Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Persyaratan Jangkar Kapal Yang Harus Dipenuhi oleh Para Pelaut

Jangkar kapal adalah alat labuh yang digunakan oleh kapal ketika ingin berlabuh di perairan supaya tidak bergerak ketika terkena ombak air yang tinggi dan juga angin yang kencang di lautan.

Jangkar kapal biasanya diturunkan pada dasar laut sehingga saat jangkar turun maka kapal tidak akan bisa bergerak dengan bebas walau terkena hembusan angin yang kencang sekalipun. Jangkar kapal ini juga dibagi dalam beberapa jenis dan tipe tergantung dari perairan dan juga jenis kapal yang digunakan untuk berlayar tersebut.

Persyaratan Jangkar Kapal

Persyaratan Jangkar Kapal Yang Harus Dipenuhi

Jangkar kapal adalah perlengkapan kapal yang sangat penting dan memiliki fungsi yang tidak bisa kita sepelekan. Nah, oleh sebab itu tentu saja jangkar kapal harus dibuat dengan memenuhi kualifikasi atau persyaratan-persyaratan khusus yang harus terpenuhi agar bisa menahan beban kapal supaya bisa terkendali dan tidak bergerak saat terkena beban ombak atau angin yang kencang. Berikut adalah beberapa persyaratan jangkar kapal yang harus dipenuhi agar bisa menahan kapal supaya tidak bergerak saat berlabuh.

1. Berat Jangkar, Kekuatan Dan Jumlah

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah jangkar kapal adalah tentang berat, kekuatan dan juga jumlah yang harus bisa menyesuaikan dengan beban kapal yang digunakan.

Semakin besar kapal maka tentu saja jangkar yang dipakai juga harus semakin berat atau besar. Begitu juga sebaliknya, semakin kecil berat dari kapal tentu saja beban jangkar kapal juga akan semakin kecil.

Jumlah jangkar pada kapal juga harus disesuaikan sehingga kekuatan kapal bisa seimbang antara sisi kanan dan juga sisi kiri badan kapal agar tidak berat sebelah.

2. Panjang Harus Disesuaikan

Persyaratan jangkar kapal berikutnya adalah mengenai panjang yang harus disesuaikan. Selain berat dan juga jumlah yang dapat mempengaruhi kekuatan dari tarikan kapal, panjang jangkar juga perlu anda perhatikan.

Dimana panjang suatu jangkar kapal harus cukup untuk bisa mengikat rantai pada kapal. Jangkar kapal tidak boleh terlalu panjang atau terlalu pendek karena juga bisa mempengaruhi kinerja dan juga pengoperasian jangkar kapal tersebut.

3. Rantai Jangkar Harus Bisa Diikat Dengan Sempurna

Untuk keamanan kapal yang beroperasi di lautan, tentu saja rantai jangkar harus bisa diikat dengan sempurna dan juga di tempatkan di tempat yang benar-benar strategis supaya bisa digunakan dengan mudah saat kapal sedang berlabuh.

Jika rantai jangkar tidak terikat dengan sempurna, bisa-bisa jangkar kapal bisa terlepas sehingga jangkar kapal tidak bisa digunakan ketika kapal sedang berlabuh. Selain itu jangkar kapal harus diletakan di tempat yang mudah dijangkau, sehingga bisa dilepaskan dengan mudah oleh anak buah kapal.

4. Bentuk Peralatan Jangkar Harus Selaras

Selain beberapa hal diatas, yang tidak kalah penting dalam persyaratan jangkar kapal adalah membutuhkan penempatan atau tata letak yang sudah disesuaikan dengan bentuk dari jangkar kapal tersebut.

Saat jangkar kapal sudah ditempatkan pada tempat yang sesuai dengan bentuknya tentu saja jangkar bisa dengan mudah digunakan serta tidak akan buang-buang waktu ketika pengoperasiannya.

Jangkar kapal juga harus dilengkapi dengan peralatan yang memang mendukung dalam pengoperasiannya.

5. Kuat Dari Sentakan

Persyaratan terakhir yang harus dipenuhi oleh jangkar kapal adalah harus bisa menahan tegangan atau sentakan.

Karena muatan dan juga cuaca tidak menentu ketika kapal sedang berlayar, oleh sebab itu maka harus dibuat jangkar kapal yang bisa tahan dari tegangan atau sentakan yang muncul ketika kapal sedang berlayar atau berlabuh.

Sehingga saat rantai jangkar mulai keluar dari kapal dan jangkar mulai diturunkan, jangkar dan juga rantai kapal harus bisa menahan tegangan dan juga sentakan yang timbul dari gesekan dengan air atau ombak yang tentu saja tidak bisa kita prediksi kapan datangnya. Nah itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh jangkar kapal supaya jangkar kapal bisa bekerja dengan maksimal dan sempurna ketika digunakan untuk melaut atau berlayar.

Jangkar kapal adalah peralatan yang sangat penting dengan fungsi yang cukup signifikan sehingga beberapa persyaratan diatas harus terpenuhi.

2 komentar untuk "5 Persyaratan Jangkar Kapal Yang Harus Dipenuhi oleh Para Pelaut"

  1. Masa kecil saya di pesisir main perahu di pantai, jangkarnya dari batu karang yang diikat dengan tali nilon..

    Kalo kapal besar seperti foto di atas kebayang deh berat besinya

    BalasHapus
  2. pelaut adalah pekerjaan paling menantang..

    BalasHapus