Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Kamu Konsumsi

Kolesterol merupakan senyawa yang terbentuk secara alami didalam tubuh. Ada kolesterol HDL dan ada LDL. Ketika didalam tubuh yang banyak terbentuk malah kolesterol LDL, maka akan timbul berbagai macam penyakit berbahaya. Makanya kita perlu menyeimbangkannya dengan makanan penurun kolesterol agar kadar kolesterol selalu seimbang.

Makanan Penurun Kolesterol

Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja. Jadi jangan buru-buru berpikir negatif soal kolesterol. Yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penyakit dan juga menyumbat aliran darah. Oleh karena itu penting untuk rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol.

Kolesterol Tergantung Gaya Hidup

Seiring dengan gaya hidup atau lifestyle orang-orang masa kini, kolesterol tinggi tidak hanya mengincar orang tua saja, faktanya anak-anak pun bisa mempunyai kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan asupan makanan yang tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak.

Semakin banyak makan berlemak yang masuk dalam tubuh Anda, maka penumpukan lemak akan semakin memperbesar kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Contoh makanan berlemak adalah gorengan, daging kambing, susu, dan masih banyak lagi.

Ketika kadar kolesterol LDL tinggi, maka akan menimbulkan penyumbatan aliran darah. Tentu saja timbunan lemak jahat itu akan mengganggu suplai makan menuju jantung. Hal ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Kadar kolesterol tinggi seringkali dikaitkan pada mereka yang bertubuh besar atau obesitas.

Namun nyatanya orang kurus pun dapat mempunyai kolesterol tinggi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh tidak dijaga. Namun, tidak semua makanan berakibat buruk untuk tubuh, ada makanan penurun kolesterol juga kok. Menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan langkah konsumsi nutrisi yang tepat.

10 Jenis Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Nah, berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, ragam dan jenis makanan penurun kolesterol. Kemampuan makanan penurun kolesterol dalam tubuh berbeda-beda. Makanan yang mengandung serat larut mampu mengikat kolesterol dalam pencernaan dan mencegahnya masuk sirkulasi darah. Ada juga makanan yang mampu menurunkan tingkat LDL secara langsung berkat kandungan lemak tidak jenuh yang dimilikinya.

1. Buah Jeruk nipis

makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol tinggi salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Bagaimana cara mengkonsumsinya? Kamu cukup dengan minum air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur dengan air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera menurun.

2. Buah Anggur

makanan penurun kolesterol

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai antioksidan. Berkat kandungannya, anggur dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol yang tinggi. Cara mengkonsumsinya adalah dengan meminum jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Buah Jambu merah

makanan penurun kolesterol

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuhmu. Ada antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, jambu merah berguna sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Kamu bisa langsung memakannya langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus. Pastikan untuk mengkonsumsi jambu merah secara rutin.

4. Biji-bijian

Nutrisi yang tinggi di dalam biji-bijian utuh dapat meningkatkan kemampuan sel di dalam tubuh berkembang dengan baik untuk mencegah efek dari radikal bebas baik dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan menyediakan berbagai nutrisi seperti protein, fiber, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B. Berkat kandungannya itu, biji-bijian utuh dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi.

5. Sayur Brokoli

makanan penurun kolesterol

Brokoli dikenal sebagai makanan penurun kolesterol tinggi. Karena , brokoli banyak mengandung serat yang tinggi yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli juga akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami . Dengan begitu berbagai penyakit dalam tubuh akan segera dibasmi agar tidak merambah ke organ lainnya. Untuk mendapatkan manfaat brokoli yang bisa menurunkan kolesterol, olah brokoli dengan cara direbus dan hindari penggunaan minyak untuk mengonsumsi brokoli. Cara ini bisa kalian lakukan rutin setiap harinya.

6. Coklat hitam

makanan penurun kolesterol

Mengkonsumsi coklat hitam bisa menjadi cara menyenangkan untuk menurunkan kandungan kolesterol. Alasan cokelat merupakan makanan penurun kolesterol tinggi adalah berkat kandungan theobromine yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik. Sehingga keadaan kolesterol akan menjadi seimbang di dalam tubuh manusia.

7. Buah Apel

makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol tinggi lainnya adalah buah apel. Buah ini memiliki banyak manfaat terutama kulitnya mengandung pektin yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, yang nantinya akan dibawa keluar tubuh melalui cairan urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. BUkan hanya itu saja, serat apel akan memberikan rasa kenyang yang lama sehingga kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

8. Buah Jenis Berry

Keluarga Berry seperti strawberry, blueberry, cranberry banyak mengandung pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik HDL. Berri juga dikenal sebagai makanan penurun kolesterol.

Ada beberapa fakta yang menunjukan bahwa asupan 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, buah-buahan kelompok berry ini juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik dalam tubuh. Oleh karena itu rajin mengkonsumsi berries merupakan langkah menurunkan kolesterol yang efektif.

9. Buah Alpukat

makanan penurun kolesterol

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Nah, alpukat bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan penurun kolesterol tinggi.

Mengkonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukan selain mempengaruhi kadar kolesterol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

10. Buah Pir

makanan penurun kolesterol

Makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi lainnya adalah buah pir. Buah ini tinggi akan serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 18% kebutuhan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, kandungan nilai serat buah pir lebih tinggi daripada buah apel. Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin sama seperti yang ada dalam buah Apel. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh bisa menurun dengan sendirinya.

Ada banyak jenis makanan penurun kolesterol yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Dari beberapa jenis makanan tersebut kamu bisa mencobanya untuk dikonsumsi setiap hari agar kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh bisa menurun. Sehingga kamu akan menikmati hidup sehat setiap harinya.

22 komentar untuk "10 Jenis Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Kamu Konsumsi"

  1. Betul kolesterol juga mengincar anak2 muda karena pola makan yg keliru. Makanan sampah (junk food) dan cepat saji adalah pemicu kolesterol tinggi. Thanks...

    BalasHapus
  2. Wah coklat hitam nih baru tahu kalau penurun kolesterol, suka malas belinya karena biasa pahit. Saatnya banyakin makan buah-buahan, otw ke dapur kupas buah

    BalasHapus
  3. Kalau disimak kebanyakan kolesterol ternyata malah dari hewan ya ?? Dari daftar di atas semua di borong sayur dan buah-buahan

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau coklat bisa menurunkan kolesterol. Apa ini jenis coklat yang dijual di toko-toko? Atau ada coklat yang khusus?

    BalasHapus
  5. Wah ternyata makanan buat menurunkan kolesterol cukup enak-enak ya. Utamanya coklat dan buat alpukat, itu favorit saya.

    BalasHapus
  6. Ternyata brokoli bisa nurunin kolestrol yaa. Wah fav banget nih brokoli. Eh tapi kalo brokoli ya di goreng sama aja boong dong wkwkwk.

    BalasHapus
  7. Dulu aku kira alpukat itu makanan berlemak yang gak sehat eh ternyata malah bisa menurunkan kolesterol ya bang. Soalnya aku suka buah yang satu ini.

    BalasHapus
  8. Ternyata alpukat bisa menurunkan kolesterol. Tapi, kayaknya nggak bagus juga kalau ditambahi susu kental manis plus air es, bang... hihiy... sama aja boong kali ya. Alpukat dijadikan cemilan polos plus sedikit madu kali ya bagus.

    BalasHapus
  9. Buah-buahan yang disebutkan di atas banyak yang bisa jadi bahan infused water ya bang. Ide bagus juga biar diet menurunkan kolesterol jahatnya berhasil.

    BalasHapus
  10. Aku pikir coklat tu termasuk makanan tinggi kolesterol lho. Ternyata malah bisa nurunin kolesterol ya. Wah harus nyimpen banyak coklat ni di rumah. Nanti kalo abis makan gorengan langsung makan coklat biar kolesteronya ga naik

    BalasHapus
  11. Banyak bgt buah favoritku yang ternyata bisa menurunkan kolesterol, salah satunya alpukat. Paling seneng dimakan gitu aja setelah dikuliti hihi kebayang ga

    BalasHapus
  12. Dulu pernah kena kolesterol, leher kaku dan sakit kepala hampir tiap hari. Menyiksa banget deh, mungkin saat itu karena stress, habis lahiran dan langsung kerja lagi.

    BalasHapus
  13. Dulu pernah kena kolesterol, habis lahiran terus cuti sebentar lalu masuk kerja lagi. Mungkin stress dan kurang asupan gizi kali ya. Leher kaku dan kepala pusing hampir tiap hari. Menyiksa banget deh.

    BalasHapus
  14. Aku sedang membiasakan diri untuk minum perasan jeruk nipis dicampur air hangat di pagi hari, belum bisa konsisten sih tiap hari.

    BalasHapus
  15. Kalau makan alpukatnya pakai gula aren boleh tidak ya?

    BalasHapus
  16. Betul nih, sekarang yang muda aja rentan terkena kolesterol. Ya karena sekarang banyak yang hobi makan fast food sih. Semoga lebih bisa mengontrol makanan yang dimakan deh, biar kolesterol gak tinggi.

    BalasHapus
  17. Hmm baca artikel ini saya jadi pingin rutin lagi ah konsumsi jeniper aka air perasan jeruk nipis campur air anget. Bisa juga bikin infused water ya Bang... nice share, thanks

    BalasHapus
  18. jeruk nipis nih bang langganan di rumah. selalu stand by. eh bisa juga ya buat turunin kolesterol. keren nih artikel

    BalasHapus
  19. Selain makanan di atas, mengkonsumsi mentimun, semangka, dan buah belimbing juga bisa lho menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Tapi jangan mengkonsumsi secara berlebihan ya, karena yang berlebihan itu tidak baik. Salam sehat

    BalasHapus
  20. Kok aku bacanya sambil ngeces ya hahaha. Semua yang ditulis di atas kebetulan kesukaan aku nih Bang... Tapi, sayang aku masih belum bisa pisah dari gorengan juga huhuhu... piye iki?

    BalasHapus
  21. Bang Doel, buah pear kan mengandung serat lebih banyak dibandingkan dengan apel, tapi kenapa ya kalau tiap sesudah makan pear, biasanya saya lapar luar biasa.
    Kemudian kalau kita punya kolesterol tinggi, apakah pegal kaya sehabis makan emping atau melinjo bisa jadi indikasinya?.
    Terakhir kali general check up dua tahun yg lalu, sekarang ini mau menjadwalkan cuman mau ke dokternya aja khawatir di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  22. Soal kolesterol gini, udah sepatutnya sejak usia 20an sadar ya bang. Dampaknya ngeri kalau kolesterol tinggi, bisa mengarah ke penyakit2 berbahaya. Dari makanan2 di atas, kayaknya apel adalah buah favorit

    BalasHapus