Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjual Mobil Bekas di Seva.id

Di masa pandemi ini, banyak orang yang melepaskan asetnya untuk kebutuhan yang lebih primer. Bagi pemilik mobil, menjual aset bergerak ini tentu menjadi salah satu pilihan. Nah, buat Anda yang pengin menjual mobil bekas coba saja ke Seva.id.


seva mobil bekas

Tentang SEVA.id

Seva.id merupakan website yang dibuat oleh PT. Astra Digital International. Website ini berisikan layanan marketplace jual beli mobil baru maupun mobil bekas, properti, suku cadang, simulasi kredit, jasa keuangan, serta penyediaan berita dan informasi terkait hal-hal tersebut. Situs Seva beralamat di https://www.seva.id.

Sejak dirilis pada bulan September 2018, marketplace mobil bekas ini sudah menggebrak pasar otomotif Indonesia. Ia pertama kali dikenal karena melakukan flash sale mobil dari September hingga Desember 2018.

Sebagai marketplace otomotif yang terus bertumbuh, Seva mendapat berkah karena berada dibawah manajemen grup Astra. Hal ini memungkinkan marketplace ini terintegrasi dengan jaringan Astra yang sangat luas di Indonesia. 

Tentu saya tak harus menjelaskan apa itu marketplace, 'kan? Jadi di Seva, Anda bisa menjual dan atau membeli mobil bekas maupun baru. Dan semua orang pun memiliki kesempatan yang sama selama ia memiliki akun di website Seva.

Nah, buat Anda yang pengin menjual mobil bekas di Seva, begini caranya.

Cara Menjual Mobil Bekas di Seva

Adakalanya sebelum membeli mobil baru, Anda mesti menjual mobil lama terlebih dahulu. Entah karena alasan budget, atau karena terbatasnya garasi di rumah Anda.

Yang jelas Anda berada di tempat yang tepat untuk menjual mobil bekas. Meski begitu Anda juga perlu melakukan beberapa hal sebelum mobil bekas Anda masuk listing di Seva dan bertemu dengan pembelinya.

Masuk kategori Jual Mobil Saya

seva mobil bekas

SEVA sudah memberi petunjuk bagaimana cara menjual mobil Anda di platform ini. Sebab saat Anda mengklik kategori Jual Mobil Saya, maka ada halaman khusus yang memberikan keterangan cara-cara dalam menjual mobil bekas di Seva.

Pada halaman tersebut ada tombol biru dengan tulisan Jual Mobil Saya. Klik saja tombol tersebut untuk meneruskan langkah Anda menjual mobil bekas di Seva.

Registrasi Akun di Seva

seva mobil bekas

Ada dua pilihan di halmaan registrasi saat tombol Jual Mobil Saya tersebut diklik. Yakni Anda diminta untuk registrasi akun, atau jika sudah memiliki akun di Seva, tinggal login saja.

Saya mengasumsikan Anda belum memiliki akun. Untuk itu silakan isi data secara lengkap sesuai dengan kartu identitas yang Anda miliki.

Isikan nomor telepon, email, nama depan dan belakang, lalu buat password. Anda juga bisa memanfaatkan akun Facebook atau akun Google untuk melakukan registrasi. Klik Register Akun jika sudah selesai.

Silakan pindah tab di browser Anda untuk membuka email yang tadi didaftarkan ke Seva. Sebab Seva kemudian mengirimkan tautan aktivasi agar akun yang tadi dibuat bisa aktif.

Silakan buka email dan temukan email dari Seva. Kalau tidak ada di inbox reguler, silakan cari di spam atau junk email. Kalau emailnya sudah berhasil ditemukan, silakan klik tombol berwarna merah dengan tulisan Aktifkan Sekarang.

Mengisi Aset

seva mobil bekas

Silakan login dengan akun SEVA yang sudah Anda buat tadi. Anda akan dibawa ke halaman profil yang bisa diubah kapan saja.

Untuk membuat listing, di halaman profil ini Anda mesti mengklik Aset Saya yang letaknya dibawah menu Data Saya. Pertama kali Anda mesti mengunggah data tentang kendaraan Anda.

Isi seluruh isian yang diminta, kemudian unggah pula maksimal sepuluh foto terbaik dari mobil Anda dari berbagai sisi.

Yang terakhir, Anda bisa mengklik Simpan jika sudah selesai. Kini mobil Anda sudah ditambahkan di profil.

Langkah selanjutnya adalah pilih menu Jual Mobil Saya di halaman aset ini. Kalau Anda belum memasukkan data aset tadi, halaman ini akan muncul isian lagi yang sama persis dengan isian aset.

Anda langsung diarahkan ke Jual Mobil Saya di halaman akun. Apabila Anda belum mendaftarkan aset sebelumnya, maka halaman Jual Mobil Saya ini masih perlu diisi lagi.

Jika sudah selesai, jangan lupa mencentang pilihan persetujuan, izin untuk menghubungi, dan memberikan calon pembeli untuk menawar (opsional). Lalu klik Jual Mobil Saya.

Selamat, Mobil Anda Masuk Listing

Anda tinggal menunggu calon pembeli yang berminat dengan mobil bekas Anda. Saat listing sedang berjalan, Anda juga bisa membagikan tautan Seva ke media sosial agar cepat tersebar.

Penutup

Demikian pendapat saya tentang situs jual beli mobil bekas Seva. Apabila ada perubahan yang terjadi di lain hari, artikel ini akan saya perbarui sesuai dengan data dan informasi yang saya dapatkan.

Terima kasih atas perhatiannya, dan selamat berkunjung dan mencari mobil di Seva Mobil Bekas.