belum lengkap kalau mesin cuci itu sulit dipergunakan. Batalkan pembelian Anda apabila petunjuk pengoperasiannya dipahami. Mesin cuci itu hanya perlu satu tombol untuk mencuci, membilas, dan mengeringkan. Tentu dengan frekuensi yang bisa diatur.

Kalau tombolnya terlalu rumit untuk dipahami, buat apa?

Itulah tujuh tips buat Anda agar bisa menemukan mesin cuci terbaik. Silakan berikan komentar Anda apabila ada yang perlu ditanyakan atau ditambahkan dari tips tersebut.

1 komentar untuk "7 Tips Menemukan Mesin Cuci Terbaik"

  1. Sepertinya mesin cuci front loader banyak kelebihannya ya, tapi harganya lumayan juga hihi

    BalasHapus