Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cargo Logistik Dibalik Suksesnya E-Commerce Tanah Air

Bisnis ritel cukup terpukul dengan penetrasi masif e-commerce yang tak terhindarkan. Era internet membuat belanja cukup lewat gawai saja. Meski begitu segalanya terjadi berkat bisnis jasa cargo logistik yang juga semakin bersemi.

cargo logistik

Anda tentu pernah mendengar berbagai nama yang bertahun-tahun cukup mapan dalam bisnis ritel seperti Ramayana, 7-Eleven, Lotus, dan Matahari, yang harus menyerah dengan menutup berbagai gerainya di berbagai tempat.

Banyak kalangan menyebut mereka tergeser oleh kultur baru belanja yang dilakukan oleh masyarakat. Koneksi internet yang semakin mudah membuat perusahaan besar maupun rintisan mengerahkan sumberdayanya untuk membangun situs e-commerce.

Situs ini bisa berbentuk marketplace maupun ritel online. Namun pada intinya pengunjung situs hanya memerlukan gawai berupa telepon seluler yang bisa terhubung ke internet.

Lalu silakan bandingkan sebuah situs e-commerce dengan mall-mall besar, manakah yang lebih banyak pengunjungnya? Bandingkan pula besaran transaksi yang terjadi. Sementara yang satu harus memelihara gedung, yang satunya 'cuma' perlu merawat situs agar tidak lemot ketika diakses jutaan pengunjung setiap hari.

Peran Cargo Logistik

Secanggih-canggihnya situs e-commerce dalam mengelola pengunjung, muara akhirnya tetap pada pengiriman. Sehingga kultur belanja masyarakat semacam ini ikut mendongkrak pula bisnis jasa logistik.

Bahkan beberapa e-commerce juga menjual barang yang ada diluar negeri. Barang-barang tersebut akan dikirim langsung dari negara asalnya ke Indonesia. Pengiriman tersebut tentu menggunakan cargo logistik yang lebih kompleks dibandingkan pengiriman lokal antar kota di dalam negeri.

Untungnya selama ini semuanya tetap berjalan dengan baik. Bisnis cargo logistik tetap berjalan secara linier dengan perkembangan bisnis e-commerce di tanah air.

Bahkan tanpa cargo logistik sepertinya e-commerce tidak akan berkembang seperti sekarang. Bisa jadi mungkin transaksi di internet tidak akan berjalan.

Itulah mengapa setiap hari banyak bermunculan nama-nama baru di bisnis jasa cargo logistik. Namun nama lama seperti SERA yang memiliki bisnis jasa logistik bernama SELOG tetap tak tergeser bahkan terus berkembang.

SELOG dari SERA

SERA adalah anak usaha Astra yang bernama lengkap PT. Serasi Autoraya. Anak usaha ini persis induknya, yang memiliki anak usaha lagi dengan nama merek masing-masing. SERA punya Astra FMS, yang bergerak di bidang manajemen sistem informasi jasa penyewaan transportasi dan cargo logistik.

Selain itu ada TRAC yang merupakan jasa penyewaan transportasi. Mobil88 juga masih dibawah SERA yang berfungsi sebagai platform jual-beli mobil bekas. Ada IBID juga yang menjadi situs lelang otomotif. Nah, yang kita bahas sekarang adalah SELOG.

SELOG ini beroperasi di bidang jasa cargo logistik. Perusahaan ini menggarap berbagai bisnis jasa tersebut terutama pada bisnis logistik b2b atau business to business. Berikut merupakan bisnis lengkap yang digarap oleh SELOG.

Contract Logistics

Jasa contract logistics merupakan jasa yang dikelola SELOG untuk menyatukan perencanaan, penerapan, sampai proses pengawasan logistik yang dikirimkan. Jasa ini melayani eskpor-impor kendaraan roda empat beserta komponennya.

Shipping Services

Bagi Anda yang punya bisnis pengiriman barang antar pulau, SELOG juga memiliki jasa Shipping Service. Jasa ini memakai moda transportasi laut seperti motor boat untuk mengirimkan berbagai kargo yang memuat barang-barang otmotif, industri alat berat, dan muatan lainnya.

Shipping Agency

SELOG memiliki jasa agen pengiriman yang berkolaborasi dengan Jardine Shipping Services (JSS) sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

Freight Forwarding

Untuk alat berat atau kargo lainnya, SELOG juga menawarkan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengangkutan untuk wilayah dalam negeri dengan jaminan keamanan (safety), tepat waktu (on time) dan zero defect.

Warehouse and Yard Management

SELOG juga menawarkan jasa pengelolaan dan penyimpanan barang buat Anda yang memiliki bisnis yang mesti menjaga suplai distribusi barang secara lengkap.

SELOG juga memiliki Warehouse Management System (WMS) yang memungkinkan proses pelacakan secara berkelanjutan terkait penerimaan, penjemputan, pengiriman, dan penahanan barang, barang rusak, serta pesanan yang telah selesai. Tidak hanya itu, WMS juga memungkinkan pelanggan dapat melihat status persediaan barang hingga tingkat persedian yang rendah secara real time.

Courier Services

SELOG pun memiliki jasa kurir ekspres yang siap untuk mengirimkan paket Anda dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, layanan SELOG ini terbagi ke dalam layanan standar dan layanan solusi. Layanan standar meliputi same day service, next day service, dan regular service.

Dengan layanan tersebut, Anda tidak perlu khawatir apabila membutuhkan layanan khusus seperti layanan VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) untuk dokumen atau pengiriman paket dan barang berat yang terlalu besar untuk dikirimkan dengan layanan kargo biasa.

Posting Komentar untuk "Cargo Logistik Dibalik Suksesnya E-Commerce Tanah Air"