Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Edit Gambar Online Secara Mudah dengan DesignCap.com

Gambar pada sebuah tulisan di internet dipercaya mampu meningkatkan keterlihatan atau engagement. Hal ini dibuktikan dengan beberapa studi yang mengungkap bahwa postingan dengan gambar ternyata lebih banyak diklik oleh pengunjung.

edit gambar online

Alasannya tentu kembali pada sifat naluriah mata yang lebih cepat tertuju pada kombinasi bentuk dan warna daripada tulisan semata.

Saya pernah mencoba hal tersebut. Saya membuat dua postingan dalam waktu yang bersamaan, dengan konten yang sama, dan pada audience yang juga sama. Hasilnya postingan dengan gambar memang menghasilkan engagement yang lebih baik daripada hanya berupa tulisan saja.

Pentingnya Gambar pada Sebuah Artikel

Hal ini pun berlaku untuk blogger yang berharap link yang dibagikan di media sosial juga memiliki engagement yang lebih baik. Ya, sertakan gambar yang juga menarik pada gambar feature. Sehingga ketika dibagikan, gambar tersebutlah yang muncul di media sosial bersama tautan blog dibawahnya.

Kalau gambar tersebut tidak muncul ketika diunggah di Facebook, misalnya, bisa jadi sistemnya belum mendeteksi gambar tersebut. Silakan manfaatkan fitur Facebook debug.

Kembali ke soal pentingnya gambar dalam sebuah artikel di blog, baik itu sebagai gambar feature maupun gambar pendukung dan infografis, gambar ini mestilah dibuat semenarik mungkin.

Sayangnya tidak semua orang punya piranti lunak mahal untuk mengolah gambar sehingga membuatnya menjadi menarik. Piranti lunak yang dimaksud biasanya digunakan untuk mereka yang menekuni dunia desain grafis.

Sehingga sebagian blogger memanfaatkan piranti lunak bajakan yang gratis. Nah, soal ini saya punya rekomendasi terbaru untuk melakukan edit gambar. Karena sebagian blogger sudah terbiasa online, maka piranti lunak ini juga berbasis situs yang harus diakses secara online.

Edit Gambar Online

Edit gambar online ini memang dibuat untuk mereka yang pengin praktis dalam membuat gambar pendukung atau ilustrasi buat artikel. Sebab telah tersedia begitu banyak template yang siap pakai untuk menunjang pembuatan gambar atau ilustrasi tadi.

Mulai dari teks siap pakai, pemilihan huruf, beragam bentuk, ilustrasi, foto, hingga template bisa dipilih sesuai selera. Bahkan untuk berbagai postingan di berbagai platform digital juga telah tersedia.

Kelemahan edit gambar online tentu saja tidak bisa dipergunakan apabila mengalami kendala jaringan apalagi tidak terhubung sama sekali dengan internet. Sebab untuk mengakses sumber dayanya, diperlukan koneksi internet yang baik.

Aplikasi edit gambar online berbasis website ini memang pilihan yang masuk akal, mengingat begitu mahalnya aplikasi edit gambar offline yang cukup mainstream. Untuk itu, saya sedang mencoba aplikasi edit gambar online DesignCap.

Tentang DesignCap.com

DesignCap merupakan situs edit gambar online yang dikembangkan oleh PearlMountain. Perusahaan yang berbasis di Chengdu, Sichuan, Tiongkok, ini mengembangkan berbagai piranti digital yang variatif di industri kreatif.

PearlMountain mengembangkan FotoJet untuk mengedit foto, DesignEvo untuk pembuatan logo, FlexClip untuk edit video, dan yang sedang kita bahas sekarang yakni DesignCap.

Beberapa produk piranti lunak PearlMountain juga bisa diunduh oleh pengguna Windows, yakni Picture Collage Maker Pro, CollageIt, Image Converter, dan Greeting Card Builder.

Kalau Anda pengguna Mac, maka ada lebih banyak lagi piranti yang bisa didapatkan. Beberapa diantaranya yakni Picture Collage Maker for Mac, CollageIt for Mac, Publisher Plus for Mac, Watermark Plus for Mac, Posterist for Mac, Scrapbook Crafter for Mac, PicLight for Mac, VideoGIF for Mac, PicGIF for Mac, dan Greeting Box for Mac.

Cara Menggunakan DesignCap

Untuk menggunakan DesignCap sebetulnya hampir sama dengan situs-situs pada umumnya. Anda diwajibkan untuk membuat akun disini. Jika sudah terdaftar, silakan login.

Oh iya, sebelumnya Anda mesti login dengan memakai komputer bukan ponsel. Sebab tampilannya tentu jauh lebih enak dan nyaman ketika memakai layar yang lebih besar.

edit gambar online designcap

Untuk membuat sebuah gambar, Anda bisa memulainya langsung dengan memilih tombol berwarna jingga dengan tulisan Get Started Now, kemudian silakan pilih Create New. Dari sini Anda dipersilakan untuk memilih beragam kategori yang tersedia template yang tersedia, atau memulainya dengan ukuran sendiri.

Jika sudah memiliki tujuan pembuatan gambar, Anda bisa memilih untuk memulai DesignCap dari menu Category maupun Template. Category lebih rapi dan terfokus, sebab DesignCap sudah memilahnya dengan kategori-kategori yang lebih kecil. Sementara untuk Template, kategorinya tersaji dalam satu baris. Keuntungannya dari menu Template, anda bisa melihat preview terlebih dahulu.

Buat yang menggunakan produk sebelah, tampak perbedaan DesignCap diawal-awal. Pasalnya disini tidak ada pengaturan ukuran untuk kebutuhan sendiri. Yang ada hanyalah Anda hanya diminta untuk menyesuaikan dengan platform tertentu saja.

Jika sudah memilih salah satu template yang dibutuhkan, anda ditawari dua tombol Preview atau Costumize didalam template tersebut. Klik Preview jika Anda menginginkan untuk melihat tampilannya lebih jelas, atau klik Costumize apabila menginginkan langsung melakukan edit gambar.

Elemen Edit Gambar

edit gambar online designcap

Elemen edit yang dipergunakan menurut saya cukup banyak. Kalau dibilang sama dengan kompetitor sih ya mungkin hampir sama. Kelebihan DesignCap adalah pengelompokkannya terstruktur.

Anda bisa menemukannya pada menu Modules. Dimana berbagai template teks maupun infografis siap pakai disediakan secara berlimpah dan banyak yang gratis. Buat yang suka membuat infografis, rasa-rasanya DesignCap merupakan pilihan paling masuk akal.

Semuanya tersedia cukup melimpah. Mulai dari ketersediaan foto, bentuk, diagram, grafis, garis, dan gambar unggahan sendiri. Betul-betul sangat melimpah. Dan Anda bisa menemukannya di elemen edit DesignCap.

Untuk pelanggan gratis, buat saya DesignCap cukup mewah. Banyak foto bagus yang mungkin kalau di tempat lain berbayar, Anda bisa menggunakannya disini secara gratis. Menurut saya ini merupakan nilai plus dari DesignCap.

Sayangnya hasil ekspor dari DesignCap masih cukup besar apabila Anda menggunakannya untuk postingan blog. Sehingga kalau tetap dipergunakan, Anda mesti mengecilkannya di aplikasi lain. Ya, memang sedikit merepotkan sebab tidak ada pilihan untuk melakukan resize di DesignCap sebelum diekspor.

Harga Berlangganan

Sebetulnya dengan memakai DesignCap secara gratis saja, Anda sudah mendapatkan sumber daya yang melimpah. Namun pada beberapa gambar dan template tertentu ada tanda diamond hijau yang berarti hanya bisa diakses manakala Anda berlangganan.

Berbagai pembatasan lain juga berlaku untuk pengguna paket gratis. Misalnya hanya bisa menyimpan lima desain dan mengunggah lima gambar saja. Kemudian hanya bisa mengunduh hasil kreasi dalam bentuk JPEG saja.

Ada tiga tipe berlangganan di DesignCap. Yang pertama tentu saja Free plan, kedua Basic, dan ketiga Plus. Untuk langganan Basic, Anda mesti membayar $4.99 setiap bulan dan Plus $5.99 perbulan.

Saat ini sedang ada promosi di DesignCap. Jika Anda berlangganan paket Basic satu tahun, maka cukup membayar $59.88 saja. Anda sudah menghemat $48.00. Sementara untuk Plus mesti membayar $71.88 pertahun atau hemat $84.00.

Silakan tentukan paket mana yang Anda pilih untuk mendapatkan berbagai keunggulan dari DesignCap.

15 komentar untuk "Edit Gambar Online Secara Mudah dengan DesignCap.com"

  1. Bang Doel emang TOP nulis artikel. Baru tahu lho ada aplikasi ini. Langsung meluncur buat coba-coba dulu

    BalasHapus
  2. keren bang langsung otw ke tekape tau nya selama ini cuma desain toko sebelah hehe.. jd ada alternatif nih..mksh yak

    BalasHapus
  3. Mudah ya cara pemakaiannya.. Auoto donlot deh

    BalasHapus
  4. Ooo..ok .. jadi tau.. gambar juga berpengaruh yang bang doel dalam sebuah blog untuk menarik pembacanya berlama lama. . Dan jadi paham juga dengan designcap, selama ini masih akrab dengan produk sebelah..harus coba versi trialnya nich

    BalasHapus
  5. wah ada lagi toh tempat edit gambar online designcap mau coba dehh tapi yang free hahaha, yang gratis memang lebih menarik huhu.

    BalasHapus
  6. Designcap, noted
    Emang perlu bgt buat ilistrasi tulisan. Tapi jiwa seni harus kuat juga ya 😀

    BalasHapus
  7. Terima kasih ulasannya, saya langsung bikin akun nih di designcap.
    Untuk eksplor dalemannya, ntar aja klo udah longgar, yang penting udah punya akun dulu di sana hehehe

    BalasHapus
  8. Designcap ini beneran baru tahu lho Bang. Jadi pengen unduh juga nyobain hehe

    BalasHapus
  9. Eh bukan Aplikasi ya. Tapi edit gambar online ya. Nanti mau cobain penasaran tampilan dan fitur designcap ini

    BalasHapus
  10. Baru denger ada aplikasi ini. Biasanya mah cuma pakai yang standard aja kek yang dipake orang-orang hehe. Noted Bang, terimakasih rekomendasinya

    BalasHapus
  11. ada aplikasinya ga bang? aku pengen coba deh, penasaran soalnya udh banyak banget pake canva hehe. lumayan alternatif nih

    BalasHapus
  12. Jadi ingin coba pakai designcap. Sepertinya bisa dijadikan alternatif juga nih.
    Untuk editnya juga tidak sulit sepertinya. Asyik deh.

    BalasHapus
  13. Cuzz ke desaincap deh. Selama ini pake canva atau picsart. Rasanya bosan juga. Mau pakai yang lain takut coba-coba. Makasih Bang doel

    BalasHapus
  14. Baru tau nih saya soal designcap ini. Mesti dicoba nih biar gak makin penasaran, sekalian nyobain juga

    BalasHapus
  15. Nice inpoh bang Doel... menambah referensi berbagai aplikasi serupa nih. Tinggal cocok2an ma pengguna

    BalasHapus